PROSES SELEKSI KARYAWAN

Proses Seleksi Karyawan –  Proses Seleksi Karyawan. Pada kesempatan kali ini, tim bangsaku ingin membagikan informasi mengenai seputar kegiatan-kegiatan apa saja yang ada pada saat proses seleksi karyawan di sebuah perusahaan. Informasi ini didapatkan dari berbagai pengalaman ketika ada di bangku kuliah dan dipadukan dengan informasi yang didapat saat mencari kerja dan sampai saat ini admin sudah berpengalaman kurang lebih 6 tahun dalam bekerja di sebuah perusahaan. Di dalam proses bekerja tersebut admin juga selalu mengamati proses seleksi karyawan masuk ke sebuah perusahaan. Berikut ini adalah proses seleksi karyawan mulai dari menemukan lowongan pekerjaan sampai bekerja di suatu perusahaan.

Proses Mencari Kerja

LAMARAN PEKERJAAN 

Proses mencari kerja diawali dengan cara calon pelamar kerja mengirimkan lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan.
  • Surat Lamaran. Pada saat melamar kerja disebuah perusahaan, calon tenaga kerja membuat surat lamaran yang berisi tentang permohonan untuk dapat diterima pada perusahaan tersebut,.
  • Cuririculum Vitae (Biodata Diri). Selain informasi mengenai permohonan untuk dapat diterima di perusahaan tersebut, Pelamar juga mencantumkan biodata mengenai data dirinya, informasi tersebut digunakan oleh pihak pelamar sebagai data pelengkap mengenai dirinya, tujuannya yaitu dengan melihat data dirinya diharapkan pihak perusahaan menjadi lebih yakin terhadap pelamar, karena mempunyai pribadi yang sesuai dengan perusahaan.
  • Sertifikat Keterampilan. Sertifikat keterampilan ini wajib dilampirkan saat melamar pekerjaan, karena dengan sertifikat ini pelamar membuktikan bahwa dirinya berkompeten(ahli dalam bidang tertentu sesuai sertifikat).
  • Ijazah (Foto Copy). Pada saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, Anda harus melampirkan fotokopi ijazah pendidikan terakhir, sebagai bukti otentik.
  • Referensi Kerja. Referensi kerja ini bisa dimasukkan dalamsurat lamaran kerja apabila memang benar-benar Anda mendapatkan referensi dari orang dalam perusahaan yang tergolong berpengaruh disana, tetapi apabila informasi yang didapat hanyalah informasi biasa dan informasinya sudah beredar di luar, maka referensi tidak perlu dicantumkan.
  • Pengalaman Kerja. Kebanyakan perusahaan mencari tenaga kerja yang sudah berpengalaman di bidangnya. Lantas bagaimana bagi kalian yang baru saja lulus dari Sekolah tinggi atau lembaga pendidikan tertentu. Gunakan pengalmaan magang di perusahaan sebagai pengalaman kalian dalam bekerja disebuah perusahaan.
Baca Juga:

WAWANCARA AWAL

  • Persiapan wawancara. Persiapan awal yang perlu dilakukan yaitu, Anda harus membaca, mempelajari kembali isi surat lamaran dan CV yang ditulis/dikirimkan. Pelajari profil dari Perusahaan tersebut. Siapkan penampilan terbaik, fisik dan mental Anda. Berpenampilan yang baik dan jangan sampai datang terlambat saat wawancara.
  • Kesan Pertama (Penampilan). Kesan Pertama saat berjumpa dengan pihak pewawancara dalam hal ini bisa Manajer Personalia atau HRD sangatlah penting, karena jika pada saat berjumpa sudah dapat menarik perhatian, maka untuk proses selanjutnya bisa lebih antusias terhadap pelamar.
  • Kemampuan Berkomunikasi. Pada saat wawancara kerja, kemampuan berkomunikaisi dari pelamar kerja sangatlah dibutuhkan, karena dengan kemampuan berkomunikasi ini, pelamar dapat menjelaskan bahwa dirinya sangatlah pantas untuk pekerjaan ini.
Wawancara Kerja

Baca Juga:

