Ciri-ciri guru yang profesional

Ciri Guru Profesional

Bangsaku.web.id - Ciri-ciri Guru Profesional. Guru adalah seseorang yang menjadi panutan bagi siswa, bagaimanapun tingkah laku guru pasti akan ditiru oleh murid-muridnya. Ada pepatah jawa yang mengatakan bahwa "guru iku digugu lan ditiru", artinya adalah bahwa perkataan dari guru itu akan diikuti oleh murid-muridnya dan setiap tindak-tanduknya akan diikuti juga oleh muridnya. Seorang guru juga mendapat julukan pahlawan tanpa tanda jasa, karena berkat kesabaran dan kegigihannya mendidik siswa, sehingga bisa menjadi orang yang berhasil.

Kualitas guru yang bagus sangatlah diperlukan untuk membantu program pemerintah dalam membangun bangsa yang bermatabat dan kokoh. Memiliki seorang guru yang profesional dalam mengajar adalah sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh tiap sekolah. Seiring berjalannya waktu, jumlah guru di Indonesia yang mendapatkan upah/penghasilan yang kurang sesuai sangatlah banyak, karena tidak semua guru berstatus sebagai PNS, namun hal tersebut bukanlah hal yang seharusnya membuat kualitas mengajar seorang guru menjadi menurun. Seorang guru profesional memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


Keikhlasan
Apabila Anda adalah seorang guru, sudahkah Anda mengajar murid-murid Anda dengan ikhlas? ikhlas yang dimaksud adalah bahwa Anda sudah memberikan ilmu kepada murid dengan sepenuhnya, tanpa ada rasa bahwa ilmunya akan disaingi oleh muridnya. Seorang guru yang profesional adalah guru yang menyadari tugas dan fungsinya sebagai seorang guru, tidak memandang upah yang diterima dalam mengajarkan ilmunya ke siswa. Selalu memberikan yang terbaik untuk muridnya. 

Kesabaran 
Tidak semua siswa mempunyai kualitas yang sama dalam menerima pelajaran yang diajarkan oleh seorang guru, maka dari itu kesabaran adalah kunci sukses seseorang guru dalam mendidik siswanya. Seorang guru harus mempunyai sebuah keyakinan bahwa kelak siswanya dapat menjadi seseorang yang sukses, meskipun siswa tersebut tergolong nakal. Kesuksesan dapat diraih dari berbagai bidang, mungkin siswa kita kurang bisa tentang pelajaran yang kita ajarkan, namun dia di bidang keahlian lain dia sangat menguasai. Maka dari itu, sebagai seorang guru harus tetap sabar mengajari siswanya. 

Mengajarkan sesuatu yang bermanfaat
Selain menjelaskan tentang materi yang diajarkan, seorang guru yang profesional dapat menjelaskan manfaat-manfaat yang diambil dari pelajaran yang diperoleh pada hari itu. Jika materi yang dijelaskan kurang ada hubungannya dengan kehidupan di lingkungan sekitar, maka seorang guru yang profesional dapat menambahkan ilmu-ilmu lain yang bermanfaat yang dapat berguna bagi siswa untuk kehidupan kedepannya kelak. 

Mempunyai tujuan yang jelas
Sebelum mengajarkan mengenai materi, ada baiknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari pembelajaran, supaya siswa dapat memahami manfaat yang diperoleh dan akhirnya tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Seorang guru yang profesional dapat menetapkan tujuan dari setiap pembelajarannya secara jelas. 

Memiliki keterampilan dalam mendidik siswa agar disiplin
Seorang guru yang profesional dapat mengendalikan siswanya supaya disiplin dalam mengikuti proses belajar mengajar. Ia mampu membuat suasana kelas yang gaduh menjadi terfokus pada pembelajaran, apabila materi yang diajarkan kurang menarik, ia mampu membuat sebuah inovasi yang membuat siswa menjadi tertarik mengikuti setiap pelajarannya.

Di zaman yang serba modern, guru profesional juga dituntut supaya dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan teknologi dalam mengajar, seperti menggunakan laptop dan viewer(LCD proyektor) supaya lebih mudah dalam penyampaian materi dan siswa juga lebih tertarik untuk mengikuti pelajarannya. 
Baca Juga: Guru ini mengajar pakai Wayang dan lagu Noah
Mampu berkomunikasi dengan siswanya
Seorang guru yang profesional dapat berkomunikasi secara baik dengan siswanya. Ia dapat menyampaikan dengan jelas setiap materi pelajaran, apabila ada siswanya yang kelihatan masih kebingungan, coba ditanya kembali dan dijelaskan secara personal, karena daya terima/serap setiap siswa berbeda-beda. 

Memahami siswanya dan menjalin hubungan yang baik 
Seorang guru yang profesional dapat memahami karakteristik cara belajar setiap siswanya. Jadi, dengan mengetahui karakteristiknya Ia dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap siswa, sehingga dapat menemukan jalan keluar setiap permasalahan dalam belajar yang ada pada siswanya. 

Menguasai materi yang diajarkan
Seorang guru yang profesional adalah guru yang terus mengupdate ilmunya, terus belajar supaya lebih mudah dalam mengajarkan, menemukan ide-ide atau cara khusus dalam mentransfer ilmu kepada siswanya. 
loading...
Ciri-ciri guru yang profesional  Ciri-ciri guru yang profesional Reviewed by Niko Arisandi on 07:39:00 Rating: 5

2 comments:

  1. INI KISAH SAYA (100% NYATA) : Nama saya Listina Yuneva dan 4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil itu semua Berkat Bpk AIDU TAUHID.MM.(Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta..Saya awalnya tidak percaya,tapi setelah saya coba menhubungi Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. dengan No.tlp: 082292299544.. akhirnya saya bisa lulus CPNS 2015. Berjubelnya peserta tes sempat membuat hati saya ciut ketika itu.

    Alhamdulillah berkat Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. yang banyak membantu saya, saya sekarang lulus CPNS dan SK saya akhirnya bisa keluar,itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. no HP Beliau: 082292299544 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.

    Saya berharap untuk ke depannya semakin banyak lagi yang bisa lulus dengan bantuan Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. . Selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete
  2. KISAH SUKSES PNS...!

    AIDU TAUHID SE.SMi
    Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS bkn pusat jkt.
    hp: 0852 2636 4700

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS."Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer di sekolah dasar sidomulyo kec.sidorejo kab magetan.Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no telf bpk Aidu Tauhid se.msi yang bekerja di BKN pusat jkt Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala Direktur Pengadaan PNS yang di kenalnya di bkn pusat jakarta,dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk Verifikasi lansung di BKN pusat jkt., alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk AIDU TAUHID SE Msi no telp beliau yang selalu aktif 085226364700 siapa tau beliau masih mau membantu anda. wassalam

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.