TIPS Meningkatkan Kecerdasan Otak Kita

Meningkatkan Kecerdasan Otak. Informasi dari bangsaku.web.id kali ini adalah mengenai Tips meningkatkan kecerdasan otak. Di dunia ini tidak ada orang yang bodoh, yang ada adalah orang yang malas, mereka tidak menggunakan otaknya dengan sebaik mungkin. Otak merupakan pusat kontrol yang mengendalikan hidup kita. Otaklah yang menentukan bagaimana cara kita berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika kita ingin mengeluarkan potensi diri semaksimal mungkin. Dengan melatih otak kita, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensia atau kepikunan. Ingin tahu bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mencerdaskan otak kita? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda kalian coba;

Membaca buku

1. Membaca
Membaca dapat melenturkan otot-otot otak dan membantu meningkatkan konsentrasi dan melatih otak sehingga dapat menunda timbulnya demensia atau kepikunan. Dengan membaca orang bisa mengerti mengenai beberapa hal, pengetahuannya luas dan memiliki pandangan yang besar. Jadi, usahakanlah setiap hari kalian membaca sesuatu hal, untuk menambah pengetahuan dalam otak kalian.

2. Mengaktifkan Kedua Belah Tangan
Lakukan tugas dengan tangan non-dominan atau dengan tangan kiri. Jika biasanya dominan menggunakan tangan kanan, maka gunakanlah tangan kiri, dan sebaliknya.


3. Belajar Bahasa Asing
Pelajari bahasa Asing yang tidak sering digunakan oleh orang sekitar kita, misalnya bahasa inggris, atau yang lebih asing lagi yaitu bahasa mandarin, spanyol, prancis, thailand dan lain sebagainya. Penggunaan beberapa bahasa asing dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

4. Ubah Rutinitas
Ubahlah rutinitas atau kegiatan sehari-hari yang sering kalian lakukan, misalnya jika bangun tidur kalian langsung mandi dan berangkat ke sekolah atau bekerja, coba ubah kebiasaan itu menjadi setelah bangun langsung membersihkan kamar mandi, sarapan pagi, mandi kemudian berangkat beraktifitas. Dengan mengubah rutinitas dan pola hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif.

5. Latihan Fisik
Gerakkanlah tubuhnya seaktif mungkin, Latihan fisik dapat meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan perhatian, penalaran, dan memori. Misalnya olahraga lari, sel-sel tubuh ynag diaktifkan dengan olahraga lari akan mentransfer zat-zat molekul yang membuat saraf-saraf baru dan jaringan di otak, sehingga membuat seseorang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.
6. Hidup Sosial 
Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial kita, misalnya dengan mengunjungi teman dan berinteraksi dengan orang lain. Jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

7. Menikmati Musik
Biar hidup kita tidak sepi dan jenuh, hiburan seperti musik sangatlah perlu untuk membuat perasaan kita menjadi baik. Misalnya jika perasaan seseorang lagi kalut dan sedih, dengan mendengarkan musik-musik yang gembira akan membuat seseorang menjadi ikut gembira mengikuti irama dari musik tadi. Selain mendengarkan musik dan belajar memainkan instrumen musik, para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indra sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.


8. Bermain Puzzle atau Teka Teki Silang
Bermain puzzle dan teka-teki silang bukanlah untuk anak kecil saja, namun ada juga Puzzle dan teka-teki silang yang kebanyakan untuk orang dewasa. Banyak sekali game pada Handphone dan komputer yang tertema Puzzle dan Teka-teki silang. Teka teki silang, puzzle, tebak kata, dan jenis puzzle lainnya dapat melatik otak khususnya otak kiri sehingga otak tetap aktif. 

9. Bermain Permainan Strategi
Permainan Strategi dalam dunia nyata adalah seperti catur, monopoli. Dalam dunia maya banyak sekali game atau permainan yang mengandalkkan strategi untuk memenangkannya. Game mengenai strategi tersebut akan menggunakan otak kanan kita dan dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif

10. Mencari Hobi Baru
Hobi adalah kegiatan yang jika dilakukan akan menimbulkan perasaan senang dan memicu kita untuk melakukannya sesering mungkin. Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.
loading...
TIPS Meningkatkan Kecerdasan Otak Kita TIPS Meningkatkan Kecerdasan Otak Kita Reviewed by Niko Arisandi on 01:19:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.