Kesalahan Belajar yang Sering dilakukan Siswa

Kesalahan belajar yang sering dilakukan siswa

Bangsaku.web.id - Kesalahan Belajar. Kesalahan belajar yang sering dilakukan siswa yaitu terlalu menganggap bahwa belajar itu hanya pada saat menjelang ujian, atau lebih parahnya jika hanya belajar semalam menjelang ujian sekolah. Banyak pelajar yang nilainya pas-pasan dan tidak memiliki prestasi di sekolah dikarenakan model belajarnya yang salah. Seharusnya untuk membantu kinerja otak dalam menyimpan materi pelajaran-pelajaran di sekolah, diharuskan belajar secara kontinue sedikit demi sedikit, tidak dikebut hanya dengan waktu 1 jam saja. 

Tujuan dari belajar sendiri adalah untuk menambah infoomasi dan pengetahuan kita mengenai pelajaran di sekolah dan mengenai hal-hal umum di sekitar kita. Dengan rutin belajar setiap hari, materi pelajaran di sekolah akan lebih mudah dimengerti . Jika belajar dilakukan menjelang ujian, maka materi yang dipelajari akan mudah terlupakan. Maka dari itu, coba kenali beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam proses belajar.

Begadang
Belajar dengan cara begadang sampai larut malam dengan target agar semua materi dapat terbaca dan terserap ini adalah merupakan kebiasaan yang salah dan seharusnya dihindari oleh para pelajar. Cobalah untuk meluangkan satu atau dua jam perhati untuk membaca dan mengulang materi pelajaran. Karena dengan cara ini materi akan lebih efektif terserap ke otak dan membuat kita mengingat materi pelajaran daripada memaksakan semua materi untuk masuk ke otak dalam waktu semalaman.
Gadget
Kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi saat ini adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan anak-anak tidak bisa fokus dalam belajar apabila tidak bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. rata-rata kebanyakan pelajar zaman sekarang sudah mempunyai smartphone pribadi dengan terkoneksi internet dan terhubung berbagai Sosial Media. Pemberitahuan-pemberitahuan di sosmed dan juga game-game di smartphone kita sangatlah menarik untuk dicoba dan dibuka. Jika kita tidak mematikan smartphone saat waktu belajar, maka konsentrasi kita akan terpecah.

SKS
Sistem Kebut Semalam (SKS) adalah salah satu cara belajar yang sangat salah dan tidak seharusnya dilakukan oleh seorang pelajar. Karena itu menunjukkan bahwa dirinya tidak disiplin waktu. Cara ini hanya akan membuat kita lelah dalam belajar, hanya beberapa persen materi saja yang dapat diingat.

Menghafal
Untuk beberapa materi pelajaran di sekolah, menghafal memang menjadi cara yang tepat. Namun sebaiknya, pastikan juga kamu memahami materi yang dihafal tersebut. Karena belajar dengan cara membaca dan memahami materi lebih efektif dari pada harus menghafal.
Baca Juga: Belajar dengan Buku versus Komputer 
Itulah tadi beberapa hal yang sering kali membuat seorang siswa kurang bisa berprestasi di sekolahannya. Kesalahan Belajar yang Sering dilakukan Siswa tersebut sudah sepatutnya mulai dihiindari dari sekarang, menang sulit untuk bisa langsung menerapkannya, namun sedikit-demi sedikit pasti lama-lama akan menjadi kebiasaan, dan kita bisa berprestasi. Selamat Mencoba, Semoga sukses....

Kesalahan Belajar yang Sering dilakukan Siswa Kesalahan Belajar yang Sering dilakukan Siswa Reviewed by Niko Arisandi on 01:17:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.