Tips Persiapan Seleksi di Sekolah Kedinasan

Persiapan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas. Tips Mempersiapkan seleksi di sekolah ikatan dinas. Proses seleksi masuk ke sekolah ikatan dinas sangatlah ketat dan terdiri dari beberapa tahapan. Jika calon mahasiswa tidak mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya secara matang, maka hasil yang diperolehnya tidak bisa maksimal dan bisa-bisa gugur di tahap seleksi awal, yaitu pada seleksi Administrasi kelengkapan berkas pendaftar. Itu berarti dia membuang kesempatan emas yang diperolehnya saat ini. 


Tips Mengikuti Seleksi Sekolah Ikatan Dinas (Kedinasan). Seleksi masuk ke sekolah ikatan dinas memang sedikit berbeda dengan seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Tes yang dilakukan sedikit banyak dan yang jelas, saingan dari peserta pendaftar sangatlah banyak dan ketat, karena Lulusan Sekolah Ikatan Dinas ini mempunyai prospek untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan gaji yang lumayan besar. Di negara Indonesia sendiri peminat Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangatlah banyak, hal tersebut dibuktikan ketika pemerintah membuka lowongan CPNS, pendaftarnya sangat banyak dan membludak.

Tips Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan. Jumlah pesaing yang banyak menjadi tantangan tersendiri bagi calon mahasiswa untuk bisa lolos di beberapa tahap tes hingga tes akhir. Namun kamu tidak perlu berkecil hati dulu, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk mempersiapkan diri guna mengikuti proses seleksi masuk di Sekolah Ikatan Dinas. Berikut ini tips yang dapat kamu ikuti.

1. Siapkan Berkas dengan Benar dan Lengkap
Seleksi Administrasi adalah tahap awal dari beberapa proses seleksi yang diadakan oleh Sekolah Ikatan Dinas. Dari sekian ribu pendaftar, kemudian dipilih dan disortir hingga menjadi beberapa ratus peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk maju pada tahap proses seleksi berikutnya. Maka dari itu, dalam mempersiapkan berkas pendaftaran harus diperhatikan dengan baik-baik dan di cek secara teliti. Pastikan semua dokumen seperti Fotocopy raport, KTP, Akta kelahiran, KK, Surat Rekomendasi dan data-data lainnya sudah lengkap terlegalisir dan difotokopi secukupnya. 
Baca Juga: Macam-macam Tes Masuk  Sekolah Ikatan Dinas
2. Belajarlah dengan Contoh-Contoh Soal 
Jika kamu lolos pada seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah mengikuti berbagai tes, seperti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB), dan tes kesehatan. Supaya kalian lebih terampil dalam mengerjakan soal, maka dari itu, pelajarilah tipe-tipe soal dan beberapa contoh soal-soal yang sering diujikan. Carilah contoh-contoh soal tahun-tahun sebelumnya. Berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat dan benar, karena biasanya waktu untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh masing-masing sekolah ikatan dinas adalah terbatas dan tidak banyak seperti pada saat kita mengikuti Ujian Nasional.

3. Kuasai Kemampuan Bahasa dan Keterampilan
Bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib yang harus kamu kuasai, jika perlu carilah sertifikat kompetensi bahasa inggris seperti TOEFL dengan nilai yang bagus dan bisa dilampirkan di berkas pendaftaran. Selain bahasa inggris keterampilan komputer juga merupakan salah satu modal penting dalam menjalani seleksi masuk sekolah ikatan Dinas. 

4. Siapkan Mental
Dibutuhkan kondisi mental yang sangat baik pada saat kamu mendaftar di Sekolah Ikatan Dinas ini. Karena dengan jumlah pesaing banyak dari berbagai sekolah yang tergolong favorit, kamu bisa saja mudah untuk menjadi tidak percaya diri. Apalagi dalam mengerjakan berbagai soal tes, dibutuhkan semangat juang yang tinggi. Untuk menjaga kondisi dan mental psikologi kalian, usahakan untuk tidur secukupnya, atur pola makan, konsumsi vitamin, sayur-sayuran dan buah-buahan supaya kondisi badan menjadi vit. 

5. Jaga Kesehatan
Proses seleksi masuk sekolah ikatan dinas sangatlah menguras banyak tenaga dan pikiran. Apalagi jika tempat untuk seleksi tergolong jauh dari rumah kamu. Kesehatan tubuh sangatlah penting, pastikan kondisimu tetap fit. Untuk itu, mulai sekarang berolahragalah secara teratur dan diimbangi dengan pola makan yang berkualitas. Ada baiknya mulai dari sekarang coba cek kesehatan tubuh kamu di klinik-klinik kesehatan terdekat, jika terdeteksi penyakit-penyakit yang dapat mengugurkanmu dalam tes kesehatan, maka penyakit tersebut coba disembuhkan dengan cara berobat ke dokter dan konsultasi. Sehingga pada saat kamu mengikuti tes kesehatan di sekolah kedinasan tersebut, hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

6. Utamakan Kejujuran
Kejujuran adalah hal yang penting, itu adalah prinsip yang harus kalian jaga dan terapkan dalam setiap sisi di kehidupan kalian. Apalgi pada saat mengikuti proses seleksi di tahap tes wawancara. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur, sopan, dan menggunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan keadaan ataupun keahlian yang ada pada diri kalian. Dalam pengumpulan dokumen berkas pendaftaran, jangan sampai kalian berani memalsukan dan memanipulasi data ataupun sertifikat keahlian, karena segala sesuatau yang diawali dengan kebohongan maka tidak akan berkah buat hidup kalian.
Tips Persiapan Seleksi di Sekolah Kedinasan Tips Persiapan Seleksi di Sekolah Kedinasan Reviewed by Niko Arisandi on 09:07:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.