Pendaftaran Universitas Pertamina 2017

Pendaftaran Universitas Pertamina. Pendaftaran Universitas Pertamina tahun 2017 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2017 sampai dengan 17 April 2017. Pendaftaran dilaksanakan secara online. Sedangkan ujian masuknya akan dilaksanakan sekitar tanggal 24 April 2017. Untuk pendaftaran Gelombang kedua pendaftaran onlinenya akan dibukan tanggal 12 Mei sampai 4 Juni 2017. Meski tergolong baru, Univertas yang dikelola oleh Pertamina Foundation ini cukup banyak menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Kemungkinan itu berdasarkan jadwal pendaftaran tahun kemaren. Jika Anda tertarik, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pendaftaran Universitas Pertamina

Universitas pertamina adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergolong baru, karena memang baru didirikan sejak tanggal 1 Februari 2016 kemarin. Namun, meskipun tergolong baru, Unversitas yang dikelola oleh Pertamina Foundation ini telah berkomitmen untuk mentargetkan dapat menghasilkan tenaga profesional yang mampu bersaing di dunia indurstri, yaitu lulusannya bisa mendiri, berwawasan global, kompeten, dan relevan dengan tantangan dunia usaha dan industri, khususnya dibidang bisnis dan teknologi energi. 
Universitas Pertamina akan menyiapkan para mahasiswanya memiliki kemampuan berpikir secara kritis dan mampu menyelesaikan masalah kompleks melalui tugas dan proyek yang terkait dengan teknologi dan bisnis energi di lima tahun pertamanya. Lima tahun berikutnya, Universitas Pertamina baru akan mulai mengembangkan riset.

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertamina. Universitas pertamina (UP) sendiri mentargetkan mahasiswanya di tahun pertama sekitar 750 sampai dengan 1.000 mahasiswa baru. Proses pembelajaran di tahun pertama, mahasiswa akan dikuatkan pada basic science, selanjutnya pada engineering science, sedangkan pada tahun ketiga dan keempat para mahasiswa akan diberi kuliah dan meteri oleh para ahli yang punya hubungan kuat dengan industri. Mahasiswa akan melaksanakan kegiatan magang selama dua kali, supaya mereka mempunyai pengalaman langsung berinteraksi dengan dunia industri. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Pertamina, yaitu Prof Dr Akhmaloka, PhD. Beliau juga Mantan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rektor Universitas Pertamina

Prof Dr Akhmaloka juga menambahkan bahwa pembelajaran di tahun kedua di UP akan dibiasakan menggunakan bahasa inggris. Dia juga ingin membiasakan mahasiswanya supaya memiliki industry behavior sejak masih kuliah. Karena kebanyakan seorang lulusan Perguruan Tinggi masih belum memiliki industry behavior ketika mereka baru lulus, misalnya saja seperti kebiasaan berpakaian dan masih banyak lagi contoh lainnya. 

Lulusan dari Universitas Pertamina tidak berarti harus bekerja di PT Pertamina Persero atau anak perusahaan lainnya. UP didirikan untuk menciptkan tenga profesional dibidang teknik. Peluang kerja di bidang teknik akan terbuka terus, bahkan kedepan akan lebih banyak membutuhkan tenaga teknik dibidang energi dan migas. 


Prodi Universitas Pertamina. Pada saat pembukaan bulan februari kemarin, Universitas Pertamina yang terletak di kawasan Simprug, Jakarta Selatan ini rencananya kaan membuka 15 program studi dengan 6 Fakultas, diantaranya Yaitu:
  1. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi dengan 3 program studi (prodi), yaitu teknik geofisika, teknik geologi, dan teknik perminyakan. 
  2. Fakultas Perencanaan dan Infrastruktur dengan dua prodi, yaitu teknik sipil dan teknik lingkungan. 
  3. Fakultas Teknologi Industri dengan empat prodi, yaitu teknik elektro, teknik mesin, teknik kimia, dan teknik logistik. 
  4. Fakultas Sains dan Komputer dengan dua prodi, yaitu kimia dan ilmu komputer. 
  5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan dua prodi, yaitu manajemen dan ekonomil. 
  6. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dengan dua prodi, yaitu ilmu komunikasi dan hubungan internasional.
Tujuan pembukaan beberapa fakultas yang tergolong di luar perminyakan dan gas bumi adalah untuk mempertimbangkan pemenuhan dan kebutuhan pendidikan tinggi di bidang-bidang tersebut, selain itu juga untuk memenuhi ketentuan Kemenristekdikti tentang perlu adanya keseimbangan porsi penyediaan fakultas dan prodi teknik dengan fakultas dan prodi non-teknik.

Perkiraan pendaftaran tahun 2017 yang didasarkan pada tahun lalu. 
Pendaftaran UP Online Gelombang Pertama akan dibuka pada tanggal 7 April 2017 sampai dengan 17 April 2017, Ujian masuk pada tanggal 24 April 2017. 
Pendaftaran UP Online Gelombang Kedua dibuka pada tanggal 12 Mei 2017 sampai dengan 4 Juni 2017, Ujian Masuk pada tanggal 12 Juni 2016. 
Pendaftaran Online bisa buka websitenya : Di Sini
Biaya Pendaftaran UP adalah sebesar Rp. 300.000,00- bagi calon mahasiswa baru. 

Biaya Kuliah di tahun pertama atau pertama kali masuk, mahasiswa baru akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10 juta. Sedangkan di tahun pertama SPP semua prodi sama, yaitu Rp. 10 juta per semester.
Namun, Universitas Pertamina juga menyediakan beasiswa bagi mahasiwa. Ada dua jenis beasiswa yang disediakan, yaitu beasiswa ekonomi untuk mahasiswa yang tergolong kurang mampu dan beasiswa prestasi bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademis bagus.
Pendaftaran Universitas Pertamina 2017 Pendaftaran Universitas Pertamina 2017 Reviewed by Niko Arisandi on 08:56:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.