Teknik Membaca Cepat dan Manfaatnya

Teknik Membaca Cepat dan manfaatnya

Bangsaku.web.id - Teknik Membaca Cepat. Membaca cepat adalah sebuah cara membaca yang dilakukan dalam waktu yang relatif singkat namun juga dapat memahami semua isi bacaan dengan cepat. Membaca cepat dapat diterapkan menggunakan proses pemindahan pandangan mata kita yang dilakukan dengan cepat tertuju pada kata-kata atau kalimat-kalimat yang dibaca. Sehingga, dalam waktu yang seminimal mungkin kita dapat memahami beberapa halaman buku bacaan. 

Teknik Membaca cepat dan Efektif. Ada beberapa teknik membaca cepat yang lazim dipakai, diantaranya adalah teknik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review = mempersiapkan diri, bertanya, membaca, mendasar, mengkaji ulang); teknik pelayapan (skimming); dan teknik pemindaian (scanning). Teknik yang pertama banyak dipakai mahasiswa untuk keperluan meneliti isi buku tertentu untuk bahan penulisan makalah. Teknik yang kedua dan ketiga adalah teknik yang paling umum dipakai untuk pemahaman bagian-bagian isi buku dan bacaan lainnya. 

Teknik SQ3R (Survey, Question, Read, Recita dan Review)
Teknik ini dikembangkan oleh Francis, P. Robinson dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat. Teknik ini bersifat praktis dan dapat diaplikasikan dalam berbagai pendekatan belajar. Strategi belajar SQ3R merupakan penimbulan pertanyaan dan tanya jawab yang dapat medorong pembaca melakukan pengolahan materi secara mendalam dan luas. Strategi ini juga dipandang dapat meningkatkan kinerja memori dalam memahami substansi teks dan bahan bacaan dalam suatu bidang pengetahuan.
Baca Juga: Tips Sukses Belajar
Teknik Pelayapan (skimming)
Pelayapan adalah teknik membaca untuk mendapatkan intisari suatu bacaan, ide pokok dan detail penting. Ide pokok dan detail penting yang membentuk intisari itu dapat berada di bagian awal bacaan, di tengah atau dibagian akhir. Langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk mendapatkan hasil maksimal dalam melakukan pelayapan adalah sebagai berikut:
  • Buatlah pertanyaan tentang apa yang akan Anda cari
  • Bila yang Anda baca berupa buku, lihatlah daftar isi dan wacana pengantar.
  • Telusuri secara seksama denan kecepatan tinggi setiap baris bacaan. bila yang dibaca berupa buku, yang ditelusuri adalah alinea atau bahkan isi sub-bab.
  • Berhentilah bila telah menemukan hal yang dicari.
  • Selanjutnya, bacalah dengan kecepatan normal dan pahami bahan yang Anda peroleh .

Teknik Pemindaian (scanning)
Pemindaian adalah teknik mmebaca untuk memperoleh informasi yang langsung kepada fakta khusus (spesifik) tanpa melalui informasi umum atau fakta umum. Contoh praktik pemindaian dalam aktivitas sehari-hari adalah pada waktu kita mencari nomor telepon di buku telepon; mencari arti kata dalam kamus; membaca daftar harga pada menu; melihat susunan acara televisi di koran.

Bila teknik pemindaian akan dipakai untuk mengetahui isi buku, inilah langkah-langkah yang perlu ditempuh:
  • Lihat daftar isi dan wacana pengantar sekilas pintas
  • Baca latar belakang penulisan buku secara singkat
  • Baca bagian pendahuluan secara singkat
  • Cari judul bab dan sub-bab yang memuat informasi yang Anda perlukan
  • Baca kaliman/alinea penting tentang informasi yang Anda perlukan
  • Baca bagian penutup
  • Lihat sekilas daftar pustaka dan indeks.
Manfaat membaca cepat

Manfaat Membaca Cepat

Manfaat Membaca Cepat. Manfaat utama dalam membaca cepat adalah menghemat waktu. Tentu saja membaca cepat akan menghemat waktu karena kita membaca dan menyerap makna kata per kata yang ada dengan singkat dan tepat. Selain itu kita juga dapat menghemat waktu karena dapat melewati bagian-bagian yang tidak memiliki manfaat atau yang diperlukan dalam bacaan. Namun, selain itu masih ada beberapa manfaat dan tujuan yang dapat Anda peroleh dari membaca cepat. Simak informasi berikut ini:

1. Mengenali Topik Bacaan
Jika Anda pergi ke tokok buku atau perpustakaan. Anda ingin mengetahui apa yang dibahas dalam buku yang Anda pilih. Untuk keperluan tersebut, Anda melakukan membaca cepat beberapa menit (knowsing) untuk melihat bahan yang dibaca. Sekedar untuk mengetahui isi bacaan. hal ini juga dapat dilakukan ketika akan memilih artikel di majalah dan surat kabar (kliping)

2. Mengetahui Pendapat orang lain.
Di sini Anda sudah mengetahui topik yang dibahas, selanjutnya Anda ingin mengetahui pendapat penulis itu terhadap masalah yang dibahas. Untuk itu, Anda tinggal membaca tulisa yang ada di tajuk surat kabar tersebut. Anda cukup membaca paragraf pertama atau akhir yang biasanya memuat kesimpulan yang dibuat oleh penulisnya (redaksi)

3. Mendapatkan bagian penting yang diperlukan
Untuk mendapatkan bagian penting dalam bacaan yang Anda perlukan tidak harus dengan membaca secara detail keseluruhan dari bacaan, namn dapat dengan menggunakan teknik membaca cepat. 

4. Mengetahui Organisasi penulisan
Dengan teknik membaca cepat maka dapat segera mengetahui urutan ide pokok dan cara semua materi disusun dalam kesatuan pikiran, serta mencari hubungan antarbagian dalam bacaan itu.

5. Melakukan Penyegaran atas apa yang pernah dibaca.
Misalnya dalam mempersiapkan ujian atau sebelum menyampaikan ceramah, Membaca cepat dilakukan dengan tujuan agar kita kembali mengingat lagi mengenai apa yang mau kita sampaikan dari bacaan yang sudah dibaca. 
Baca Juga: Kelas Inspirasi dapat dorong semangat belajar siswa
Tujuan Utama Membaca cepat. Albert dalam Harras (1997) mengemukakan tujuan utama dalam membaca cepat. yaitu dapat memperoleh kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat; menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan; Menemukan/menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan.

Manfaat membaca cepat pada umumnya adalah sebagai berikut;
  • Untuk mencari informasi yang kita perlukan dari sebuah bacaan secara tepat dan efektif
  • Dalam waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan
  • Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan
loading...
Teknik Membaca Cepat dan Manfaatnya Teknik Membaca Cepat dan Manfaatnya Reviewed by Niko Arisandi on 21:28:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.