Profesi Paling Dicari Era MEA

Profesi Paling Dicari Era MEA - Pada awal tahun 2016 negara Indonesia memberlakukan perdagangan pasar bebas atau lebih dikenal dengan sebutan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Perdagangan bebas di kawasan ASEAN menciptakan persaingan tenaga kerja yang amat sangat ketat di kawasan Asia Tenggara. Di Negara Indoneisa sendiri sebelum berlakunya era MEA persaingan tenaga kerja sudah begitu ketat, buktinya banyak lulusan sarjana yang menganggur belum mendapatkan kerja karena mereka kalah bersaing di dunia kerja, Apalagi di era MEA ini, persaingan menjadi semakin tambah ketat sekali, hanya mereka-mereka yang mempunyai keahlian bagus yang bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

para pekerja

Profesi paling dicari era MEA - Namun dengan berlakunya MEA dan persaingan semakin tambah ketat, itu semua tidak akan melemahkan daya saing bangsa atau mengancam perekonomian negara Indonesia, bahkan sebaliknya, dengan diberlakukannya MEA justru menjadi peluang bagi kita untuk meningkatkan kemampuan daya saing Sumber Daya Manusia dan pertumbuhan industri nasional di negara Indonesia. 

Ketika memberikan pidato pada acara wisuda lulusan program pascasarjana, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati memberikan informasi mengenai beberapa profesi yang persaingannya cukup besar dan diincar oleh kebanyakan dunia kerja, dia juga menegaskan bahwa kapasitas lulusan Perguruan Tinggi di Tanah Air sebenarnya cukuplah handal, Dia optimis bahwa mereka dapat menopang dan sekaligus menjadi pengendali arus keterbukaan ekonomi di ASEAN. Berikut ini adalah beberapa Profesi yang paling di cari di era MEA menurut Dwikorita Karnawati;


1. Insinyur

Insinyur adalah seseorang yang bekerja dalam bidang teknik, orang tersebut menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menyelesaikan masalah praktis menggunakan teknologi. Jurusan di Perguruan Tinggi yang berhubungan dengan Insinyur ini biasanya adalah jurusan Teknik. Hampir semua jurusan pendidikan yang berkaitan dengan insinyur (engineering) mempelajari ilmu tentang teknik yang ada hubunannya dengan matematika dan sains. Pendidikan insinyur biasanya juga mempelajari teori-teori dasar dan lanjutan bidang teknik dan disertai dengan praktek di laboratoriun dan kerja nyata. 

Biasanya seorang insinyur dapat bekerja di sebuah pabrik dan memegang tanggung jawab dalam hal proses produksi, pengujian, perawatan sampai pada pengembangan peralatan industri. Profesi seperti ini sangatlah dibutuhkan sekali di era MEA, karena dengan adanya persaingan bebas, maka akan banyak investor yang masuk ke Indonesia dan mereka pastinya akan mendirikan sebuah pabrik baru, sehingga membutuhkan seorang insinyur yang dapat dipekerjakan untuk menjalankan pabriknya.

Baca Juga:

2. Arsitek

Pekerjaan seorang Arsitek adalah mendesain sebuah bangunan, entah itu berupa rumah hunian, gedung ataupun kantor. Bukan hanya pintar dalam hal mendesain sebuah bangunan saja, namun seorang arsitek juga handal dalam hal mengawasi konstruksi bangunan. Karena bangunan yang telah dia desain jika dalam pembangunannya tidak diawasi prosesnya maka hasilnyapun tidak akan sesuai dengan hasil desain awalnya. Jenis pekerjaan seperti ini sangatlah dibutuhkan di era MEA, karena dengan meningkatnya persaingan SDM dan tenaga kerja di Indonesia maka pembangunan seperti rumah, gedung, kantor, dan bangunan lainnya akan semakin bertambah.

