Tahun ini SMK bisa magang di Proyek Pemerintah

SMK bisa magang di proyek pemerintah

SMK Magang - SMK bisa magang di Proyek Pemerintah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membekali siswanya dengan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Setelah mereka lulus dari SMK, mereka bisa mencari pekerjaan dengan skill yang dimiliki sesuai dengan jurusan yang diambil pada waktu di SMK. Selain itu, mereka juga telah memiliki pengalaman kerja pada saat magang di perusahaan ataupun intansi pemerintahan kurang lebihnya selama 4 bulan.

Kabar gembira untuk siswa-siswa SMK. Pada tahun ini siswa SMK khususnya bidang kontruksi mendapatkan kesempatan untuk bisa magang di proyek-proyek punya Pemerintah. Program ini telah dijalin/ atas kerjasama antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendibud) dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Yusid Toyib selaku Dirjen Bina Konstruksi mengatakan bahwa proyek konstruksi yang menggunakan uang negara sangatlah besar. Ada sekitar Rp. 300 Triliun anggaran untuk pembangunan kontruksi di Indonesia (16/3/16). Untuk mewujudkan proyek kontruksi tersebut, maka dibutuhkan tenaga kerja yang banyak. khusus kelompok tenaga terampil menengah. Dan menurut Yusid kelompok yang cocok mengisi tempat tersebut adalah anak-anak lulusan SMK. 

Yusid juga menjelaskan bahwa tujuan kerjasama antara Kemendikbud dengan Kementrian PUPR ini adalah untuk memberikan akses bagi anak-anak SMK supaya lebih terampil di bidang konstruksi bangunan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kesempatan anak SMK untuk bisa magang di proyek pemerintah, sehingga setelah lulus mereka siap untuk bekerja.

Guru SMK dituntut kreativ dan inovatif. Proyek pembangunan milik pemerintah banyak sekali, diantaranya adalah pembangunan bendungan, jalan raya, jalan tol, banda, pelabuhan dan masih banyak lagi. Namun supaya anak-anak SMK bisa magang beneran di salah satu proyek pemerintah itu juga tidak lepas dari peran guru pembimbing magangnya. Guru pembimbing magang di SMK juga dituntut untuk memliki inisiatif dengan mengajukan anak didiknya jurusan konstruksi bangunan untuk diajukan magang ke proyek-proyek milik pemerintah. Jika guru-gurunya tidak mengarahkan peserta didiknya untuk meminta permohonan magang di proyek-proyek pemerintah, maka tidak akan ada siswa SMK yang dapat magang di sana. Jadi, Guru pembina Magang di SMK juga dituntut memiliki keberanian untuk mengajukan permohonan magang di proyek-proyek pemerintah.

SMK Pasti Bisa.. 
loading...
Tahun ini SMK bisa magang di Proyek Pemerintah Tahun ini SMK bisa magang di Proyek Pemerintah Reviewed by Niko Arisandi on 18:52:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.