SBMPTN 2016 Menggunakan Komputer

Informasi SBMTPN 2016 - Tahun ajaran 2015/2016 sudah mendekati masa akhir, sudah waktunya bagi siswa Kelas XII yang akan lulus untuk mempersiapkan dirinya dalam menghadapi berbagai proses seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta Top di Indonesia. Proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia biasanya dibagi menjadi 2, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan TInggi Negeri (SNMPTN) alias jalur Undangan dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau lebih dikenal dengan Jalur Ujian Tulis. Pada Tahun 2016 ini pemerintah akan mengadakan SBMPTN yang berbasis komputer yaitu leblih dikenal dengan sebutan sistem Computer Base Test (CBT) seperti yang dipakai pada Ujian Nasional (UN).

SBMPTN 2016 Berbasis Komputer

Baca Juga:
Meskipun pemerintah mempunyai rencana bahwa SBMPTN akan menggunakan sistem Komputer, Ujian Tulis dengan kertas atau yang lebih dikenal dengan Sistem Paper Based Test (PBT) sendiri masih akan dipakai. Namun, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Herry Suhardiyanto menjelaskan, CBT merupakan metode yang bisa membantu proses seleksi supaya lebih efektif.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir memaparkan, tes berbasis komputer merupakan salah satu pembaruan dari proses seleksi masuk PTN. Dia menegaskan, pelaksanaan SBMPTN CBT akan menyesuaikan dengan infrastruktur yang tersedia.

"Akan mencoba pada PTN yang memang infrastrukturnya memadai dan layak. Apalagi dalam CBT keamanan data sangat penting," ucapnya.

Guna mengatasi masalah jaringan yang sering dihadapi pada ujian online, mantan rektor terpilih Universitas Dipenogori (Undip) ini mengklaim, sudah mengantisipasi melalui kerjasama dengan PT Telkom.

16 Kampus  SBMPTN Berbasis Komputer - Menurut Ketua Umum Panitia SBMPTN 2016, Rochmat Wahab, pihaknya sudah mendata Perguruan TInggi Negeri (PTN) yang siap menerapkan SBMPTN berbasis Komputer. Kurang lebihnya ada sekitar 16 Kampus, tetapi masih akan di-review dulu, jadi nanti pada waktu pelaksanaanya bisa bertambah bahkan bisa juga berkurang jumlahnya.

Jadwal SBMPTN 2016 - SBMPTN sendiri akan dijadwalkan pada tanggal 31 Mei 2016. Pada tanggal yang sama, peserta SNMPTN 2016, alias jalur undangan, yang lulus seleksi wajib datang ke kampus penerima untuk melakukan verifikasi fisik.Dalam acara peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2016 juga terungkap, calon peserta SBMPTN 2016 harus menyiapkan dana lebih besar untuk biaya pendaftaran. Pasalnya, panitia menetapkan kenaikan 100 persen dari biaya pendaftaran SBMPTN tahun sebelumnya."Biaya pendaftaran SBMPTN naik dari Rp100 ribu menjadi Rp200 ribu memang karena kebutuhan penyelenggaran SBMPTN meningkat. Bukan karena anggaran terbatas, tapi memang subsidi dikurangi supaya masyarakat juga berkontribusi," ucap Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir.
SBMPTN 2016 Menggunakan Komputer SBMPTN 2016 Menggunakan Komputer Reviewed by Niko Arisandi on 19:21:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.