Tips Memilih Kuliah untuk Karyawan

Tips memilih kuliah untuk karyawan

Tips Memilih Kuliah untuk Karyawan - Pendidikan adalah hal yang penting, tidak terbatas kepada seseorang yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja. Kebanyakan orang yang sudah bekerja mereka menganggap bahwa pendidikan mereka sudah berhenti sampai disitu. Padahal pendidikan tidak terbatas oleh usia dan pekerjaan. Pekerjaan menuntut seseorang memiliki pendikan yang tinggi, karena dengan begitu pihak dari perusahaan beranggapan bahwa mereka bisa mengembangkan perusahaan mereka menuju ke arah yang lebih baik, maju dan berkembang menjadi besar. 

Tips Memilih Kuliah bagi Karyawan yang sedang bekerja disebuah perusahaan, pada kesempatan kali ini akan dibahas tuntas oleh admin. Tentunya semuanya yang dibahas pada artikel ini sesuai dengan pengalaman admin yang sudah pernah menjadi karyawan dan juga menempuh pendidikan tinggi di suatu universitas. Admin menempuh kuliah dan juga kerja. Namun, yang harus benar-benar diperhatikan disini adalah memilih Universitas dan juga jurusan/Prodi , serta waktu kuliah yang tepat. Karena hal-hal tersebut tadi sangat mempengaruhi kesuksesan kuliah kalian selama bekerja. 
Tidak sedikit dari orang-orang yang menempuh kuliah dan tidak bisa lulus sampai akhir di saat ia sudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan dengan posisi yang sudah matang. Berbagai pengaruh datang yang akhirnya bisa membuat mereka malas untuk kuliah. Dibutuhkan semangat, tekad, kemauan dan motivasi yang tinggi bagi seorang karyawan agar mereka bisa sukses kuliah dan mendapatkan gelar ketika ia menjadi karyawan di suatu perusahaan.


Tips Kuliah untuk Karyawan


Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih kuliah bagi para karyawan yang bekerja full time maupun paruh waktu (sift) di sebuah perusahaan:

Waktu untuk Kuliah

Sebagai seorang karyawan, tugas pokoknya adalah bekerja dan mengabdi untuk perusahaan tempat bekerja. Apabila seorang karyawan ingin melanjutkan kuliah, tentunya harus memperhatikan waktu-waktu yang bisa digunakan untuk menempuh kuliah. Misalnya saja, Anda adalah seseorang karyawan full time yang mempunyai jam masuk kantor antara jam 7.30 - 15.30 (biasanya jam kantor pada umumnya adalah kurang lebih 8 jam) dan bekerja mulai hari Senin s.d Sabtu, Waktu yang tepat untuk digunakan kuliah adalah Sore hari antara jam 14.00 sampai dengan malam jam 21.00 WIB. Atau kamu juga bisa mengambil kuliah ekstension, yaitu kuliah pada hari sabtu dan minggu.

Memilih Kampus yang Sesuai Jam Kita

Setelah Anda mempunyai planning mengenai waktu yang cocok digunakan untuk menempuh kuliah, tahap selanjutnya adalah mencari kampus dengan kualitas yang bagus dan juga membuka jam kuliah yang sesuai dengan planning Anda. Ketika mencari informasi mengenai sistem pendidikan di salah satu Universitas, perhatikan apakah kampus tersebut membuka kelas sore dan juga ekstensi. Pilihlah kampus dengan kualitas yang lebih bagus jika ada beberapa kampus yang membuka waktu kuliah seperti yang kita inginkan.

Baca Juga: Daftar Kampus Unggulan di Indonesia

Pilih Prodi Sesuai

Memilih jurusan atau Program Studi di Perguruan Tinggi memang sangatlah membingunkan bagi seorang karyawan. Apalagi jika Anda adalah salah satu karyawan yang bekerja pada tempat yang kurang cocok dengan baground pendidikan. Misalnya Anda lulusan dari Teknik, akan tetapi pada karir di perusahaan Anda lebih menginginkan posisi sebagai Manager. Maka Prodi yang cocok untuk dipilih seharusnya adalah jurusan managemen. Akan tetapi, itu semua tergantung dari passion dan diri Anda. Jika Anda lebih enjoy untuk melanjutkan ke teknik itu sah-sah saja. Karena jika kita belajar sesuatu hal yang tidak kita inginkan, maka hasilnya pun tidak akan maksimal. 

Namun, apabila ada tuntutan dari pekerjaan bahwa Anda harus mempunyai kualifikasi tertentu untuk dapat mengisi posisi tertentu berarti Anda harus siap untuk belajar mengenai ilmu baru. Tidak ada ilmu yang tidak berguna. Semua ilmu berguna ada ada sisi positifnya dari kehidupan kita kedepannya.

Perhatikan Biaya Kuliah

Hal-hal yang perlu diperhatikan selain memilih tempat kuliah, waktu kuliah dan jurusan/prodi adalah biaya kuliah. Biaya kuliah sangatlah penting. Karena jika pendapatan Anda tidak begitu besar, kemudian sumber biaya kuliah hanya dari pendapatan tersebut, maka pilihkan kampus dengan waktu kuliah tertentu yang sesuai dengan dana yang mampu Anda keluarkan. 

Kebanyakan karyawan yang tidak bisa lulus hingga tuntas di Universitas karena mereka terkendala dengan biaya. Selain harus menghidupi dirinya, mencukupi kebutuhannya ia harus menyisihkan gajinya untuk membayar biaya kuliah. Jadi, hal ini adalah hal yang sangat serius untuk diperhatikan. Janganlah terlalu memaksakan untuk kuliah di tempat yang top dengan biaya yang besar, sementara sumber dana kuliah Anda tidaklah terlalu besar. Disini Anda dituntut untuk bijak dalam memilih. Kesuksesan kuliah tergantung dari diri Anda, bukan dari tempat kuliah Anda.

Selamat Berjuang dan Semoga Berhasil...
Tips Memilih Kuliah untuk Karyawan Tips Memilih Kuliah untuk Karyawan Reviewed by Niko Arisandi on 15:21:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.