Tips Belajar Hadapi UN

Tips Belajar Hadapi UN - Ujian Nasional tahun 2016 ini semakin dekat, dibutuhkan tips khusus belajar untuk menghadapi Ujian Nasional, supaya ketika UN berlansung persiapan dan kesiapan kita dalam menghadapi berbagai soal yang muncul sudah matang. Kebanyakan dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat khususnya kelas XII semakin tambah pusing, yang pertama mereka harus menghadapi UN kemudian juga harus memilih tempat untuk kuliah nantinya. 

Tips Belajar Hadapi UN

Tips Belajar untuk Hadapi UN - Ujian Nasional (UN) adalah sebagai tolak ukur kemampuan siswa di sekolah, dimana mereka akan dinyatakan lulus apabila setelah mengikuti Ujian Nasional dan nilainya memenuhi kriteria, bahkan pada tahun ini, nilai UN bukanlah satu-satunya penentu kelulusan di sekolah, akan tetapi masih ada pertimbangan dari nilai-nilai pada Ujian lainnya. Namun demikian, kita tidak boleh meremehkan Ujian Nasional, karena jika kita tidak lulus pada Ujian Nasional, maka wajib mengikuti UN susulan yang dilaksanakan pada awal tahun berikutnya. 

Mempelajari mata pelajaran yang diujikan pada UN tentunya bukanlah merupakan hal yang mudah. Misalnya saja bagi siswa SMA kelas XII harus belajar mengenai pelajaran dari kelas X sampai dengan kelas XII tentunya materi yang dipelajari sangatlah banyak, apalagi mata pelajaran yang harus menghafal. Dibutuhkan tips dan trik khusus supaya kita dapat menguasai semua materi tersebut, untuk lebih jelasnya simak informasi dibawah ini sampai tuntas. 

Tips Belajar Mudah untuk Hadapi UN

1. Lihat SKL dan Kisi-Kisi

Mata pelajaran yang diujikan dalam UN sangatlah banyak sekali, misalnya saja tingkat SMP dan SMP adalah mata pelajaran selama 3 tahun, Jika kamu mempelajari dengan cara membaca semua buku mata pelajaran mulai dari kelas 1 sampai kelas 3,hal tersebut tidaklah efektif. Oleh karena itu, pahamilah standar kompetensi lulusan (SKL) saja untuk mempermudah materi apa saja yang harus dipelajari. Di samping itu, pelajari juga kisi-kisi mengenai UN untuk membantu mengenali materi mana saja yang akan dikeluarkan di UN.

Baca Juga: Tips Sukses Belajar

2. Banyak Latihan Mengerjakan Soal

Ada pepatah yang mengatakan "Orang bisa karena terbiasa". Hal tersebut juga bisa diterapkan dalam hal belajar untuk menghadapi UN. Berlatihlah mengerjakan soal sebanyak-banyaknya supaya semua modal / tipe soal sudah kamu kuasai. Percuma saja jika kamu menghapal materi namun tidak berlatih mengerjakan soal. Contoh-contoh soal UN tahun sebelumnya sudah banyak sekali beredar di internet. Carilah contoh-contoh soal beserta pembahasannya untuk membantu kalian dalam mengerkan soal tersebut.

3. Buatlah Jadwal Belajar Rutin

Di saat-saat yang genting seperti ini, fikiran kalian harus fokus untuk menghadapi Ujian Nasional. Jadi, buatlah jadwal belajar rutin setiap harinya, dimulai jam berapa saja dan berakhir jam berapa, hal tersebut harus benar-benar dilakukan secara teratur. Karena belajar yang baik adalah belajar sedikit-sedikit namun sering, bukan belajar 3 hari berturut-turut tanpa harus berhenti, hal tersebut akan membuat otak kita bekerja lebih keras dan hasilnya juga tidak akan maksimal. 

Baca Juga: Kesalahan Belajar yang Sering dilakukan Siswa

4. Ikut Dalam Kelompok Belajar

Belajar berkelompok mempunyai manfaat yang baik. Dengan cara belajar berkelompok, kamu dapat memecahkan masalah secara bersama-sama dan bisa juga saling membantu satu kelompok jika ada salah satu siswa yang tidak tahu. Selain itu, dengan belajar berkelompok, semangat untuk belajar akan bertambah. 

5. Tetap Rileks

Tenangkanlah pikiranmu pada saat mendekati hari pelaksanaan Ujian Nasional. Ketika mendekati UN jangan terlalu banyak belajar, karena hal tersebut akan membuat kinerja otak terlalu capek dan lelah, sehingga pada saat UN berlangsung otak tidak bisa mengingat secara maksimal. Tetaplah santai dan rilek pada saat mendekati hari UN, supaya kamu tidak stress dan otak bisa lebih tenang. Jika perlu, sempatkan waktu untuk menghibur diri seperti jalan-jalan, olahraga teratur, ataupun renang untuk menghilangkan kepenatan dan perasaan gugup.

6. Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang sangat penting, maka dari itu hal yang utama selain belajar dengan keras, kalian juga harus memperhatikan kesehatan tubuh. Olahraga secara teratur dan banyak minum vitamin menjelang UN berlangsung. Karena pada saat menjelang UN, otak harus bekerja keras, jika tidak diimbangi dengan nutrisi dan vitamin yang cukup, tubuh bisa saja sakit. Jika pada saat UN berlangsung, ternyata kalian tidak sehat 100%, maka kalian sendiri yang akan rugi karena tidak bisa maksimal mengerjakan soal UN. Maka dari itu, jagalah kesehatan.

Itulah tadi beberapa tips belajar untuk menghadapi Ujian Nasional, selain belajar yang rutin dan memperbanyak latihan soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya, ternyata siswa juga harus memperhatikan kesehatannya. Karena jika sakit pada saat Ujian Nasional berlangsung, maka hasilnya tidak akan maksimal. Demikian tadi informasi yang dapat admin sampaikan, semoga tips tadi bisa bermanfaat buat adek-adekku yang akan mengikuti Ujian Nasional. Selamat Belajar dan Semoga Sukses...
Tips Belajar Hadapi UN Tips Belajar Hadapi UN Reviewed by Niko Arisandi on 23:29:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.