Pengaturan Ruang Kelas UN 2016

Pengaturan Ruang Kelas UN 2016 - Ruangan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2016 ini sedikit berbeda dengan ujian-ujian seklah lainnya. Yang jelas tujuan dari pengaturan ruangan beserta tempat duduk ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dalam mengikuti Ujian Nasional yang akan dilaksanakan secara bersamaan di seluruh indonesia. Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) atau tingkat sederajat akan dilaksanakan terlebih dahulu, yaitu pada hari senin, tanggal 4 April 2016.

Pengaturan Ruangan Kelas UN 2016

Pengaturan Ruang Kelas UN 2016 - Dengan pengaturan ruangan yang sedemikian rupa ini, diharapkan peserta didik dapat mempersiapkan dirinya dengan sebaik mungkin. Namanya juga pelajar, ya tentunya harus siap menghadapi ujian, siap untuk diuji apalagi sebentar lagi siswa SMA kelas XII akan menghadapi Ujian Terakhir dan bersifat Nasional di sekolahnya. Pada UN 2016 ini, peserta ujian tidak akan mengetahui tempat duduknya sampai pagi hari pertama ujian. 

Pada buku Panduan Operasional Standar (POS) UN 2016 yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyebutkan bahwa komposisi tempat duduk di dalam satu raungan pada saat UN hanya berisi 20 tempat duduk, artinya dalam satu ruangan hanya diisi oleh 20 peserta ujian. Dan setiap ruangan akan diawasi oleh 2 orang pengawas ujian. Tentunya pengawas bukan datang dari gurunya sendiri, namun guru tersebut berasal dari sekolah lainnya. 

Peserta tidak diperbolehkan membawa peralatan lainnya selain kartu nomor peserta dan alat tulis ke dalam ruangan ujian. Peserta Ujian akan diminta mengumpulkan semua barang bawaannya seperti tas ke depan kelas. Setiap ruangan juga akan ditempel pengumuman " DILARANG MASUK SELAIN PESERTA UJIAN DAN PENGAWAS, SERTA TIDAK DIPERKENANKAN MEMBAWA ALAT KOMUNIKASI". 

Di setiap ruangan ujian akan dilengkapi dengan denah tempat duduk peserta ujian. Denah tersebut lengkap dengan foto peserta yang ditempel pada pintu masuk ruangan ujian. dengan begitu, peserta dapat dengan mudah mencari tempat duduknya, begitu pula guru pengawas juga mudah mengeceknya. Selain itu, gambar-gambar atau alat peraga yang biasanya terdapat dalam ruangan, seperti peta dunia, gambar struktur cell, isi tubuh mausia dan lain sebagainya yang berhubungan dengan materi UN akan dikeluarkan dari ruangan ujian. 

Jarak antar tempat duduk peserta ujian dengan yang lainnya adalah sekitar 1 meter dan setiap bangku akan diisi satu tempat duduk. tempat duduk peserta ujian akan disetting berurutan sesuai dengan nomor peserta UN. Namun, peserta UN tidak akan mengetahui dimana letak tempat duduk mereka hingga pagi hari pertama ujian.

itulah tadi mengenai informasi seputar ruangan yang akan dipergunakan untuk menghadapi Ujian Nasional tahun 2016 ini. Mudah-mudahan informasi tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. 
loading...
Pengaturan Ruang Kelas UN 2016 Pengaturan Ruang Kelas UN 2016 Reviewed by Niko Arisandi on 20:25:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.