Cara Cek Jumlah Dana Pensiun yang sudah Terkumpul di PT Taspen

Cara Cek dana Pensiun

Bangsaku.web.id - Cara Cek Dana Pensiun. Selamat siang dan salam sejahtera. pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah informasi mengenai cara cek dana pensiun PNS sebagai pemecah stress bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mungkin terlalu banyak mikir masalah rumah tangga atau mikirin cicilan yang banyak sekali, ya maklumlah, namanya juga orang hidup pasti ada saja masalah. Sedikit iseng-iseng untuk menambah gairah semangat kerja kita di kantor, yuk mari coba kita cek dana pensiun yang sudah terkumpul sejak awal bekerja menjadi PNS.

Dana Pensiun dan Tunjangan Hari Tua PNS. Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang didapatkan setiap bulannya sebenarnya sudah termasuk di potong ke dalam dana pensiun atau tunjangan hari tua. Dana yang dibayarkan kepada PT Taspen adalah sebesar 4,75% dari penghasilan sebulan (gaji pokok + tunjangan keluarga) berdasarkan Kepres no.8 tahun 1997. Dana yang sudah terkumpul tersebut tambah lama semakin tambah banyak dan berbunga, Dana tersebut akan diberikan apabila PNS sudah pensiun atau meninggal dunia.

Cara Cek Jumlah Dana Pesiun PNS. Namun, meskipun Pegawai Negeri Sipil belum meninggal ataupun belum pensiun tetap saja bisa mengecek jumlah dana yang sudah terkumpul untuk hari tua nanti berapa. Kira-kira Anda sudah bekerja berapa tahun selama menjadi PNS?.. Makin penasaran kan, kira-kira berapa jumlah dana yang sudah terkumpul, yuk ikuti saja informasi dibawah ini sampai habis.

Cara Cek Dana Pensiun di PT Taspen. Jika Anda sudah tidak sabar dan penasaran sekali berapa jumlah dana pensiun yang sudah terkumpul sejak awal menjadi PNS hingga sekarang, Langsung aja cek jumlahnya dengan cara dibawah ini:

Bukalah halaman http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/ untuk login, gunakan NIP Anda untuk login, dan tanggal lahir untuk passwordnya, jangan lupa formatnya dibalik ya.. tahun dulu, kemudian bulan dan tanggal (thn/bln/tgl).

Jika berhasil, maka akan muncul halaman yang menampilkan NIP, Nama, Tanggal Lahir, TMT Kerja, Pangkat, No_KPE dan Jumlah Gaji Pokok Anda. dan halaman bawah juga tertera jumlah sementara dana pensiun dan tunjangan hari tua.

Nah, demikian tadi cara untuk mengecek Jumlah dana pensiun dan tunjangan hari tua, semoga Anda bisa lebih bersemangat lagi dalam bekerja, memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat Indonesia. Semoga informasi tadi bermanfaat dan menghilangkan penat dipikiran Anda. Selamat Bekerja...

Keterangan tambahan:
Pensiun PT Taspen. Sebenarnya meskipun Anda bukanlah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetap saja bisa mengecek jumlah dana pensiun milik teman atau saudara bahkan keluarga Anda. Karena mengecek jumlah dana pensiun tersebut syaratnya tidaklah susah, hanya memasukkan NIP dan tanggal lahir, sedangkan di dalam NIP seorang PNS juga sudah terdapat tanggal lahir. Kira-kira tanggal lahirnya di sebelah mana ya... simak informasi berikut ini.

Berdasarkan Peratuaran Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 22 tahun 2007 tanggal 28 maret 2007, tentang Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil.
NIP terdiri atas 18 (delapan belas ) digit. contohnya: 198002202004121002

Berikut penjelasannya:

  • 8 Digit Pertama adalah Tahun, Bulan & Tanggal Lahir, pada NIP Contoh diatas 19800220 berarti Tahun 1985, Bulan 02 (Februari)Tanggal 20;
  • 6 Digit berikutnya adalah Tahun & Bulan Pengangkatan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), pada NIP Contoh diatas 200312 berarti diangkat sebagai CPNS pada tahun 2004, bulan 12 (desember);
  • 1 Digit berikutnya adalah angka pengenal untuk menunjukkan Jenis kelamin (angka 1 untuk Laki-laki, angka 2 untuk perempuan), pada NIP Contoh diatas 1 berati Jenis kelamin pemilik NIP tersebut adalah laki-laki;
  • 3 Digit terakhir adalah angka pengenal yang menunjukkan Nomor Urut CPNS/PNS, Dikarenakan terdapat kemungkinan beberapa PNS memiliki Tahun, Bulan & Tanggal lahir yang sama, Tahun & Bulan Pengangkatan CPNS Sama juga, Serta Jenis Kelamin yang sama………….maka Nomor Urut tersebut diperlukan sebagai Angka Pengenal, dari contoh NIP diatas 002, berarti NIP tersebut diberikan Nomor Urut 2 oleh BKN…itu berarti ada NIP lain dengan Nomor Urut 1 (198002202004121001).

Bagaimanakah kawan, apakah Anda sudah memahami mengenai tanggal lahir seorang PNS? jika sudah, yuk coba cek jumlah dana pensiun yang sudah dikumpulkan oleh teman-teman dan saudara kita yang menjadi PNS.

NIP seorang PNS sudah bukan menjadi rahasia seseorang, di tempat kerja ataupun di surat resmi juga tertera NIP dari PNS dan namanya, kita bisa saja iseng-iseng untuk mengeceknya, heheee... emangnya tujuannya apa?, apakah nanti kita juga bisa ambil uang tersebut?,, yang pasti tidak bisa, hanya sekedar membalas rasa ingin tahu kita saja. Selamat mencoba kawan..
Cara Cek Jumlah Dana Pensiun yang sudah Terkumpul di PT Taspen Cara Cek Jumlah Dana Pensiun yang sudah Terkumpul di PT Taspen Reviewed by Niko Arisandi on 00:00:00 Rating: 5

3 comments:

  1. KISAH SUKSES PNS...!

    AIDU TAUHID SE.SMi
    Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS bkn pusat jkt.
    hp: 0852 2636 4700

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS."Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer di sekolah dasar sidomulyo kec.sidorejo kab magetan.Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no telf bpk Aidu Tauhid se.msi yang bekerja di BKN pusat jkt Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala Direktur Pengadaan PNS yang di kenalnya di bkn pusat jakarta,dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk Verifikasi lansung di BKN pusat jkt., alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk AIDU TAUHID SE Msi no telp beliau yang selalu aktif 085226364700 siapa tau beliau masih mau membantu anda. wassalam

    ReplyDelete
  2. @Sarmila Certi : Yang benar aja?

    ReplyDelete
  3. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.