4.000 Sekolah Melaksanakan UN Berbasis Komputer


Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah ujian nasional dengan menggunakan komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak (software) yang khusus dikembangkan untuk Ujian Nasional dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis. UNBK Tahun 2016 ini merupakan perluasan dari UNBK rintisan pada tahun 2015 kemarin. UNBK ini dilaksanakan untuk Ujian Nasional dan Ujian Nasional Perbaikan. 

Sekolah yang melaksanakan UNBK adalah sekolah yang sudah memenuhi syarat-syarat sebagai tempat UNBK, dan untuk Tahun 2016 ini bagi sekolah yang terakreditasi A harus melaksanakan UNBK. 
Baca Juga: Seputar Pelaksanaan Ujian Nasional 2016
Manfaat dari dilaksanakan UN Berbasis Komputer dibandingkan dengan UNPBT adalah 
  • Kemungkinan terjadi keterlambatan soal menjadi lebih kecil, soal tidak bisa tertukar dan sudah tidak ada lagi ketidak jelasan hasil cetak soal
  • Tidak ada kerumitan pengumpulan Lembar Jawaban UN
  • Hasil UN bisa diumumkan lebih cepat, sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk masuk ke dunia kerja.
  • Memudahkan dalam pengamanan dan penyediaan logistik
Pada Tahun 2016 ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengungkapkan bahwa tahun 2015 kemarin baru 500-an sekolah percontohan saja yang melaksanakan UNBK, namun tahun ini ada sekitar 4.468 sekolah yang akan menggelar ujian nasional berbasis komputer tersebut dan jumlah tersebut ada kemungkinan bertambah. 

UNBK akan berlangsug di 1.030 SMP, 1.324 SMA/MA dan 2.114 SMK. Dan perkiraan peserta yang akan mengikuti UNBK Tahun 2016 ini adalah sekitr 929.036 siswa peserta Ujian Nasional.
Baca Juga: Pendaftaran Peserta Ujian Nasional Melalui Dapodik
Mendikbud juga menambahkan bahwa sejak 2015 yang lalu, sekolah-sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional mendapatkan dua komponen laporan, yaitu akademik dan integritas. Mendikbud berharap, melalui laporan tersebut, revolusi mental dalam dunia pendidian dapat diwujudkan, dimana aspek yang paling penting dan mendasar adalah kejujuran. 

Dengan dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini diharapkan sekolah-sekolah yang indeks integritasnya masih rendah bisa didorong untuk naik pada tahun ini. Dengan kesempatan mencontek dan berbuat curang yang kecil dalam Ujian Nasional akan membuat peserta didik lebih berusaha keras untuk mempersiapkan UN dan integritas sekolahpun juga akan ikut naik.
loading...
4.000 Sekolah Melaksanakan UN Berbasis Komputer 4.000 Sekolah Melaksanakan UN Berbasis Komputer Reviewed by Niko Arisandi on 04:42:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.