Lomba Video Edukasi 2016 dari Kemendikbud

Festival Video Edukasi 2016

Lomba Video Edukasi 2016 - Lomba Festival Video Edukasi 2016 kali ini bertema tentang "Insan Indonesia hebat dan berbudi luhur". Lomba Festival Video Edukasi ini telah diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTP). Lomba Festival video edukasi 2016 ini terbuka untuk untuk umum, mulai dari pelajar, mahasiswa, Guru dan Umum. Total hadiah yang dapat diraih sebesar Rp. 125.000.000,- Buruan Ikut dan jangan sia-siakan moment ini. 

Festival Video Edukasi (FVE) adalah sebuah festival video yang mempunyai tema pendidikan. Festival ini biasanya diselenggarakan oleh BPMTP, yaitu salah satu unit pelaksana teknik di lingkungan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemendikbud. Pada saat ini tayangan di layar televisi nasional terlalu banyak didominasi kepentingan-kepentingan hiburan dan banyak juga yang tidak mendidik. Dari situlah festival ini dibentuk, dengan mengajak seluruh masyarakat untuk membuat tontonan yang edukatif dan mengedepankan pendidikan budi pekerti. 

Pada tahun 2016 ini, Festival Video Edukasi menggelar kompetisi baru pada kategori yang diperuntukkan bagi guru, yaitu Program Video Pembelajaran. Mata Pelajaran yang dipilih adalah Ilmu pengetahuan Alam (IPA) dengan sasaran sekolah menengah pertama (SMP). Diharapkan dengan adanya festival video pembelajaran ini akan memperkaya video-video pembelajaran yang dapat dipahami dengan mudah oleh siswa SMP dan mempermudah mereka dalam belajar. 


Itulah tadi, gambaran mengenai seluk-beluk festival yang diadakan oleh kemendikbud, semoga dengan informasi tadi, Anda mempunyai gamaran mengenai alur dan jenis video yang akan ditampilkan. Jika Anda adalah seorang guru di Sekolah Menengah Pertama, sempatkan waktu anda untuk membuat video pembelajaran dan coba ikutkan ke FVE, karena hadiah yang cukup lumayan besar telah menanti Anda. Selain guru, masyarakat umum juga bisa mengikuti festival video edukasi ini. 

Festival Video Edukasi 2016

Ketentuan Umum Video yang dilombakan
  1. Video berdurasi sekitar 15-30 menit untuk kategori umum, sedangkan bagi guru durasinya 5-10 menit
  2. Kategori pelajar, mahasiswa dan umum, karya yang dibuat merupakan program fiksi
  3. Kategori Guru, video pembelajaran harus materi IPA pada siswa SMP.
  4. Karya belum pernah diikutkan dalam Festival video edukasi tahun sebelumnya.
  5. Tidak melanggar HAKI
  6. Tidak diperuntukkan bagi pegawai Pustekkom Kemendikbud. 

Cara Mengikuti Festival Video Edukasi 2016

- Kirim SMS Pendaftaran ke 081392527112 dengan format: kategori*judul*nama peserta*asal
‘Asal’ peserta FVE untuk kategori pelajar dan guru adalah nama sekolah, kategori mahasiswa adalah nama kampus dan kategori umum adalah nama kota / kabupaten
Contoh:
Pelajar*Menggapai Impian*Rafi Sugianto*SMKN 1 Jakarta
Mhs*Menggapai Harapan*Wati Sugianti*Univ. Cendrawasih Jayapura
Umum*Indahnya Indonesiaku*Iwan Sugianta*Balikpapan
Guru*Menyublim*Hendra Susila*SMPN 1 Jember
- Panitia akan membalas SMS Pendaftaran dengan nomer urut peserta misalnya P01, M02, U03 atau G04. Nomer urut peserta dicantumkan di pojok kiri atas amplop saat pengiriman karya.

