Kisi-Kisi UN Antropologi 2017

Kisi-Kisi UN 2017 Antropologi - Kisi-Kisi Ujian Nasional 2017 Antropologi merupakan tolak ukur yang harus dikuasai oleh para peserta Ujian Nasional tahun 2017 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Untuk mengetahui materi soal-soal antropologi yang akan keluar pada Ujian Nasional tahun 2017 ini, coba saja pelajari kisi-kisi Antropologi selengkapnya dibawah ini sebagai acuan dalam mempelajari materi-materi Ujian Nasional.

Kisi-Kisi UN Antropologi

Kisi-Kisi UN 2017 Antropologi - Pelajaran Antropologi merupakan bagian mata pelajaran dari Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA. Belajar ilmu antropologi tidak semudah yang kita kira, dibutuhkan pemahaman dan hafalan yang kuat. Untuk itu, dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UN), siswa harus benar-benar menyiapkan materi-materi dari jauh-jauh hari sebelumnya.


Berikut ini adalah kisi-kisi mata pelajaran Antropologi yang akan diujikan pada pekan depan:

1. Konsep Dasar dan Kajian Antropologi, Meliputi: Materi-materi yang harus dipelajari siswa antara lain, definisi antropologi, konsep dasar antropologi, kajian antropologi, serta peran, manfaat, dan fungsi antropologi. Beberapa materi di atas akan diterapkan dalam soal-soal aplikatif dan penalaran, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan sosial.

2. Kajian Budaya, Di bagian kajian budaya, cukup banyak materi yang harus dikuasai siswa. Materi-materi tersebut meliputi wujud, unsur-unsur, nilai, pewarisan, dan dinamika budaya. Selain itu, pelajari juga keragaman budaya, budaya etnik, budaya komunitas, keragaman agama, kepercayaan, seni, serta toleransi terhadap keragaman budaya.

3. Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan, Pada bab ini siswa wajib memahami dan menguasai mengenai fungsi bahasa atau tradisi lisan, keragaman bahasa/dialek/tradisi lisan, penyebarannya, serta integrasi nasional. Di samping paham, siswa dituntut pula mengkaji materi-materi tersebut.

4. Iptek dan Globalisasi, Beberapa hal yang dipelajari pada bab ini menliputi perkembangan iptek dan manfaat iptek, dampak iptek, pewarisan iptek, dan globalisasi. Soal-soal akan disajikan dalam bentuk pengetahuan, pemahaman, aplikasi, nalar, dan kajian.

5. Penelitian Kualitatif dan Etnografi, Pada bagian penelitian, siswa harus menguasai mengenai kajian etnografi. Selain itu, pahamilah langkah-langkah penelitian beserta teknik pengumpulan data. Materi selanjutnya yang harus dipelajari yakni analisis data kualitatif, wujud komunikasi hasil penelitian, serta manfaat penelitian.

Demikian tadi beberapa kisi-kisi yang diambil dari laman Kemendikbud 2017. Perlu diketahui bahwa Pembuatan kisi-kisi dan soal UN 2017 tahun ini juga melibatkan guru kurikulum 2013 dan 2006. Tujuan capaian pengetahuan atau standar kompetensi lulusan (SKL) atau kompetensi dasar (KD) antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 hampir sama. Kesamaan SKL itu kemudian disampaikan Kemendikbud ke Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai rujukan dalam membuat kisi-kisi ujian nasional (UN). Proses pembuatan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 pun turut melibatkan guru-guru di sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 maupun yang masih menerapkan Kurikulum 2006.

Selamat Belajar, dan Semoga Sukses...
loading...
Kisi-Kisi UN Antropologi 2017 Kisi-Kisi UN Antropologi 2017 Reviewed by Niko Arisandi on 21:03:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.