Tips Menjadi Siswa Sukses


Tips Menjadi Siswa Sukses. Tidak semua siswa bisa mendapatkan peringkat 1, hal tersebut perlu diraih dengan kerja keras yang tinggi dan pantang menyerah. Berikut ini ada beberapa tips supaya siswa menjadi sukses dalam belajarnya:

1. Catat Setiap Tugas, Waktu Pengumpulan, Tanggal Ujian/Ulangan, dan Lain-lain

Pada saat guru memberikan tugas di kelas, catatlah di buku pelajaran kalian dan tulis juga tanggal pengumpulannya. Pasang pengingat waktu di Handphone Anda dan diberi Alarm kalau bisa. Setelah itu, dirumah buatlah daftar Tugas selama semiggu, sehingga dengan begitu Anda tidak akan lupa untuk mengerjakan tugas.

2. Ingat Untuk Menyerahkan Tugas

Kerjakanlah tugas dengan lengkap dan sesuai dengan instruksi, bila perlu Anda cek sampai tiga kali apakah tugas tersebut sudah benar. Jika dirasa sudah benar dan tidak ada yang salah, jangan lupa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu, karena biasanya tugas yang dikumpulkan tidak tepat waktu/terlambat penilaiannya berbeda.
Baca Juga: Hal yang Wajib dilakukan Selama Masih Sekolah
3. Berkomunikasi dengan Guru

Pada saat kegiatan belajar mengajar, siapkan pertanyaan yang sekiranya Anda kurang paham mengenai materi. Jangan malu-malu untuk bertanya. Biasanya guru akan lebih mudah mengenal anak-anak yang suka bertanya dan sering memberikan nilai tambah untuk anak yang aktif bertanya di kelas. 

4. Susun Tugas dengan Warna

Untuk mempermudah Jenis tugas dari sebuah mata pelajaran, Anda bisa menggunakan sistem kode warna untuk menyimpan tugas agar terorganisir dengan baik. Buatlah semenarik mungkin sehingga Anda sendiri tertarik dengannya dan selalu ingat akan mengerjakan tugas sekolah.

5. Membuat Zona Belajar

Carilah tempat yang nyaman untuk belajar, karena dengan kenyaman tersebut semua hal yang dipelajarai akan masuk dalam ingatan otak kita. Belajar tidak harus di dalam kamar saja, mungkin bisa di kebun yang sunyi, diatas kolam ikan, dan lain sebagainya. 

6. Me-review Silabus Sebelum dan sesering mungkin 

Sebelum mengikuti Kegiatan belajar Mengajar di kelas, Lakukan pembacaan cepat mengenai garis besar materi-materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut. Kegiatan tersebut bisa dilakukan sesering mungkin sampai saat ujian. Dengan begitu akan mempermudah ingatan Anda mengenai materi yang dibahas. 

7. Mencatat dengan Cepat dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Pada saat guru menjelaskan materi yang sekiranya tidak ada dibuku pelajaran, jangan lupa untuk mencatat, dan biasakan mencatat materi-materi yang dijelaskan oleh guru. Dengan mencatat apa yang dijelaskan oleh guru, otak kalian juga akan mereka semua yang dicatat.
Baca Juga: Problematika Siswa SMA menjelang Lulus
8. Membaca Materi

Sebagai seorang siswa Anda diwajibkan untuk membaca materi yang telah diajarkan, jika Anda tidak pernah membaca materi, maka di saat ujian Anda tidak akan bisa menyelesaikannya. Jangan berpikir dengan hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja sudah cukup untuk belajar. 

9. Perhatikan Tekanan (Point-point penting yang disampaikan guru)

Perhatikan baik-baik poin-poin yang diulang dan ditekankan oleh guru saat kegiatan belajar mengajar, biasanya hal tersebutlah yang dikeluarkan di soal ujian. 

10. Pelajari masing-masing Mata Pelajaran minimal 1 jam dalam sehari

Baca dan pahami materi-materi yang telah kalian terima, masing-masing mata pelajaran harus dibaca minimal 1 jam sehari. Kegiatan tersebut akan mempermudah otak untuk mengingat semua mata pelajaran yang telah Anda Pelajari. 

11. Membuat Kelompok Belajar

Buatlah kelompok belajar dengan teman-teman sekelas atau diluar kelasmu. Karena dengan adanya kelompok belajar, Anda bisa membahas masalah-masalah mengenai materi yang belum dipahami dengan kelompok Anda. 
Baca Juga: Trik Supaya Tetap Fokus Pelajaran di Kelas
12. Rencanakan, Rencanakan dan Rencanakan

Sebagai seorang siswa yang mempunyai cita-cita tinggi, Anda harus pintar-pintar mengatur waktu. Rencanakan segala sesuatu yang akan dikerjakan. Misalnya, jika malam hari ada acara dengan keluarga, maka belajarlah di pagi hari.

13. Jangan Belajar Mendadak

Kebiasaan orang yang gagal adalah belajar mendadak tanpa terencana dengan baik, sehingga hasilnya pun mengecewakan. Belajarlah setiap hari sedikit demi sedikit dipelajari, sehingga otak tidak akan kelelahan menjelang ujian, karena mata pelajaran yang diujikan biasanya banyak. 

14. Jaga diri Anda Sendiri

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, karena jika sering terserang sakit, maka Anda tidak akan maksimal untuk belajar dan sering ketinggalan materi. Makanlah yang teratur, istirahat yang cukup dan sering-sering lah berolahraga. 

15. Selamat Belajar dan Semoga Sukses

Jangan patah semangat, Berusahalah dengan keras dan pantang menyerah maka kesuksesan akan menghampiri Anda. 
Tips Menjadi Siswa Sukses Tips Menjadi Siswa Sukses Reviewed by Niko Arisandi on 04:51:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.