Beberapa Pertimbangan Sebelum Kuliah sambil Kerja

Pertimbangan Kuliah sambil Kerja

Bangsaku.web.id - Pertimbangan Sebelum Kuliah sambil Kerja. Banyak mahasiswa dan calon mahasiswa yang punya keinginan untuk bisa Kuliah sambil Kerja setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan. Padahal sebenarnya kuliah sambil kerja sangat menuntut mahasiswa untuk bisa mengatur waktu belajar dengan waktu bekerja, dan penuh perjuangan ekstra untuk mendapatkan nilai atau prestasi yang bagus di tempat kuliah, karena fokus utama untuk kuliah sudah terpecah menjadi dua. 

Bisa kuliah sambil bekerja merupakan kepuasan tersendiri bagi mahasiswa, karena selain mereka mendapatkan ilmu dari kuliah, pengalaman di dunia kerja juga diperolehnya pada saat bekerja. Pengalmaan kerja sangatlah dibutuhkan ketika seorang mahasiswa lulus dan mencari kerja di perusahaan idamannya. Namun, kuliah sambil kerja juga bisa membuat mahasiswa keteteran kuliahnya. Oleh karena itu, supaya para mahasiswa dapat mengoptimalkan waktu dan tetap berprestasi walaupun mereka menjalani kuliah sambil bekerja dibutuhkan beberapa pertimbangan matang sebelum menjalani dua kegiatan berat tersebut. Diantaranya adalah:
Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Anak Muda perlu Bekerja sejak di Bangku Sekolah

Jenis Pekerjaan
Jenis Pekerjaan ini sangatlah penting untuk karir Anda kedepan, karena jika jenis pekerjaan yang Anda tempuh sambil kuliah adalah pekerjaan yang sesuai atau ada hubungannya dengan jurusan kuliah Anda, Maka hal tersebut akan memberikan pengalaman yang penting untuk masa depan Anda dalam mencari pekerjaan yang sesungguhnya. Namun, misalnya tidak ada lagi pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah Anda, pekerjaan tersebut sebagai pengalaman Anda pernah merasakan dunia kerja.

Misalnya, sebagai contoh, Anda adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatik, pekerjaan sampingan yang cocok adalah pekerjaan part time di sebuah pertokoan komputer yang juga membuka servis komputer atau barang-barang elektronik lainnya. Dengan seperti itu, Anda akan mendapatkan penghasilan sekaligus pengalaman. Pengalaman kerja tersebut menjadi penting ketika ada mencari kerja yang sesungguhnya di masa mendatang

Waktu Bekerja
Pengaturan waktu bagi seorang mahasiswa yang juga sambil kerja merupakan hal yang sangat pengting, karena jika Anda terlalu capek bekerja dan sehingga tidak bisa konsen untuk kuliah, maka kuliah Anda akan terkorbankan, dan hal tersebut seharusnya dihindari karena fokus utama adalah kuliah. 

Misalnya, jika Anda banyak waktu kuliah di pagi hari, maka waktu yang cocok untuk bekerja adalah di malam hari. Hindari pekerjaan part time ataupun freelance di sela-sela kuliah Anda, karena hal tersebut akan sangat mengganggu konsentrasi kuliah Anda. 

Lokasi Tempat Kerja
Pilihlah lokasi tempat kerja yang sekiranya tidak terlalu jauh dengan Kampus. Karena jika lokasinya terlalu jauh, maka tenaga Anda akan terkuras dan banyak waktu yang terbuang. 

Selain itu, biasanya jika lokasi tempat kerja Anda dekat dengan Kampus, Pemilik Usaha atau Bos akan lebih mengerti Anda sebagai mahasiswa yang bekerja. Jika ada sesuatu di Kampus, Bos akan lebih mengerti Anda. Dengan begitu, kuliah dan pekerjaan anda akan dapat dijalani dengan aman dan lancar. 

Managemen Waktu 
Pada saat kuliah sambil kerja, hal yang perlu diperhatikan adalah pengaturan waktu, karena jika tidak pandai-pandai mengatur waktu, kuliah Anda bisa saja tertinggal dan tidak lulus. Di sela-sela bekerja, Anda harus berusaha bagaimana caranya untuk dapat belajar dan sedikit mengingat pelajaran yang dibahas di kampus. Karena waktu belajar Anda akan terpotong untuk bekerja. 

Istirahat Sejenak
Menjalani dua aktiviatas sebagai mahasiswa dan bekerja tidaklah mudah, dibutuhkan tenaga dan pikiran yang ekstra. Sering kali perasaan jenuh dan capek menghinggapi mahasiswa yang juga bekerja. Maka dari itu, beristirahatlah sejenak jika ada waktu senggang.

Jangan pernah memaksakan badan/tubuh Anda untuk bekerja dan belajar terus-menerus, sesekali luangkan waktu untuk berlibur dan sekedar beristirahat di rumah untuk membuat badan Anda sehat dan fresh, sehingga dapat bersemangat menjalani hari-hari selanjutnya. 
Beberapa Pertimbangan Sebelum Kuliah sambil Kerja Beberapa Pertimbangan Sebelum Kuliah sambil Kerja Reviewed by Niko Arisandi on 23:40:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.