3. Tenaga Pariwisata

Setiap negara pasti mempunyai tempat pariwisata dan menjadikan unggulan dari sebuah negara supaya dikenal dikancah Internasional. Seperti yang pernah dibilang oleh Bupati banyuwangi, bahkan pendapatan negara terbesar saat ini sudah bukan lagi dari minyak bumi yang dihasilkan, Namun dari pendapatan yang bersumber dari pariwisata. Banyak negara-negara maju saat ini berlomba-lomba menciptakan pariwisata yang dapat menarik turis manca negara sehingga mendapatkan devisa yang banyak bagi negaranya. Semakin tahun, dunia pariwisata semakin berkembang, apalagi di era MEA ini, negara Indonesia juga semakin mengeksplor wisatanya yang kaya dan tak ternilai keindahannya, maka dari itu akan banyak sekali tenaga kerja dibidang pariwisata yang akan dibutuhkan. 

4. Akuntan

Seorang Akuntan tugasnya adalah mencatat keuangan dari sebuah instansi dan perkantoran, yang jelas di era MEA saat ini dan yang akan datang, akan banyak perusahaan-perusahaan baru yang timbul baik dari pengusaha dalam negeri maupun dari investor asing. Maka dari itu akan dibutuhkan banyak sekali tenaga Akuntan untuk membantu menangani bagian keuangan sebuah perusahaan. 

5. Dokter

Dokter adalah seseorang yang pekerjaannya menyembuhkan orang yang sedang sakit. Seorang dokter biasanya bekerja di sebuah Rumah Sakit, baik rumah sakit umum maupun rumah sakit swasta, bahkan seorang dokter juga bekerja di sebuah klinik-klinik kesehatan milik perorangan. Untuk bisa menjadi seorang dokter yang jelas seseorang harus kuliah di jurusan kesehatan dan tentunya membutuhkan dana banyak untuk bisa lulus dan menjadi seorang dokter, namun sekarang ini sudah banyak beasiswa jurusan kedokteran di Indonesia ini. Semakin tahun jumlah penduduk di suatu negara pastinya semakin bertambah, apalagi dengan adanya MEA ini, jumlah tenaga kerja juga akan bertambah, baik itu dari negara Asia ataupun luar Asia. Dengan semakin bertambahnya orang, maka resiko terkena penyakit juga akan semakin besar, maka dibutuhkan banyak Rumah Sakit dan dokter untuk menangani permasalahan tersebut. 

6. Tenaga Survei

Tenaga survei tugasnya adalah mensurvei baik jumlah orang maupun profil diri seseorang. Pada era MEA yang jumlah orang di suatu negara semakin banyak dan keberagaman orangnya juga semakin banyak, terdiri dari berbagai negara ASEAN, maka dibutuhkan banyak sekali tenaga survei untuk mendata semuanya. Bukan hanya untuk mensurvei orang saja, tenaga survei biasanya juga dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan Asuransi atau perbankan untuk mensurvei calon nasabahnya.

7. Praktisi 
Seorang praktisi biasanya bekerja di lapangan, mereka ahli dalam bidang tertentu dalam biasanya langsung terjun ke dalam pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya tersebut. Seorang praktisi biasanya sering disebut dengan pekerja lapangan, jika pada industri pertambangan, biasanya seorang praktisi berhadapan dengan mesin-mesin yang digunakan untuk menambang. 

8. Perawat

Profesi yang mempunyai tugas untuk menjaga/merawat seseorang ini sangatlah dibutuhkan sekali pada era MEA, karena seiring dengan perkembangan jaman, banyak sekali orang-orang kaya yang menitipkan orang tuanya yang sudah tua untuk dirawat oleh seorang Perawat karena kesibukannya tidak bisa merawat sendiri. Selain merawat seseorang yang sedang tua, perawat orang sakit atau perawat yang biasanya ada di Rumah Sakit juga sangat dibutuhkan sekali pada era MEA sekarang ini. 

Itulah tadi beberapa profesi yang paling banyak dicari di era MEA. Apabila Anda mempunyai anak yang akan lulus dari SMA, disarankan untuk memilih jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja, sebab prospek kerja dari sebuah jurusan juga sangat menentukan dalam memperoleh pekerjaan yang akan datang. 

loading...
Profesi Paling Dicari Era MEA Profesi Paling Dicari Era MEA Reviewed by Niko Arisandi on 17:44:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.