Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas

Tes Sekolah Ikatan Dinas. Mengenal Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas. Sekolah Tinggi Ikatan Dinas adalah salah satu pilihan bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang akan lulus dan melanjutkan ke Jenjang selanjutnya. Bagi seseorang yang mempunyai tujuan atau keinginan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) cara yang paling tepat adalah dengan cara masuk ke sekolah ikatan dinas, karena setelah lulus mereka akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di masing-masing kementrian yang sesuai dengan kompetensinya. 

Tes Sekolah Ikatan Dinas

Pada tahun 2016 lalu, sekitar tujuh lembaga dari berbagai kementrian telah membuka pendaftaran sekolah ikatan dinas. berikut ini adalah daftar sekolah ikatan dinas yang membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2016/2017.
  1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) sebanyak 3.650 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 3 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 20 s/d 24 Juni 2016);
  2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 900 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 29 Maret s/d 19 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 s/d 13 Mei 2016);
  3. Kementerian Perhubungan (STTD) sebanyak 300 siswa pola pembibitan (pendaftaran dibuka dari tanggal 4 April s/d 27 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 s/d 10 Agustus 2016);
  4. Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP) sebanyak 260 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 4 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 30 Mei s/d 3 Juni 2016);
  5. Badan Pusat Statistik (STIS) sebanyak 500 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret s/d 30 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 19 s/d 22 Juli 2016);
  6. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) sebanyak 250 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret s/d 22 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 11 Mei s/d Selesai);
  7. Lembaga Sandi Negara (STSN) sebanyak 80 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 15 s/d 30 Maret 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 15 s/d 22 April 2016).
Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di sekolah ikatan dinas sedikit berbeda dengan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dibutuhkan persiapan-persiapan khusus untuk mengikuti proses seleksi masuk sekolah ikatan dinas ini. Jika kamu ingin lolos seleksi masuk sekolah ikatan dinas, kenali dulu jenis-jenis tes yang akan dilakukan pada proses seleksi masuk sekolah ikatan dinas berikut ini:

1. Tes Potensi Akademik (TPA)
Tes Potensi Akademik (TPA) adalah salah satu tes yang sering digunakan pada proses seleksi masuk perguruan tinggi. Bukan hanya pada seleksi penerimaan mahasiswa baru saja. Pada saat proses penerimaan karyawan baru di perusahaan, Tes Potensi Akademik (TPA) ini juga disajikan pada saat seleksi awal calon tenaga kerja. Seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun juga menggunakan tes potensi akademik (TPA) ini. Tes ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang dibidang akademis dan pengetahuan umum lainnya. Karena hal tersebut adalah dasar untuk mengetahui kemampuan seseorang. 

Macam-macam soal yang disajikan dalam Tes Potensi Akademik (TPA) ini terdiri dari tes mengenai gambar, tes angka, tes logika, dan tes verbal. Tes ini hampir sama dengan tes Greduate Recored Examination (GRE) dan Graduate Management Admission Test (GMAT) yang menjadi standar internasional untuk menguji kecerdasan seseorang dalam berbagai kegiatan seleksi. 

2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
Tes Kemampuan Dasar adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan dasar seseorang guna menunjang keberhasilannya saat dia bekerja. Tes ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) TEs Intelegeni Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sedangkan Tes Kemampuan Pribadi (TKP) ini bertujuan untuk mengenal karakter, kepribadian, dan tingkat emosional pendaftar, seperti integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas, dan lain sebagainya. 

Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) sendiri digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia, mencakup Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan segala hal mengenai Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sedangkan Tes Intelegensi Umum (TIU) bertujuan menilai kompetensi seseorang dalam hal kemampuan verbal, numerik, logika, dan alalisis. 

Perlu diketahui, bahwa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan salah satu Sekolah Ikatan Dinas yang menggunakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dalam proses seleksi penerimaan Praja barunya. 

3. Tes Kemampuan Bidang (TKB)
Tes Kemampuan Bidang (TKB) ini biasanya disajikan setelah peserta lolos pada tahapan tes Tes Kemampuan Akademik (TKA) atau Tes Kemampuan Dasar (TKD). Isi dari Tes Kemampuan Bidang (TKB) ini sifatnya lebih spesifik, lebih jelasnya isinya sesuai dengan bidang masing-masing yang diambil oleh pendaftar. 

Tahapan tes ini secara umum dibagi menjadi ujian tulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan/atau ujian praktik (untuk bidang-bidang tertentu). TKB ini sangat bervariasi, misalnya tentang pendidikan, kesehatan, agama, hukum, dan masih banyak lagi. 


4. Tes Kesehatan dan Kebugaran
Apabila kamu sudah masuk pada tahapan tes kesehatan dan kebugaran ini, berarti sedikit lagi kamu akan lolos dan diterima pada salah satu sekolah ikatan dinas yang kamu inginkan, karena pada umumnya tes kesehatan ini dilaksanakan di akhir sesi serangkaian proses seleksi. 

Beberapa tahapan yang dilakukan pada tes kesehatan ini adalah mengecek darah, urine, tensi, rontgen, buta warna, ketahanan fisik, kesehatan paru-paru, kesehatan gigi, dan beberapa tes lainnya sesuai kebutuhan dari sekolah ikatan dinas tempat ia daftar. 

Pastikan kondisi tubuh kamu fit pada saat mengikuti serangkaian tes kesehatan, karena bisa jadi calon mahasiswa gugur pada tahapan ini karena kurang bisa menjaga kondisi tubuh. 
Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas Reviewed by Niko Arisandi on 21:35:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.