Rekrutmen CPNS 2016 Diperketat

CPNS diperketat

Jember - Perekrutan Pegawai Negeri Sipil bakal diperketat sampai ke daerah. Pemerintah akan memberantas pendaftaran CPNS melalui orang ketiga. sogokan atau korupsi, kolusi, nepotisme. Itu disampaikan Prof. Dr. Yuddy Chrisnandy, Meneteri PAN-RB di sela-sela kuliah umum di Gedung Soetarjo Universitas Jember 13/1/2016. "Jika ada yag merasa dirugikan dengan rekrutmen CPNS, silahkan dilaporakan ke pusat. Karena kalaupun ada, itu pasti ditipu",kata Yuddy Chrisnandi usai menjadi pemateri kuliah umum di Gedung Soetardjo Unej. Menurut dia, jalur khusus untuk menjadikan PNS sudah tidak ada lagi. Sebab, sistemnya diperketat saat ini.

Dia Menambahkan, yang menentukan menjadi PNS bukan kepala daerah. Tapi pelaksanaanya KemenPAN-RB dan teknisnya dilaksanakan BKN. "Misal ada pengajuan yang sudah lengkap,kami kirimkan verifikator, inspektorat dan dicek satu per satu, untuk memastikan rekrutmen tidak ada KKN", ujarnya.

Baca Juga:

Begitu juga dalam penentuan pejabat atau pemindahan yang sudah sangat ketat. Yakni mengedepankan kompetensi dan profesionalistas. karena reformasi birokrasi merupakan kebutuhan yang akan memunculkan akuntabilitas, dan arah yang jelas dalam menjalankan tugas.

Reformasi birokrasi, kata dia, akan meningkatkan kualitas SDM lebih baik. Memiliki daya saing dan akan menentukan nilai tambah ekonomi. Karena negara yang kuat adalah negara yang mampu secara ekonomi. "Untuk itu, awalnya harus dari tata kelola pemerintahan", jelasnya.

Dia menjelaskan, negara ranking satu dalam reformasi birokrasi yang baik adalah Swedia. Kemudian Singapore dan Negara Eropa lainnya yang terbukti dengan indeks prestasi yang rendah. 

Yuddy menerangkan reformasi birokrasi diimplementasikan dalam tiga tahapan yang rencananya akan dilaksanakan sampai tahun 2024. Pertama dimulai tahun 1999, yang ditandai dengan usaha mewujudkan penyelenggara negara bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Tahapan kedua adalah berdasarkan peraturan, yang dilaksanakan mulai tahun 2004 sampai dengan tahun 2014.

Kemudian tahapan birokrasi berbasis kompetensi yang dijalankan hingga tahun 2024. "Reformasibirokrasi ditandai dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 mengenai penyelenggara negara yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)", terangnya.

Sedangkan tahapan kedua ditandai dengan birokrasi yang diisi dengan meluluskan praktik-praktik birokrasi yang tidak sesuai atuaran. Tahapan ketiga ditandai dengan lahirnya Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 mengenai Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Pemerintah menginginkan birokrasi yang berbasiskan pada kompetensi. sehingga perlu ada standar kompetensi bagi aparatur Negara, maka lahirlah Undang-Undang ASN", kata Yuddy Chrisnandy. diambil dari Radar Jember (14/1/2016)
loading...
Rekrutmen CPNS 2016 Diperketat Rekrutmen CPNS 2016 Diperketat Reviewed by Niko Arisandi on 18:20:00 Rating: 5

2 comments:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk BAMBANG HARI SAMASTO,SH No Hp
    0813.4354.5355

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk BAMBANG HARI SAMASTO,SH beliau selaku (Direktur status dan kedudukan kepegawaian)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk BAMBANG HARI SAMASTO no HP Beliau: 0813-4354-5355 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk BAMBANG HARI SAMASTO,SH Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete
  2. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.