- Setelah mendapat nomer urut peserta mengirim karya sebelum batas waktu yang berisi:

Keping DVD pertama berupa DVD Movie, akan digunakan untuk preview penjurian. Pastikan kepingan disk tersebut bisa diputar di DVD Player dengan lancar.

Keping DVD kedua berisi data antara lain:
  • File karya peserta dalam resolusi asli file .avi atau .mov) untuk dokumentasi panitia.
  • File karya peserta dalam resolusi rendah (file .mp4 atau .flv size 320 x 240 sekitar 40 MB) untuk upload internet.
  • File sinopsis karya
  • File disain poster
  • File data teknis lainnya bila ada (behind the scene, foto, tim produksi, catatan proses kreatif)
  • Khusus kategori guru menyertakan pula file Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bila program tersebut dimanfaatkan di kelas.

Lembar Pernyataan Festival Video Edukasi 2016

  1. Fotokopi kartu identitas (KTP/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar)
  2. Bila dinyatakan menang, wajib segera dilengkapi dengan fotokopi NPWP dan fotokopi halaman pertama buku rekening bank) atas nama peserta
  3. Formulir / Lembar Pernyataan diunduh di website: http://fve.kemdikbud.go.id/ dan http://festivalvideoedukasi.net/
  4. Semua fotokopi (Kartu Identitas, NPWP dan rekening bank) atas nama orang yang sama (termasuk ejaannya).
  5. Seluruh kelengkapan dimasukkan dalam 1 (satu) amplop coklat polos ukuran A4 (kuarto) dengan mencantumkan nomer urut peserta di pojok kiri atas. Satu amplop satu (1) karya.
  6. Karya dikirim atau diserahkan langsung ke: Panitia FVE 2016, Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK) Kemendikbud, Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur 61253
  7. Batas akhir pengiriman karya 1 Oktober 2016 cap pos dan atau harus diterima panitia selambat-lambatnya 5 Oktober 2016.

Penjurian dilaksanakan dalam 2 tahap:
  • Seleksi awal oleh Tim BPMTPK Kemendikbud untuk memperoleh nominasi dengan jumlah maksimal 10 karya tiap kategori.
  • Penjurian akhir oleh dewan juri untuk menentukan juara 1, 2, dan 3 tiap kategori.

Pengumuman Pemenang

Pemenang akan diumumkan di website FVE 2016 pada tanggal sebelum 15 Oktober 2016 dan ditempelkan pada papan pengumuman BPMTPK Kemendikbud. Pemenang ke-1 akan diundang dalam Malam Anugrah Ki Hajar Award di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta. Selain itu untuk pemenang juara kesatu, kedua, ketiga juga akan mendapatkan sejumlah hadiah uang tunai, untuk lebih lengkapnya mengenai hadiah yang akan diterima oleh para juara dapat dilihat pada tabel berikut ini:

> KATEGORI UMUM
-Pemenang Ke-1
14,000,000
-Pemenang Ke-2
13,000,000
-Pemenang Ke-3
12,000,000
> KATEGORI GURU
-Pemenang Ke-1
12,500,000
-Pemenang Ke-2
11,000,000
-Pemenang Ke-3
10,000,000
> KATEGORI MAHASISWA
-Pemenang Ke-1
10,500,000
-Pemenang Ke-2
9,500,000
-Pemenang Ke-3
8,500,000
> KATEGORI PELAJAR
-Pemenang Ke-1
9,000,000
-Pemenang Ke-2
8,000,000
-Pemenang Ke-3
7,000,000

Itulah tadi informasi mengenai festival video edukasi yang diadakan oleh kemendikbud, jika Anda berminat untuk mengikutinya, persiapkan segala materi dan ide-idenya mulai dari sekarang. Anda bisa mengecek informasi resminya di website http://fve.kemendikbud.go.id

Selamat Mencoba, dan semoga sukses..
Lomba Video Edukasi 2016 dari Kemendikbud Lomba Video Edukasi 2016 dari Kemendikbud Reviewed by Niko Arisandi on 02:07:00 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.