Kampus Tertua di Dunia

University of Oxford di Inggris menjadi yang tertua di dunia. 
Bangsaku.web.id - Kampus Tertua di Dunia. Di zaman yang serba moder seperti sekarang ini, sudah banyak sekali kampus-kampus atau tempat kuliah dengan desain dan fasilitas yang mewah dan serba modern. Namun tahukah Anda, bahwa Ada beberapa kampus yang tergolong sudah tua di dunia ini. Di usia yang sudah tua, kualitas dan mutu kampuspun tentunya tidak kalah saing dengan kampus-kampus baru yang serba canggih dan modern. Bahkan kampus-kampus tua ini masih minimati oleh kebanyakan orang di belahan dunia manapun.

Universitas Tertua di dunia. Salah satu kampus paling tua di dunia, yaitu Universitas Oxford di Inggris. Tentunya Anda sudah tahu dan pernah mendengar nama Oxford, karena kampus ini cukup terkenal di seluruh dunia, bukan hanya terkenal saja, kampus ini telah menelurkan banyak tokoh-tokoh dunia seperti Presiden Amerika Serikat yang sekarnag yaitu Barack Obama. Universitas yang berdiri sejak tahun 1096 ini selalu masuk dalam jajaran kampus top dunia. 
Masih ada kampus-kampus yang tua lainnya di dunia ini, berikut ini ada daftar 10 kampus tertua di dunia, seperti yang dirilis oleh timeshighereducation, kamis (18/2/16). Direktur Bagian Data dan Analisis timeshighereducation, Duncan Ross menyatakan bahwa daftar tersebut menunjukkan institusi mereka tetap dijaga dengan menjauhkan sistem universitas yang modern. 

Berikut ini adalah daftar 10 kampus yang paling tua di dunia.

1. University of Oxford - Inggris, Berdiri tahun 1096. Kampus yang didirikan pada 1096 ini menjadi rumah bagi 19.791 mahasiswa yang 6.908 di antaranya merupakan mahasiswa internasional, dan 6.221 staf. Pendidikan dan riset di Oxford terkenal unggul di berbagai bidang, termasuk Geografi serta Seni dan Humaniora.

2. University of Cambridge - Inggris, berdiri tahun 1209. Cambrigde menjadi kampus yang penuh dengan sejarah. Cambridge kini menampung 18.977 mahasiswa dengan proporsi mahasiswa internasional mencapai 6.625 orang. Selain itu, dari 5.084 staf, 2.074 di antaranya adalah staf internasional. Kampus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas riset unggulan dan museum dengan jutaan koleksi.
3. University of Edinburgh - Inggris, berdiri tahun 1583. kualitas pendidikan kampus ini meningkat seiring usia hingga menarik puluhan ribu mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di sana. Saat ini tercatat 25.569 mahasiswa aktif yang 9.517 di antaranya berasal dari berbagai negara. Mereka bisa beraktivitas di lebih dari 260 perkumpulan mahasiswa, 65 klub olahraga serta menikmati koleksi lima galeri dan musium atau 30 perpustakaan.

4. Ludwig Maximilians Universitat (LMU) Muchen - Jerman, berdiri 1472. Lebih dari 500 tahun lamanya kampus ini menjadi pusat penelitian di Eropa. Selain kuat dalam bidang penelitian, LMU juga memiliki sistem pendidikan elite sehingga menjadikannya pilihan berbagai mahasiswa di seluruh dunia. Saat ini terdapat 36.024 mahasiswa, termasuk 4.601 mahasiswa asing yang mengenyam pendidikan di kampus tersebut. Mereka tersebar di 18 fakultas dan mempelajari lebih dari 150 bidang ilmu.

5. Katholieke Universiteit (KU) Leuven, Belgia - Didirikan sejak 1425, kampus ini sekarang menjadi almamater bagi 51.949 mahasiswa dengan 6.858 mahasiswa asing. Mereka dibantu 2.360 staf, termasuk pekerja dari berbagai negara. Salah satu pendiri Liga Universitas Riset di Eropa (LERU) ini menawarkan pendidikan dengan pendekatan inovatif dan interdisiplin.

6. Heidelberg University, berdiri tahun  1386

7. Leiden University, berdiri tahun 1575

8. University of Gronigen, tahun berdiri 1614

9. University of Glasgow, tahun berdiri 1451

10. University of Tubingen, tahun berdiri 1477

Itulah tadi daftar 10 kampus yang tergolong paling tua di dunia ini dan sampai sekarang mereka masih tetap menjaga kualitas dan mutu pendidikannya sehingga masih dipercaya oleh masyarakat di seluruh dunia dan di negaranya sendiri.
loading...
Kampus Tertua di Dunia Kampus Tertua di Dunia Reviewed by Niko Arisandi on 18:50:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.