Pendaftaran IPDN Tahun 2017

Pendaftaran IPDN 2017

Pendaftaran IPDN 2017. Pendaftaran Calon Praja IPDN 2017 , Cara Pendaftaran IPDN, Seleksi IPDN, Penerimaan Calon Praja IPDN, Informasi Pendaftaran Online IPDN, Syarat Pendaftaran IPDN 2017. Itulah tadi beberapa hal yang sering dicari untuk mengetahui proses pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun angkatan 2017/2018. Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti proses seleksi penerimaan calon praja baru, silahkan mendaftar online pada situs yang telah ditentukan. Simak informasi selengkapnya dibawah ini. 

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau lebih dikenal dengan sebutan IPDN adalah gabungan dari sekolah yang dahulu namanya STPDN dengan institut Ilmu Pemerintahan (IIP) seiring dengan munculnya berita kasus kekerasan yang sering dialammi oleh peserta didik di STPDN. 

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Pada 10 Oktober 2007, dalam sebuah sidang kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN. IPDN ini telah didirikan pada tahun 2004 yang berlokasi di Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. 


Jika Anda ingin menjadi pegawai pemerintahan, silahkan saja kuliah di IPDN. Untuk dapat kuliah di IPDN, tentunya Anda harus mendaftar terlebih dahulu, setelah itu mengikuti proses seleksi masuk. Namun tidak semua usia bisa mendaftaran di IPDN ini, pendaftarnya dibatasi lulusan 3 tahun terakhir setelah periode pendaftaran. Untuk tahun ini, IPDN membuka pendaftaran untuk anak kelas 3 yang akan lulus, dan anak SMA sederajat yang lulus 2 tahun kemarin.

Sebelum melakukan pendaftaran, Anda harus mengetahui dulu berbagai persyaratan dalam pendaftaran yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa syarat-syarat yang harus dimiliki oleh calon pendaftar:

Persyaratan Pendaftaran Calon Praja IPDN 2017

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal berusia 21 tahun
  3. Nilai rata-rata Ijazah/ Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) minimal 7,00 dengan tahun kelulusan 3 tahun terakhir
  4. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
  5. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat
  6. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan
  7. Belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan
  8. Bersedia menaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan; dan
  9. Siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak.
  10. Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia;
Persyaratan Administrasi
a. Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA) atauMadrasah Aliyah (MA) jurusan     IPA/IPS termasuk lulusan paket Cdengan ketentuan:

  • 1) Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) bagi pendaftar lulusan 2014 s.d2017;
  • 2) Khusus bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 6,50 (enam koma lima nol) tahun kelulusan 2014 s.d2017.

b. KTPbagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum      memiliki KTP. Bagi yang belum memiliki KTP atau KK menggunakan Surat Keterangan  Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP dengan NIK yang sama pada saat mendaftar  pada website http://panselnas.id
c. Surat keterangan dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang sebagai
peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017;
d. Surat elektronik/e-mail yang masih aktif;
e. Pasfoto.

Selain harus memenuhi persyaratan di atas, anda juga harus memenuhi kelengkapan administrasi. Kelengkapan adminsitrasi ini sama pentingnya dengan persyaratan di atas. Untuk itu, anda harus memenuhinya. Berikut kelengkapan adminstrasi selengkapnya.
Baca Juga: Tips Persiapan Mengikuti Seleksi di Sekolah Kedinasan
Kelengkapan Administrasi Pendaftaran IPDN 2017 
  1. Fotokopi KTP (discan dan diupload pada saat pendaftaran online)
  2. Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (discan dan diupload pada saat pendaftaran online)
  3. Fotokopi Ijazah/STTB dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (discan dan diupload pada saat pendaftaran online)
  4. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 4 x 6 cm (discan dan diupload pada saat pendaftaran online)
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat termasuk tinggi badan dari dokter pemerintah (puskesmas/RSUD)
  6. Biodata Calon Peserta Seleksi, sebagaimana dalam lampiran (di isi pada formulir online pada saat mendaftar yang tersedia pada website seleksi calon praja IPDN melalui alamat http://spcp.ipdn.ac.id) atau yang ingin mendaftar jalur Pendidikan Ikatan Dinas, bisa langsung Masuk ke website: www.panselnas.id
  7. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orang tua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-
  8. Surat Pernyataan untuk bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui oleh orang tua/wali yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-
  9. Surat Pernyataan siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-
  10. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar, latar belakang merah; (dibawa ketika test dan Tes Pantukhir)
Persyaratan administrasi tersebut disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita, ditujukan kepada Tim Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Kampus Jatinangor bagi yang lolos sd tahap Pantukhir.