PSIKO-TES

Pada tahap psikotest ini biasanya pelamar akan diberikan beberapa soal di lembar jawaban dan pelamar akan memilih salah satu jawaban seperti layaknya ujian pada saat di sekolah.
  • Tes Kecerdasan Berpikir (IQ). Test ini biasanya berisi mengenai soal-soal yang berhubungan denan hitung menghitung, logika matematika. Karena tipe soal tersebut mencerminkan kemampuan otak kita yang sesungguhnya.
  • Tes Kecerdasan Emosi (EI). Tes ini biasanya berisi mengenai soal-soal yang berhubungan dengan menganalisa sebuat kalimat dan menuntun kita untuk menentukan sebuah tindakan terhadap sebuah kondisi tertentu pada soal tes. Tes ini dilakukan untuk mengetahui tingkat emosi kita.
  • Tes Potensi Diri. Tes Potensi diri ini biasanya dilakukan dengan tujuan supaya pihak perusahaan dapat mengetahui bakat diri kita dimana, apabila ditempatkan untuk posisi tertu bisa sesuai atau malah sebaliknya.


TES IPTEK DAN KETERAMPILAN 

Apabila pelamar kerja sudah masuk dalam tahap tes ini, berarti dia kurang sedikit lagi akan mendapatkan sebuah pekerjaan yang dilamarnya. Tes Iptek dan Keterampilan ini adalah tes yang sangat menentukan pelamar untuk dapat diterima di sebuah perusahaan. Berikut adalah test iptek dan kemampuan yang dilakukan perusahaan.

  • Bahasa Inggris / Mandarin. Tes Bahasa Asing khususnya bahasa inggris ini adalah tes yang dilaksanakan oleh perusahaan yang tergolong perusahaan besar di Indonesia, namun jika perusahaan tersebut melakukan tes bahasa Mandarin, berarti perusahaan tersebut sudah berskala internasional, karena bahasa mandari adalah sangat penting dikalangan dunia bisnis Asia karena negara China terkenal sebagai negara penguasa pasar Asia.
  • Komputer. Tes keahlian komputer adalah tes yang sering sekali dilakukan oleh kebanyakan perusahaan pada saat ini, karena di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, kebanyakan karyawan disebuah perusahaan harus berhadapan dengan barang elektronik khususnya komputer, jadi intinya pelamar harus bisa keahlian komputer dasar untuk perkantoran (Ms.Word, Excel, Power Point dan Access).

TES KESEHATAN

Pada saat tahap tes kesehatan ini, selain calon karyawan akan dites kesehatannya, calon karyawan juga akan melaksanakan proses wawancara ke-dua (seleksi). Wawancara kedua ini sama dengan wawancara awal, namun ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan seputar;
  • Kecerdasan Emosi (EI). Biasanya proses wawancara mengenai EI ini digunakan untuk mengkkonfirmasi apakah hasil dari test kecerdasan Emosional sesuai dengan pribadi calon tenaga kerja.
  • Struktur Berfikir. Pertanyaan-pertanyaan mengenai struktur berpikir ini digunakan untuk mengenai gaya perfikir para calon tenaga kerja, karena ini sangat berpengaruh untuk proses pengembangan perusahaan kedepannya.
  • Kemampuan Beradabtasi. Manajer personalia biasanya akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan adabtasi di perusahaan, dari sini pribadi mengenai kemampuan beradabtasi para pencari kerja akan kelihatan, jika pelamar tidak bisa menyakinkan pihak pewawancara, maka peluang untuk diterima kecil sekali.
  • Kemampuan Menjual Diri. Pada Saat wawancara yang kedua ini, kemampuan menjual diri para pelamar kerja sangatlah dibutuhkan. Menjual diri disini bukanlah hal negatif, namun bagaimana menawarkan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar sehingga dapat diterima oleh perusahaan.
Itulah tadi informasi mengenai proses pelaksanaan seleksi karyawan yang biasa dilakukan di berbagai perusahaan umumnya di Indonesia. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan membantu kalian yang sekarang ini masih dalam proses mencari pekerjaan. Jangan pernah menyerah untuk selalu berusaha menemukan pekerjaan yang sesuai dengan diri Anda. Tetap semangat dan Semoga Berhasil..
PROSES SELEKSI KARYAWAN PROSES SELEKSI KARYAWAN Reviewed by Niko Arisandi on 21:18:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.