Kisah Inspiratif, Anak Buruh Tani Lulus dengan IPK 3,90 di UNY


Kisah Inspiratif. Banyak sekali kisah inspiratif yang mungkin dapat menggugah hati nurani Anda sebagai siswa untuk tetap semangat belajar dan menggapai cita-cita demi sebuah kesuksesan. Tidak hanya bagi siswa saja, orang tua juga dapat memotivasi anak-anaknya supaya bisa belajar lebih giat lagi dan menjadi orang yang sukses, dengan menceritakan kisah-kisah inspiratif bagi anak-anaknya sebagai contoh atau perumpamaan bahwa orang yang berjuang keras pasti akan menuai hasilnya. 

Kisah inspiratif kali ini datang dari anak sebuah Buruh Tani yang berjuang keras supaya bisa Sekolah Setinggi mungkin dan menggapai cita-citanya sehingga bisa mengangkat kehidupan orang tua dan yang pastinya akan membanggakan kedua orang tuanya. Sorang anak perempuan yang berasal dari keluarga yang tergolong sederhana yaitu sebagai buruh tani, Titik Ulfatun, gadis yang akrab disapa Upik ini mampu menyelesaikan kuliah hingga mendapatkan gelar Sarjana dan Meraih IPK 3,90 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Fakultas ekonomi (FE). Simak kisah perjuangannya berikut ini;
Baca Juga: Gadis India Dengan IQ 162 dan Sejajar dengan Einstein
Dilahirkan sebagai anak seorang buruh tani, melanjutkan kuliah setelah lulus SMK awalnya hanya menjadi mimpi bagi Upik. Kala itu, usaha alumnus SMKN 2 Purworejo ini mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) juga tidak membuahkan hasil. Akhirnya, dia memilih untuk merantau ke Bekasi untuk menjadi buruh di sebuah pabrik plastik.

"Di sela saya bekerja di pabrik plastik itu, saya masih berkomunikasi dengan guru BK dan adik kelas. Sambil mempersiapkan SNMPTN jalur Tes Tertulis (kini bernama SBMPTN), saya mempelajari materi-materi yang sebagian besar merupakan kurikulum SMA. Saya pun akhirnya bisa lulus seleksi beasiswa Bidikmisi dan diterima di Prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY," tuturnya dinukil dari laman UNY, Jumat (5/2/2016).

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa, putri dari Ahmat Zaenudin dan Marsiyah ini berusaha memanfaatkan momentum tersebut untuk mengembangkan diri. Selain belajar dengan tekun, Upik juga aktif di berbagai kegiatan mahasiswa, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas Komunitas Riset dan Penalaran (UKMF KRISTAL) FE UNY.
Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Anak Muda perlu Bekerja sejak Bangku Sekolah
"Berbeda dengan saat sekolah yang waktu belajarnya sudah ditentukan secara pasti, kuliah jauh lebih fleksibel. Ada banyak waktu luang. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. Apalagi di luar sana banyak yang juga ingin merasakan bangku kuliah tetapi tidak bisa," ucap gadis yang bercita-cita sebagai guru ini.

Berkat kemampuannya, pada 2013 lulusan terbaik FE UNY periode Januari 2016 itu didapuk menjadi sekretaris 2 pada UKMF KRISTAL, dilanjutkan menjadi sekretaris 1 di tahun berikutnya. Saat memasuki tingkat akhir, yakni 2015, Upik kemudian dipilih menjadi ketua organisasi tersebut.

Itulah tadi kisah inspiratif yang menggugah mengenai perjuangan si Upik untuk dapat belajar hingga mendapatkan gelar Sarjana ,bahkan ia harus rela bekerja dahulu di sela-sela keputus asaan karena tidak diterima tes masuk perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, tetapi berkat niat dan tekat yang kuat, dan berani untuk mencoba lagi akhirnya diapun sekarang bisa menikmati hasil dari jerih payah yang selama ini dia perjuangkan. Sekian dan Terima kasih.
Kisah Inspiratif, Anak Buruh Tani Lulus dengan IPK 3,90 di UNY  Kisah Inspiratif, Anak Buruh Tani Lulus dengan IPK 3,90 di UNY Reviewed by Niko Arisandi on 17:53:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.