Pendaftaran STTD 2017/2018

Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Pendaftaran STTD 2017/2018. Pendaftaran Sekolah Tinggi kedinasan STTD. Tata cara pendaftaran STTD. Persyaratan Pendaftaran STTD. Penerimaan mahasiswa baru STTD 2017. Itulah beberapa informasi yang tersedia di dalam artikel ini. Perlu kalian ketahui, Sekolah Tinggi Transportasi Darat ini adalah termasuk ke dalam salah satu lembaga pendidikan kedinasan yang membukak pendaftaran untuk calon mahasiswa baru tahun 2017. Namun hanya 300 pendaftar yang lolos seleksi yang akan diterima untuk menjadi siswa/taruna di STTD. 

Pendaftaran Mahasiswa/Taruna STTD

Pendaftaran STTD Tahun 2017. Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau disingkat STTD adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Pertama kali didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan ALL dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno pada tanggal 08 September 1951. Dengan alasan tertentu pada tahun 1964, ALL tidak dioperasikan atau tidak melakukan kegiatan. Dengan mempertimbangkan pertumbuhan lalu lintas, perkembangan teknologi transportasi jalan dan kompleksitas permasalahan lalu lintas jalan lahirlah gagasan untuk mengaktifkan kembali Akademi Lalu Lintas.

Pada tanggal 05 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas diaktifkan kembali dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR), namun masih disebut – sebut dengan nama Akademi Lalu Lintas. BPL-ALLAJR hanya menyelenggarakan program Diploma III Ahli LLAJR. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi tenaga ahli yang lebih tinggi serta perkembangan sistem pendidikan yang ada maka pada tanggal 10 Maret 2000, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dimana berkedudukan dibawah Departemen Perhubungan.

Pada saat ini, STTD membuka beberapa program studi, diantaranya adalah
  • Diploma II PKB
  • Diploma III LLAJ
  • Diploma III LLASDP
  • Diploma III Perkeretaapian
  • Diploma IV Transportasi Darat

Prose Pembelajaran Meliputi:

  • Pembelajaran di kelas
  • Survei lapangan praktikum simulator dan laboratorium
  • Kunjungan lapangan kuliah kerja lapangan
  • Ceramah atau kuliah umum
  • Praktek kerja lapangan
  • Seminar dan/atau loka karya
  • Penelitian dan pengabdian masyarakat dan kegiatan lain untuk mendukung proses pembelajaran.

Penyelenggaraan pembelajaran didahului dengan pelaksanaan Masa Dasar Pembinaan Mental (Madabintal) dan Masa Pembinaan Mental (Mabintal).

Kegiatan Ekstra Kurikuler.

Kegiatan ekstra kurikuler dilakukan untuk membentuk fisik, moral, mental, serta kesamaptaan peserta didik dan pengembangan bakat. Kegiatan ekstra kurikuler wajib dilaksanakan peserta didik dengan memilih sekurang-kurangnya 1 (satu) kegiatan yang diprogramkan.

Gelar dan Penghargaan

Lulusan peserta didik STTD dapat diberikan hak untuk menggunakan gelar di belakang nama mereka, sebagai berikut :
  • Ahli Muda (A.Ma) bagi lulusan Program Diploma II;
  • Ahli Madya (A.Md) bagi lulusan Program Diploma III; dan
  • Sarjana Sains Terapan (S.ST) bagi lulusan Program Diploma IV.

Gelar bagi lulusan program Sarjana dan Pasca Sarjana akan mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Pendidikan Nasional.

STTD dapat memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi dan berdedikasi tinggi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Jadwal Pendaftaran STTD. Pendaftaran mahasiswa baru Pendidikan Kedinasan STTD dibuka mulai 3 Maret sampai 31 Maret 2017. Sedangkan TPA akan dilaksanakan pada 14-18 Juni 2017. Selama proses seleksi tidak diadakan surat menyurat antara peserta dengan panitia seleksi. Tahapan seleksi di sekolah milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini menggunakan sistem gugur. Untuk pendaftaran Online Pendidikan Kedinasan STTD Tahun 2017 bisa mendaftar pada http://panselnas.id

