Yogyakarta akan Luncurkan Fasilitas Try Out UN Online


Bangsaku.web.id - Yogyakarta fasilitasi Try Out UN Online. Yogyakarta adalah kota yang berstatus daerah istimewa yang ada di Indonesia, karena berhubungan erat dengan sejarah. Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta sudah mempunyai tradisi pemerintahan karena Yogyakarta adalah daerah Kasultanan. Kota Yogyakarta sering kali disebut sebagai kota pelajar dengan sejarah dan peran kota ini dalam dunia pendidikan di Indonesia. Di samping adanya berbagai pendidikan di setiap jenjang pendidikan tersedia di propinsi ini, di Yogyakarta terdapat banyak mahasiswa dan pelajar dari seluruh daerah di Indonesia. Tidak berlebihan bila Yogyakarta disebut sebagai miniatur Indonesia. 

Sebagai Kota Pelajar Yogyakarta tidak kalah untuk ikut andil dalam menyukseskan Ujian Nasional yang rencananya akan dilaksanakan menggunakan Sistem Komputer atau berbasis CBT (Computer Based Test) yaitu dengan cara memberikan failitas layanan Try Out Online. 
Informasi tersebut di sampaikan oleh Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) bahwa dalam waktu dekat akan meluncurkan layanan try out online Ujian Nasional. Layanan tersebut bisa diunduh secara online mealui website www.jogjabelajar.org. "Kita sediakan beberapa soal latihan Ujian Nasional untuk sekolah dasar (SD), SMP, SMA/MA hingga SMK," kata Kepala BTKP DIY Singgih Raharja seperti dilansir republika pada Senin (15/2).

Menurut Kepala BTKP, penyusunan soal-soal try out Ujian Nasional Online ini dilakukan bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY. Pengembangan soal-soal try out UN sendiri disusun berasarkan kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia. Jadi, soal yang diujikan materinya tidak jauh beda dengan Ujian Nasional pada kenyataanya. 

Pada fasilitas try out UN online ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Sehingga siswa bisa mencocokkan jawabannya dengan hasil dia menjawab. Hasil dari jawabannya tadi langsung dihitung menggunakan rumus penilian UN sehingga siswa bisa langsung melihat nilai hasil dari ty out UN online tersebut. 
Setiap mata pelajaran yang masuk UN, akan disediakan beberapa tipe soal. Latihan soal UN in bisa diunduh dengan alat apapun dan gratis. Soal try out UN online ini akan di-upgrade setiap enam bulan sekali. Kebijakan ini dilakukan untuk meendukung upaya UN berbasis komputer atau UN online computer based test (CBT). Melalui kebijakan ini diharapkan siswa terbiasa mengerjakan soa berbasis online.

BTKP sendiri memberikan support pada verifikasi peralatan di 179 sekolah di DIY yang akan menggelar uN online atau CBT tahun ini. 

Itulah tadi informasi seputar inovasi di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Daerah Istimewa Yogyakarta, mudah-mudahan informasi tadi bisa menginspirasi daerah-daerah lain untuk ikut serta dalam memajukkan pendidikan di daerahnya. Sehingga pendidikan di negara Indonesia ini bisa berkembang pesat, dan menjadi negara Maju. 
loading...
Yogyakarta akan Luncurkan Fasilitas Try Out UN Online Yogyakarta akan Luncurkan Fasilitas Try Out UN Online Reviewed by Niko Arisandi on 15:15:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.