Kisah Inspiratif: Penjual Somay Sukses Kuliahkan Anak sampai S3 ke Belanda


Kisah Inspiratif. Pada kesempatan kali ini, tim bangsaku akan membagikan kisah inspiratif yang sangat membanggakan dan patut dicontoh oleh kebanyakan masyarakat bahwa yang namanya pendidikan itu sangatlah penting. Anda harus mempunyai cita-cita untuk bisa belajar sampai kepada tingkat paling tinggi, jangan sampai menyerah. Sebagai orang tua Anda juga jangan sampai putus asa jika kehidupan ekonomi menjadi penghalang untuk menyekolahkan anak. Berikut ini ada kisah dari seorang yang profesinya hanya seorang penjual siomay, namun anaknya bisa sukses kuliah sampai S3 ke Belanda melalui beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), simak kisah perjuangannya di bawah ini;

Miftahuddin adan Marmina adalah pasangan suami istri yang tergolong keluarga yang sederhana, mereka hidup disebuah rumah panggung di Jalan Guru M.Amin, Parepare / Sulawesi Selatan. Ibu Marmina adalah ibu dari tiga orang anak yang mempunyai semangat hidup luar biasa, setiap pagi beliau harus bersiap untuk berjualan bakso dan nasi goreng di warung kecil miliknya. Sedangkan pak Miftahuddin istri dari ibu Marmina hanya berprofesi sebagai tukang somay keliling. 

Menyekolahkan anak hingga pendidikan setingi-tingginya adalah cita-cita setiap orang tua. Tak terkecuali pasangan suami istri pedagang somay Bapak Miftahuddin dan Ibu Marmina. Mereka memimpikan anaknya bisa lebih sukses dibanding mereka berdua yang hanya jualan keliling. 

Siapa sangka, dari usaha berjualan bakso, nasi goreng ibu Marmina dan somay keliling Bapak Miftahuddin, mereka mampu menyekolahkan anak hingga jenjag Strata 3 atau jenjang doktoral di Univeritas Groningen, Belanda. Anak Pertama yang bernama Yassaroh berhasil menyelesaikan studi di pascasarjana di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan nilai sangat memuaskan yaitu dengan IPK 3,88. Yassaroh juga berhasil mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melanjutkan Kuliah jenjang S-3 di Negeri Kincir Angin, Belanda. 
Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP dan KemenPAN-RB
Sejak kecil, Yassaroh mengeyam pendidikan di kota Parepare Sulawesi Selatan sampai dia lulus dari jenjang SMA. Sejak dari SMP Yassaroh selalu mendapatkan rangking satu, hingga ke jenjang SMA pun dia juga mendapatkan rangking satu. Yassaroh adalah anak yang pintar dan berusaha keras. Yassaroh juga pernah mewakili ITB dalam program pertukaran mahasiswa di Jepang.
Baca Juga: Ayo Daftar Beasiswa LPDP! Pemerintah Siapkan Dana 20,6 T
Saat kuliah untuk menempuh program Strata satu di Universitas Negeri Makassar (UNM), Yassaroh juga sering mendapatkan beasiswa. Mahasiswa jurusan Kimia melalui program bilingual itu berhasil lulus dengan nilai terbaik dengan IPK 3,97.

Menurut ibu Marmina, Yassaroh adalah anak yang tidak terlalu pintar,namun memiliki ketekunan dan rajin. Dia juga pantang bosan saat belajar. "Pendidikan adalah suatu kebutuhan karena sebagus-bagus simpanan adalah ilmu," ujar ibu Mirna.
Baca Juga: Kisah Inspiratif, Anak Buruh Tani lulus dengan IPK 3.90 di UNY
Sementara itu, Bapak Miftahuddin mengaku sangat bangga sekali kepada Yassaroh. Dia Hanya berpesan kepada anak sulungnya yang lahir di Surakarta pada tanggal 23 Mei 1991 itu agar selalu rendah hati dan tidak berkecil hati memiliki orang tua yang hanya berprofesi sebagai penjual somay keliling.

"Meski pernah mengalami kesulitan untuk memperoleh biaya untuk membiayai kuliah Yassaroh, berkat ketekunan dan doa kepada Yang Kuasa akhirnya saya bisa menguliahkan anak," ujar Bapak Miftahuddin. 

Semoga Bermanfaat. Itulah tadi segelintir informasi mengenai cerita kesuksesan anak penjual somay yang luar biasa, dengan beberapa keterbatasan mengenai dana dari orang tua, Dia bisa mempunyai semangat untuk belajar luar biasa, kita bisa lihat dari hasil belajar (rangking) saat SMP, SMA dan hingga ke jenjang kuliah pun dia masih juga semangat dan pantang menyerah. Semoga kisah tersebut bisa membuat kita semua lebih bersemangat lagi untuk bisa belajar dan mengenyam pendidikan setinggi mungkin.
loading...
Kisah Inspiratif: Penjual Somay Sukses Kuliahkan Anak sampai S3 ke Belanda Kisah Inspiratif: Penjual Somay Sukses Kuliahkan Anak sampai S3 ke Belanda Reviewed by Niko Arisandi on 15:37:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH SUKSES PNS...!

    AIDU TAUHID SE.SMi
    Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS bkn pusat jkt.
    hp: 0852 2636 4700

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS."Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer di sekolah dasar sidomulyo kec.sidorejo kab magetan.Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no telf bpk Aidu Tauhid se.msi yang bekerja di BKN pusat jkt Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala Direktur Pengadaan PNS yang di kenalnya di bkn pusat jakarta,dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk Verifikasi lansung di BKN pusat jkt., alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk AIDU TAUHID SE Msi no telp beliau yang selalu aktif 085226364700 siapa tau beliau masih mau membantu anda. wassalam

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.