Persyaratan Pendaftaran STTD

Persyaratan Administrasi STTD:
  1. Usia maksimum 23 tahun
  2. Jenis kelamin : Pria atau Wanita. Khusus untuk Program Studi PKP-PK hanya untuk Pria
  3. Belum menikah dan sangup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan surat pernyataan
  4. Tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, khusus untuk Program Penerbang minimal Pria 167 cm dan Wanita 160 cm dan Program PKP-PK minimal 165 cm
  5. Menyerahkan Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar berwarna dengan latar belakang merah dan foto copy STTB, nilai UN, Akte Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa
  6. Bagi yang sedang belajar di Kelas III SLTA, membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN tahun ini.
Baca Juga: Tips Persiapan Mengikuti Seleksi di Sekolah Kedinasan

Persyaratan Lulusan/Jurusan di STTD

D.IV TRANSDAR
  • SMU/MA (IPA)
  • SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Bangunan, Teknik Industri, Teknik Survei dan Pemetaan, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Komputer / Informatika
D.III LLAJ
  • SMU/MA (IPA)
  • SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Bangunan, Teknik Industri, Teknik Survei dan Pemetaan, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Komputer / Informatika
D.III Perkeretaapian
  • SMU/MA (IPA)
  • SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Bangunan, Teknik Industri, Teknik Survei dan Pemetaan, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer / Informatika dan Teknik Ketenagalistrikan.
D.II PKB
  • SMU/MA (IPA)
  • SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif, Teknik Bangunan, Teknik Industri, Teknik Survei dan Pemetaan, dan Teknik Perkapalan, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Komputer / Informatika

Lokasi Tempat Pendaftaran STTD

Pendaftaran dilakukan secara langsung di lokasi pendaftaran yang telah ditentukan. Calon taruna datang ke lokasi pendaftaran dengan membaca berkas pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan. Berikut lokasi pendaftaran selengkapnya :
  1. STTD Bekasi Jl. Raya Setu KM. 3,5 Cibuntu, Cibitung Bekasi, Telp. (021) 8254640, 82608995-6 , www.sttd.ac.id
  2. Dishubkominfo Prov. Kalimantan Tengah Jl. S. Parman No. 1 Palangkaraya, Telp. (0536) 3221090 
  3. Dishubkominfo Prov. Sulawesi Jl. R.A. Kartini No. 35 Palu, Telp. (0451) 422196 
  4. Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No.35, Manado, Telp. (0431) 867052 
  5. Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara Timur Jl. Palapa No. 17 Kupang, Telp. (0380) 833691, 831321 
  6. Dishubkominfo Prov. Nusa Tenggara Barat Jl. Langko No. 49 Kota Mataram, Telp. (0370) 633735 
  7. Dishubkominfo Prov. Sumatera Barat Jl. Raden Saleh No. 12 Padang, Telp. (0751) 40330, 40331, 40332 
  8. Dinas Perhubungan Prov. Jambi Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 76 Simpang Kawat Jambi, Telp. (0741) 60348 
  9. Dishubkominfo Prov. Papua Barat Jl. Bandung Borasi No. 4 Manokwari – Papua Barat, Telp. (0986) 216013
Tahapan Seleksi 

Calon taruna yang ingin lulus seleksi masuk ke STTD harus dapat melewati semua tahapan dan jenis seleksi berikut ini :
  • Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi
  • Seleksi Potensi Akademik
  • Seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan Wawancara dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Tes Masuk Sekolah Kedinasan

Lain-lain
  • Program Studi STTD dan PKTJ Tegal dapat menerima peserta yang berstatus PNS/BUMN yang mendapat tugas belajar dari Instansinya dengan usia maksimum 30 tahun
  • Keterangan lain yang belum dimuat disini dapat anda lihat langsung di website STTD di alamat www.sttd.ac.id
Demikianlah tadi informasi mengenai pendaftaran mahasiswa/taruna baru di Sekolah Tinggi Transportasi Darat tahun ajaran 2017/2018. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi para siswa Sekolah Mengah Atas atau sederajat yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementrian Perhubungan lewat jalur Sekolah Kedinasan. Bagi yang berminat, tunggu saja tanggal pembukaan pendaftarannya. Selamat Mencoba, Semoga Sukses...
Pendaftaran STTD 2017/2018 Pendaftaran STTD 2017/2018 Reviewed by Niko Arisandi on 19:01:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.