Kemristekdikti Berikan 3.339 Beasiswa


Bangsaku.web.id - Beasiswa Kemristek Dikti. Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) setiap tahunnya membuka pendaftaran untuk program beasiswa yang di tujukan bagi mahasiswa, tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan di berbagai kampus baik negeri maupun swasta di Indonesia. Tercatat di sepanjang tahun 2015 lalu, Kemristekdikti sudah memberikan beasiswa bagi 3.339 jenjang S-2 dan S-3 mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik di Indonesia. seperti yang dilansir di okezone. simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Penerima beasiswa pada tahun 2015 yang tergolong ke dalam beasiswa S-3 jauh lebih banyak dari mahasiswa S-2. Untuk mahasiswa S-3 tercatat sebanyak 2.276 mahasiswa, sedangkan untuk mahasiswa S-2 penerima beasiswa hanya sekitar 1.063 orang baik dari kalangan mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan yang dikuti data Kemristekdikti, senin (15/2/16).

Pada awal tahun 2016 ini, terdapat 209 dosen menjalankan studi dengan beasiswa dari Kemristekdikti, terdiri dari 76 dosen di jenjang S-2 dan 133 dosen di jenjang S-3. Sementara itu 1.594 dosen telah menyelesaikan pendidikan mereka melalui jalur beasiswa di gelombang I. Sementara di gelombang II, ada 302 dosen yang mendapatkan beasiswa, terdiri dari 70 beasiswa S-2 dan 250 beasiswa S-3. Sedangkan di gelombang III, terdapat 504 dosen yang sedang menjalani studi lanjut dengan beasiswa di dalam negeri. Mereka semua berasal dari Perguruan Tingi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). 

Selain dosen, tenaga pendidikan lainnya juga mendapat kesempatan program beasiswa tersebut. Pada gelombang I, terdapat 41 tenaga pendidik (Tendik) yang melanjutkan studi melalui beasiswa. Sedangkan gelombang II, terdapat 17 tendik yang berkesempatan meraih beasiswa melanjutkan pendidikan ke program Magister. Jumlah lebih sedikit ada di gelombang III, dengan hanya lima tendik yang mendapat beasiswa studi S-2.

Kemristekdikti juga memiliki program beasiswa khusus yang diperuntukkan bagi sarjana unggul untuk menjalani studi fast track menjadi doktor dalam waktu empat tahun. Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) ini menjangkau 336 sarjana pada gelombang I dan II.

Beasiswa Kemristekdikti juga diberikan untuk program Afirmasi Dosen S-1 ke S-2. Pada gelombang ke-3 ini, 19 dosen mengambil program magister. Selain itu, Kemristekdikti turut membuka kesempatan beasiswa bagi 152 dosen di perguruan tinggi negeri baru. Dari angka itu, 135 dosen mengambil studi magister, sedangkan 17 dosen lainnya menempuh program doktor.
Baca Juga: Informasi terbaru program Beasiswa yang dapat diikuti di tahun 2016
Beasiswa dalam negeri dalam program spesialis juga tersedia. Pada 2015 lalu, terdapat 22 dosen yang memanfaatkan beasiswa tersebut.

Beberapa Beasiswa dari Kemristekdikti, Mungkin bagi Anda yang berminat untuk mengikuti program beasiswa Kemristekdikti tahun ini, diantaranya adalah

1. Beasiswa BPPDN RISTEKDIKTI. adalah beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri yang merupakan beasiswa bagi mahasiswa S1 yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. Beasiswa ini diikuti oleh mahasiswa dari PTN maupun PTS swasta di Indonesia. Bagi Anda yang berminat bisa langsung mendaftar online di situs resminya di laman resminya beasiswa.dikti.go.id/bppdn/ dan jangan lupa untuk menyiapkan beberapa persyaratan yang diminta. 

2. Beasiswa BPPLN RISTEKDIKTI. adalah beasiswa pendidikan pascasarjana luar negeri yang diberikan untuk mahasiswa dan dosen untuk melanjutkan ke jenjang S2 dan S3 ke luar negeri. Pendaftaran secara online dapat dilakukan di laman beasiswa.dikti.goi.id/bppln/ dan jangan lupa juga untuk menyiapkan persyaratan yang diminta. Kemampuan bahasa inggris sangatlah perlu jika Anda ingin mendaftar program beasiswa ke luar negeri.

3. Beasiswa PKPI RISTEKDIKTI. Pendaftaran Peningkatan Kualitas Publik Internasional (PKPI) tahun 2016 diperuntukan bagi mahasiswa S3 pada pascasarjana penyelenggara BPPDN. Untuk mendaftar silahkan melengkapi form di laman beasiswa.dikti.go.id/pkpi/index.php/auth untuk melengkapi berkas yang dipersyaratkan. 

4. Beasiswa SM3T. adalah program non beasiswa untuk profesi guru khusus pendidikan. program ini diadakan dengan tujuan memberikan diklat bagi guru yang belum sertifikasi supaya menjadi tenaga pengajar yang profesional demi meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Pendaftaran secara online bisa dilakukan di laman seleksi.dikti.go.id/sm3t/ untuk program ini hanya dikhususkan bagi sarjana lulusan pendidikan atau S.Pd saja. 
Baca Juga: Kemristekdikti sediakan 60 ribu beasiswa Bidikmisi 2016
5. Beasiswa Bidikmisi RISTEKDIKTI. Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa S1 yang tergolong dari keluarga kurang mampu dan mempunyai prestasi yang bagus dibidang akademis. Penerima beasiswa akan ditanggung 100 persen biaya kuliah dan diberikan biaya tambahan untuk hidup selama kuliah. Pendaftaran online bisa di lihat di laman bidikmisi.dikti.go.id jika berminat harap membaca persyaratan dan tatacara pendaftarannya. 

Baca Juga: Tatacara dan Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi 2016

Kemristekdikti Berikan 3.339 Beasiswa Kemristekdikti Berikan  3.339 Beasiswa Reviewed by Niko Arisandi on 14:13:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.