Alur Penerimaan IPDN
Penerimaan Calon Praja IPDN dilakukan dengan urutan atau alur pendaftaran berikut ini.
  • Melakukan Pendaftaran
  • Seleksi administrasi / verifikasi berkas
  • Tes psikologi, integritas, dan kejujuran
  • Tes kesehatan
  • Tes kesemaptaan
  • Tes kompetensi dasar
  • Penentuan akhir
  • Penetapan MDN
  • Kuliah perdana sebagai mahasiswa IPDN
Baca Juga: Macam-Macam Tes Seleksi Sekolah Kedinasan

Mekanisme Pendaftaran Calon Praja IPDN 2017

Pendaftaran penerimaan calon Praja IPDN Tahun 2017 dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Mahasiswa/Taruna Perguruan Tinggi Kedinasan secara terpusat dan Online melalui website resmi Panitia Seleksi Nasional  (Panselnas)Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ke portal http://panselnas.id sampai dengan pendaftar memperoleh user ID (NIK) dan password dari Panselnas melalui e-mail pendaftar sebagaimana alur mekanisme pendaftaran di bawah ini.

Selanjutnya pendaftar melakukan login dengan menggunakan password yang diperoleh dari Panselnas ke website resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun 2017 ke http://spcp.ipdn.ac.id untuk:
 - Mengisi biodata calon peserta seleksi.
 - Mengunggah scanning dokumen sebagai berikut:
  • 1) KTP asli atau fotocopy bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK). Bagi yang belum memiliki KTP atau KK,
  •  menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP.(dengan format jpg maksimum 1 MB);
  • 2) Ijazah/STTB asli atau fotocopy legalisir (diunggah halaman depan dan belakang dengan format pdf maksimum1 MB);
  • 3) Surat keterangan asli berstempel sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau Pejabat yang berwenang;
  • 4) Pas foto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 4x6 cm (ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran maksimal 500 KB dan minimal 300 KB dengan format jpg).
- Antara dokumen KTP atau KK dan Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat tanggal lahir.
- Mencetak bukti registrasi.

Apabila pendaftar tidak memenuhi ketentuan persyaratan administrasi pendaftaran diatas maka pendaftar dinyatakan gugur.

Jadwal Pendaftaran tahun 2017 Terbaru -  Pendaftaran seleksi masuk IPDN sekaligus seleksi administrasi calon praja akan dibuka mulai 9 Maret sampai 31 Maret 2017. Setelah lolos seleksi administrasi, pelamar akan mengikuti TKD pada 17-22 April 2017 , disusul tes kesehatan pada 17 - 20 Mei 2017. Tahap selanjutnya, yakni psikotes pada 11-13 Juli, sedangkan penerimaan peserta pantukhir dilakukan 9-22 Agustus 2017.  Anda bisa melihat jadwal lengkapnya di bawah ini. Apabila gambar kurang jelas, silahkan klik 2 kali untuk memperbesar gambar.


Semua proses seleksi masuk IPDN tidak dipungut biaya. Para pendaftar dihimbau supaya berhati-hati apabila ada pihak-pihak yang menarik biaya dan menjanjikan akan meloloskan pada proses seleksi, Maka hal tersebut diluar tanggung jawab panitia penyeleksi Praja baru IPDN. 

Demikianlah informasi mengenai persyaratan, tatacara dan alur pendaftaran Calon Praja Baru di IPDN. Jika Anda tertarik untuk mendaftar yang perlu di persiapkan adalah mental dan persiapan pengetahuan akademik dalam menghadapi berbagai tes. 

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat Anda yang ingin mendaftar di IPDN, Selamat Mencoba dan Semoga berhasil.

Link Download: 
Pendaftaran IPDN Tahun 2017  Pendaftaran IPDN Tahun 2017 Reviewed by Niko Arisandi on 13:07:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA DARI HONORER JADI PNS GURU K2 TAHUN 2014

    YANG HANYA BISA DI PERCAYA
    BPK DRS SIDIK KADARUSMAN NO HP BELIAU 0853-9845-2015

    Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

    Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015
    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass

    ReplyDelete

Powered by Blogger.