Soal dan Pembahasan USM PKN STAN 2018

Soal dan Pembahasan USM PKN STAN 2018 - Pembahasan Soal Tes Seleksi Ujian Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN tahun ini banyak dicari oleh kalangan siswa yang ingin mendaftar di PKN STAN tahun 2018 . Pada tahun lalu Politeknik Keuangan Negara STAN membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru yang akan merebutkan kursi sebanyak 3.650 mahasiswa baru. Persaingan sangat ketat, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang dalam mengikuti seleksi.

Soal dan Pembahasan USM PKN STAN

Soal dan Pembahasan USM PKN STAN - Persiapan mengikuti seleksi salah satunya adalah dengan mempelajari soal-soal dan pembahasan pada ujian sebelum-sebelumnya. Karena persaingan untuk bisa diterima sebagai mahasiswa baru di PKN STAN sangatlah ketat sekali, Maka dari itu persiapannya harus benar-benar matang. Menguasai berbagai soal-soal Ujian yang sering muncul pada saat seleksi Ujian Masuk di PKN STAN.

Sedikit informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di PKN STAN. Berdasarkan surat pengumuman dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, khususnya Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan bahwa Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut:
  1. Prodi Diploma I Kebendaharaan Negara
  2. Prodi Diploma I Kepabeanan dan Cukai
  3. Prodi Diploma I Pajak
  4. Prodi Diploma III Akuntansi
  5. Prodi Diploma III Kebendaharaan Negara
  6. Prodi Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  7. Prodi Diploma III Manajemen Aset
  8. Prodi Diploma III Pajak
  9. Prodi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai.


Sekilas Tentang Ujian Saringan Masuk di PKN STAN

Tes Tertulis USM STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI), dengan jumlah soal TPA 120 soal dengan waktu pengerjaan total 100 menit, dan jumlah soal TBI 60 soal dengan waktu pengerjaan total 50 menit. Tiap soal benar bernilai 4 poin, tidak diisi 0 dan salah -1 poin. Jika lolos pada tahap I selanjutnya yaitu tes fisik dan tes wawancara. 

Materi Tes Tulis USM PKN STAN 

Materi Tes Tulis di Ujian Saringan Masuk (USM) Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). TPA adalah tes yang hampir mirip dengan Psikotest, Soal ujiannya biasanya tidak tergolong sulit, namun dibutuhkan kecepatan dalam mengerjakan soal yang banyak sehingga dapat selesai dalam waktu yang ditentukan. Jumlah soal TPA biasanya 120 soal dan waktu yang diberikan untuk mengerjakan adalah 100 menit. Jadi, jika dirata-rata, kurang lebih waktu untuk mengerjakan setiap soal sekitar 50 detik.

Sedangkan untuk Soal TBI tingkat kesulitannya di atas standart soal Ujian Nasional Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Jadi, bagi kamu yang ingin mengikuti test, persiapkan baik-baik kemampuan bahasa inggris kamu, mulai dari kemampuan grammar hingga pengetahuan vocab kamu. 

Pengerjaan TPA dan TBI waktunya terpisah, terdapat jeda waktu pengerjaan sekitar 15-30 menit. Berikut ini adalah pembagian waktu pada materi TPA dan TBI USM PKN STAN:

TPA denganjumlah soal 120, waktu pengerjaan 100 menit:
  • Kemampuan Verbal : Sinonim, Antonim, Kosa kata, Analogi, Bacaan, 
  • Kemampuan Kuantitatif / Aritmetika
  • Kemampuan Penalaran: Pola barisan, Analitik, Penarikan kesimpulan / logika dan Pola gambar
TBI dengan jumlah soal 60, waktu pengerjaan 50 menit:
  • Stucture and written expression
  • Error Recognition
  • Reading Comprehension

Aturan Nilai Mati

Yang perlu diperhatikan, di USM STAN terdapat aturan nilai mati. Aturan nilai mati adalah jumlah benar masing-masing bagian (TPA dan TBI) minimal 1/3 dari jumlah soal. Jadi minimal benar untuk soal TPA 40 soal dan minimal besar TBI 20 soal. Nilai tersebut harus dipenuhi keduanya agar nilai kamu tidak mati. Kalo nilai kamu mati, maka udah pasti tidak akan lolos. Misal TPA kamu benar semua, tapi TBI cuma bener 19, maka kamu pasti tidak lolos USM STAN. Moga-moga ini bisa menjadi perhatian kamu supaya tidak cuma fokus belajar salah satu aja, tapi juga belajar TPA dan Bahasa Inggris secara seimbang.

Tips Belajar Menghadapi USM PKN STAN

Mempelajari Soal-Soal STAN Tahun-tahun Sebelumnya. Karena tipe soal USM STAN dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda, jadi kamu bisa fokus belajar dari materi atau soal USM STAN tahun sebelumnya.

Memperbanyak Latihan Soal USM STAN. Latihan soal akan membuat kita terbiasa dengan tipe dan tingkat kesulitan soalnya. Kecepatan mengerjakan soal dalam USM STAN sangat penting, karna waktu ujian sangat terbatas. Dengan jumlah 180 soal dengan waktu pengerjaan 150 menit, maka rata-rata waktu pengerjaan tiap 1 soal adalah 50 detik.

Mengadakan Simulasi USM STAN. Seperti yang udah dijelaskan di artikel pentingnya melakukan try out mandiri di SBMPTN, di USM STAN dan ujian apapun itu, mengadakan simulasi atau TO sangat penting.

Tips Mengerjakan Soal USM PKN STAN

Kerjakan soal-soal yang mudah dulu. Pengalaman, Banyak yang terjebak di soal-soal yang sulit yang justru menghabiskan banyak waktu. Ingat, bobot nilai soal mudah dan soal sulit sama saja, benar +4 dan salah -1, jadi manfaatkan waktu dengan meraih poin sebanyak-banyaknya.

Konsentrasi. Masih berhubungan dengan waktu, usahakan sekali membaca soal langsung tau maksud pertanyaannya.

Perhatikan juga jumlah soal yang kamu kerjakan pada tiap tipe soal, hal ini terkait dengan NILAI MATI. Aturan nilai mati adalah benar minimal 1/3 jumlah pada tiap tipe soal, jadi benar minimal adalah 40 soal pada TPA dan 20 soal pada bahasa inggris, jika tak memenuhi itu maka otomatis gugur.

Kerjakan soal dengan porsi yang seimbang. Dari pengalaman try out USM STAN, kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI. Hal ini karena tingkat kesulitan soal TBI STAN di atas materi Bahasa Inggris SMA. Jadi apabila kamu tidak yakin dengan kemampuan bahasa inggris, supaya mengerjakan soal-soal TBI sebanyak-banyaknya. Targetnya agar nilainya tidak mati di TBI. Nah untuk menutupi kekurangan Bahasa Inggris, carilah nilai sebanyak-banyaknya di TPA.

Download Soal dan Pembahasan USM PKN STAN 2018

1. Kumpulan Soal USM STAN dari tahun ke tahun. KLIK DISINI

2. Soal USM PKN STAN tahun lalu. KLIK DISINI

3. Pembahasan Soal-Soal USM PKN STAN. KLIK DISINI.

Demikian tadi informasi mengenai soal-soal dan pembahasan USM PKN STAN yang dapat digunakan untuk persipan latihan menghadapi Seleksi Masuk pada PKN STAN tahun 2018 ini. Selamat Mencoba kawan, perbanyaklah mengerjakan soal-soal, Semoga berhasil.
Soal dan Pembahasan USM PKN STAN 2018 Soal dan Pembahasan USM PKN STAN 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 21:52:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.