Tips Mengirim Lamaran Kerja via E-Mail

Mengirim Email lamaran pekerjaan

Lamaran Kerja Via E-Mail. Jaman sudah maju, berbeda dengan 10 tahun yang lalu, untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan, seseorang harus rutin membeli majalah harian atau lebih dikenal dengan koran, karena di situ terdapat beberapa lowongan pekerjaan mulai dari tingkat daerah, Provinsi hingga Ibu Kota. Lain dulu lain sekarang, petatah itu memang benar adanya, sekarang semuanya serba canggih, kemajuan teknologi di bidang Informasi semakin berkembang pesat, untuk mencari lowongan pekerjaan saja tidak perlu susah-susah harus ke luar rumah, tinggal buka handphone atau laptop di rumah, informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia di seluruh Indonesia bahkan di Dunia bisa di dapatkan dalam waktu sekejap, untuk melamar pekerjaan pun juga tidak perlu membuat surat lamaran dengan cara ditulis di kertas dengan huruf tegak bersambung, tinggal mengisi form biodata, mengupload lampiran data yang diperlukan, kemudian tinggal menunggu konfirmasi beberapa hari kemudian, apakah diterima atau tidak.

Namun demikian, tidak semua pelamar via online atau e-mail bisa dengan mudah lolos ke tahap berikutnya atau di panggil untuk wawancara, Ada beberapa tips yang diperlukan untuk melamar pekerjaan dengan cara mengirim surat lamaran via e-mail, Perhatikan hal berikut ini;

Persyaratan Kerja
Apabila pelamar diberi kesempatan untuk mengirimkan lamarannya via e-mail, yang harus diperhatikan pertama yaitu adalah persyaratan yang dinginkan oleh perusahaan. Persiapkanlah semua persyaratan yang dibutuhkan, siapkan semua dokumen yang dibutuhkan ke dalam bentuk file elektronik, atau dengan cara discan dalam bentuk file .pdf atau dalam bentuk format gambar (.jpg). Karena jika syarat-syarat yang dibutuhkan kurang, maka kesempatan untuk lolos atau dipanggil untuk proses selanjutnya adalah kecl.

Format Data
Pada saat membaca lowongan pekerjaan, perhatikan betul format seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan dalam mengirimkan file surat lamaran beserta persyaratan lainnya. Karena ada beberapa perusahaan yang menginginkan semua dokumen lamaran kerja, mulai dari surat lamaran, CV dan dokumen pendukung lainnya digabung menjadi satu ke dalam bentuk file PDF. Ada juga perusahaan yang menginginkan lamaran kerja yang dikirim filenya sendiri-sendiri, antara surat lamaran, CV, dan berkas pendukung lainnya. Untuk format paling aman, anda bisa menggunakan satu file PDF saja, karena resiko file lain tidak terunggah adalah kecil.

Baca Juga:
Identitas
Jangan lupa untuk menambahkan file dari kartu identitas Anda ke dalam surat lamaran, hasil scan KTP sangatlah pengting. Selain itu sebelum menggunggah berkas lamaran kerja sebagai lampiran e-mail, jangan lupa untuk memberikan nama yang benar. Misalnya file surat lamaran diberi nama "Surat Lamaran Nama_pelamar.pdf" dan lain sebagainya.

Body Text atau Attachment?
Surat lamaran kerja bisa Anda tulis di halaman penulisan e-mail atau di body text email dan mengirim dokumen pendukung dengan cara melampirkannya, atau sebagai attachment(lampiran). Namun jika Anda ingin mengirim semua berkasnya sebagai attachmen(lampiran), jangan lupa untuk menulis pesan singkat di halaman penulisan atau body text e-mail. Yang perlu Anda hati-hati adalah Jangan sampai Anda mengirimkan e-mail kosong, atau lupa untuk melampirkan berkas pendukung. 

Judul
Sebelum menulis surat lamaran pada halaman penulisan di e-mail atau melampirkan file pendukung, disarankan untuk menulis judul e-mail terlebih dahulu, untuk menghindari kesalahan (email dikirim tanpa judul). Intinya jangan lupa untuk menulis judul yang tepat, Misalnya: Lamaran Kerja untuk Posisi Staff Administrasi. Penulisan Judul harus jelas, supaya mudah dikenali dan meminimalisasi e-mail Anda masuk kotak Junk atau Spam.

Itulah tadi beberapa Tips yang bisa digunakan untuk mengirimkan lamaran kerja via-email. Jangan lupa untuk tetap semangat berusaha dan jangan sampai menyerah sebelum mendapatkan pekerjaan. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil. 

loading...
Tips Mengirim Lamaran Kerja via E-Mail Tips Mengirim Lamaran Kerja via E-Mail Reviewed by Niko Arisandi on 20:52:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.