Dokumen yang Disiapkan untuk Mencari Beasiswa

Dokumen Persyaratan Beasiswa. Dokumen yang disiapkan untuk Beasiswa. Dokumen yang perlu disiapkan untuk mencari beasiswa ada banyak. Sebelum mencari lowongan beasiswa, ada baiknya terlebih dulu kamu siapkan beberapa dokumen pendukung yang biasanya digunakan sebagai syarat dalam proses pendaftaran program beasiswa tersebut, supaya pada saat proses pendaftaran dibuka, kalian tidak perlu bingung-bingung lagi mempersiapkan segala persyaratannya.

Dokumen Persyaratan Beasiswa

Dokumen yang disiapkan untuk Beasiswa. Menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam persyaratan untuk mengikuti program beasiswa bukanlah perkara mudah. Karena salah satu dokumen yang dilampirkan biasanya adalah Esai, Referensi, Sertifikat-Sertifikat kemampuan bahasa inggris dan Letter of Acception. Jika kamu tidak menyiapkan beberapa dokumen tersebut jauh-jauh hari sebelum kamu mendaftar maka hasilnya tidak akan maksimal, karena dokumen-dokumen tersebut tidak bisa didapat dengan waktu yang singkat. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar dokumen-dokumen yang biasanya dilampirkan pada saat perdaftaran beasiswa:


Esai untuk Beasiswa
Menulis sebuah esai bukanlah merupakan hal yang mudah. Apalagi esai tersebut ditujukan untuk melamar pada program beasiswa, berarti isi dari esai tersebut harus kuat dan jelas menerangkan kenapa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut. Yang perlu kamu ketahui dalam membuat esai yaitu isi dari esai tersebut, tuliskan hal-hal yang menyangkut tentang dirimu, visi dan misi ke depan, motivasi mendaftar program beasiswa, hingga seberapa pentingnya beasiswa tersebut buat kamu. Untuk lebih jelasnya, bagaimana tatacara membuat esai untuk beasiswa yang baik dan benar, silahkan kunjungi link dibawah ini. 

Baca Juga: Cara Menulis Esai untuk Beasiswa yang Baik dan Benar

Referensi 
Surat Referensi ini biasa digunakan sebagai dokumen pendukung untuk melamar program beasiswa yang bertujuan untuk memperkuat posisi kamu sebagai pendaftar. Surat referensi ini biasanya yang mengeluarkan adalah sebuah instansi, lembaga atau universitas tempat kamu kuliah. Sehingga dibutuhkan waktu untuk mendapatkannya, karena biasanya instansi atau lembaga tersebut tidak bisa mengeluarkan surat referensi dengan cepat, dibutuhkan waktu beberapa hari. Maka dari itu, kalau bisa referensi ini disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. 


Sertifikat Bahasa
Sertifikat Bahasa ini sangatlah dibutuhkan jika kamu ingin melamar program beasiswa, biasanya sertifikat yang dibutuhkan adalah sertifikat bahasa inggris yang berskala international seperti TOEFL dan IELTS. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut biasanya kamu harus mengikuti kursus dan pelatihan selama beberapa bulan kemudian mengikuti ujian, baru sertifikat bisa kamu dapatkan. Maka dari itu, jika kamu ingin mengikuti pendaftaran program beasiswa ada baiknya sertifikat ini dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. 


Letter of Acceptance (LoA)
Letter of Acceptance atau biasanya dikenal dengan sebutan Letter of Guarantee adalah sebuah dokumen yang biasanya dibutuhkan pada saat kita mendaftar program beasiswa ke luar negeri. LoA ini adalah surat yang menerangkan bahwa kamu sudah diterima di suatu universitas yang biasanya berada di luar negeri guna untuk melanjutkan beasiswa ke S2 dan S3. 
cara untuk mendapatkan LoA ini kamu harus mendaftar dauhulu ke universitas di luar negeri. biasanya dilakukan secara online. 

LoA inilah yang sangat berguna sebagai persyaratan untuk melamar beasiswa ke luar negeri. Kamu bisa mendapatkan LoA yang berasal dari lebih dari 1 universitas di luar negeri. Misalnya, kamu mendapatkan LoA dari Universitas ABC untuk mendaftar LPDP di kesempatan pertama, kemudian LoA dari universitas DEF untuk mendaftar LPDP di kesempatan kedua. 

Sebenarnya untuk mendapatkan LoA ini tidak terlalu susah, kuncinya adalah ketekunan dalam mencari informasi tentang universitas mana yang akan dituju. Kamu hanya perlu melengkapi seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan saja. 

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses...
Dokumen yang Disiapkan untuk Mencari Beasiswa Dokumen yang Disiapkan untuk Mencari Beasiswa Reviewed by Niko Arisandi on 00:02:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.