Tips Sukses Belajar

Tips sukses belajar

Bangsaku.web.id - Tips Sukses Belajar. Sebagai siswa atau mahasiswa, salah satu kewajiban yang harus kita kerjakan adalah belajar. Ukuran kesuksesan seorang pelajar adalah dengan memperoleh nilai akademis yang bagus, dan nilai bagus hanya diperoleh dari belajar yang kontinue. Lain lagi kalau kita sebagai seorang Pengusaha, kesuksesan seorang pengusaha adalah mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Maka dari itu, kita harus tahu posisi kita sekarang dimana. 

Kunci Sukses belajar. Belajar adalah kunci kesuksesan meraih prestasi akademik di sekolah ataupun di kampus. Namun setiap orang pasti belajar ketika menghadapi ujian. Jadi, intinya tidak semua siswa atau mahasiswa yang belajar bisa meraih akademik yang bagus. Lalu belajar yang bagaimana yang bisa mengantarkan kita pada prestasi akademik. Coba, simak beberapa tips sukses belajar di bawah ini:
Baca Juga: Tips Menjadi Siswa Sukses
1. Jaga Mood (suasana hati)

Manusia bukanlah mesin yang bisa membaca dan mempelajari buku pelajaran terus menerus tanpa rasa bosan, jenuh dan mengantuk. Setiap manusia pasti mempunyai mood. Jika mood kita sedang turun, untuk dapat belajar tentunya sangat susah, mendingan kita istirahat tidur di kamar atau menonton TV. Namun jika, terus-terusan mood kita tidak baik, maka kita tidak dapat belajar dan prestasi di sekolah atau di kampus akan jeblok.

Mood kurang bagus, atau perasaan bosan, jenuh, dan rasa mengantuk memang menjadi musuh utama bagi seorang siswa atau mahasiswa saat belajar. Tentu hal tersebut tidak bisa dipungkiri, bahwa semua orang yang pernah menjadi siswa pernah merasakan hal yang semacam itu. 

Solusinya adalah, Jangan belajar hanya mengikuti mood. Belajarlah karena kesungguhan kita untuk berubah. Maka dari itu, menjaga mood sangatlah penting. Sering-seringlah membaca kisah-kisah sukses seorang pelajar yang dapat membangkitkan mood kita. Pikirkan masa depan kita jika prestasi di sekolah kurang bagus, Mau kerja apa?, Usaha Apa? dan Mau Jadi Apa?, mungkin pertanyaan-pertanyaan tadi bisa membangkitkan semangat belajar kalian. Seringlah beristirahat jika sudah capek, untuk menjaga mood kita tetap baik dan semangat dalam belajar.

2. Nyamankan Belajarmu

Kenyamanan adalah salah satu faktor utama yang membuat kita jadi senang untuk belajar. Bisa diibaratkan jika kita naik bus yang ada ACnya, ruangannya dingin, bersih, bebas dari bau rokok, dan tidak ada keributan, sehingga suasa jadi nyaman, dan istirahat jadi enak. Tetapi bandingkan jika naik bus yang tidak ada ACnya, suasana panas, berdesak-desakan, baunya campur aduk, sehingga suasana menjadi tidak nyaman. 

Begitu pula dengan Belajar, jika ruangan belajar kalian bersih, rapi, disertai dengan wangi-wangian yang membuat orang betah dan nyaman, maka dapat membuat kita jadi santai rileks, tenang dan bisa fokus. 

Jika Anda sedang bosan, bisa diselingi dengan mendengarkan musik-musik slow yang enak yang membantu kita untuk fokus dalam belajar. Hindari musik-musik yang keras ketika belajar, karena akan memecah konsentrasi. 

Belajar juga tidak harus di dalam ruangan. Bisa dilakukan di luar ruangan, selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar. Carilah tempat yang nyaman dan menenangkan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi. 

Kenyamanan dalam belajar juga terkait dengan gaya belajar seseorang, artinya temukanlah metode belajar yang paling kamu sukai dan nyaman. Jangan belajar dengan cara yang sama secara terus menerus. Bisa dengan metode membaca, mendengarkan, visual ataupun dengan metode diskusi, dll.
Baca Juga: Kesalahan Belajar yang sering dilakukan Pelajar Indonesia
3. Belajarlah Sedikit-Sedikit dan Kontinue
Belajar tidak bisa dipaksakan harus selesai satu buku dalam satu malam. Ada istilah Sistem Kebut Semalam (SKS) dalam belajar, Gaya belajar seperti itu tidaklah efektif untuk diterapkan, karena memaksa kinerja otak, dan hasilnya tidak maksimal. Gaya belajar seperti ini sering diterapkan oleh kebanyakan pelajar saat mendekati Ujian, padahal sebenarnya sehari sebelum Ujian, otak kita butuh refreshing dan ketenangan. 

Otak kita bisa diibaratkan sebagai sebuah wadah atau tempat, Ada batas maksimalnya. Jika diisi kebanyakan maka akan tumpah, sama dengan otak kita, jika diisi terlalu banyak maka apa yang kita pelajari tidak akan terserap dengan baik.

Belajarlah sedikit demi sedikit, pelajari dan kuasai salah satu materi sampai paham dan dilanjutkan lain waktu lagi untuk materi selanjutnya. Buatlah program waktu belajar setiap hari, misalnya gunakan minimal 3 kali belajar dalam satu hari, bisa ketika sore hari, sebelum tidur dan setelah tidur. Lama waktu untuk belajar cukup 30-45 menit saja. Hal tersebut sangatlah baik untuk dilakukan dan membuat otak kita tidak gampang stress

4. Jangan Hanya Menghapal

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pelajar adalah belajar dengan cara menghapal, tidak semua mata pelajaran cocok untuk dihapal. Ingat, hapalan belum tentu mengerti. Belajar bukan hanya sekedar menghapal, yang penting mengerti dan memahami materi. Pahamilah setiap materi pelajaran dengan mempelajari konsep-konsepnya, bagaimana itu terjadi, mengapa, dari mana asal rumusnya, apa dan bagaimana selanjurnya. Pemahaman mendalam inilah yang akan membantu kita menganalisa setiap persoalan dengan mudah. Jadi, biarpun soalnya diputar-putar, kita akan mudah menjawabnya.

Kalian tentunya masih ingat kan film "3 Idiot", dalam film tersebut ada sebuah quotes yang sangat mengena:"Dengan Menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di Universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu ke depan". Maksudnya jika kita hanya sekedar menghafal maka akan menambah nilai ujian kita, tidak menambah pengetahuan kita. 


5. Tetap Semangat dan Pantang Menyerah
Belajar dengan sungguh-sungguh adalah kunci dari kesuksesan kita. Karena kesungguhan akan memunculkan energi dan semangat yang tidak kenal kata menyerah. Materi sesulit apapun, pasti akan ada kita kuasai asal tidak ada kata menyerah dalam memahaminya. Cobalah terus menerus, jika gagal, maka bangkit lagi dan ulangilah sampai berhasil. Ingat kata pepatah, "Orang bisa karena biasa". Jika kita terbiasa belajar dan mengerjakan soal, baik soal yang mudah maupun sulit, maka dalam ujian pun kita tidak akan menemukan banyak kesulitan. Jadi, tetaplah bersemangat untuk belajar, jangan sampai menyerah. Semoga Sukses.. 
loading...
Tips Sukses Belajar Tips Sukses Belajar Reviewed by Niko Arisandi on 23:30:00 Rating: 5

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.