Pertanyaan Penting Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan Menentukan saat Wawancara Kerja - Pada saat melamar pekerjaan tentunya besar harapan kita untuk dapat dipanggil mengikuti wawancara kerja atau ada yang menyebut sebagai interview kerja. Namun kenyataannya, juga banyak sekali seseorang pelamar kerja setelah mengirimkan surat lamaran kerja ternyata tidak juga dipanggil untuk wawancara kerja. Bagi Anda yang pernah mengalami hal tersebut, coba baca artikel dari Bangsaku tentang " Penyebab Pelamar Tidak Mendapatkan Panggilan Kerja". Mungkin setelah membaca artikel tersebut Anda bisa mengetahui letak kesalahan yang Anda lakukan saat membuat ataupun mengirimkan surat lamaran ke Perusahaan. Setelah ada panggilan wawancara kerja yang biasanya diinformasikan lewat telephon ataupun pengumuman via website, Anda harus mengatur strategi untuk menghadapi wawancara tersebut supaya bisa lolos ke tahap berikutnya.

Pertanyaan penting saat wawancara

Pertanyaan Penting Wawancara Kerja - Pada saat Anda dipanggil untuk wawancara kerja, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan tersebut, persiapkanlah semuanya dengan baik, datanglah ke tempat wawancara kerja dengan menggunakan pakaian yang rapi dan bagus karena kesan pertama sangatlah penting. Saat wawancara kerja, biasanya pihak dari perusahaan mengajukan bebrapa pertanyaan tentang pribadi, pengalaman, pendidikan dan berbagai keahlian yang Anda miliki. Di antara sekian banyak pertanyaan, Berikut ini ada lima pertanyaan yang sangat penting dan mempengaruhi hasil penyaringan para pelamar kerja yang tepat dan pastinya sesuai dengan keinginan perusahaan.

Mengapa Anda ingin Bekerja di Perusahaan ini dan Apa Harapan Anda?

Pertanyaan ini biasanya sering sekali dikeluarkan saat wawancara di Perusahaan manapun, pertanyaan ini terkesan sederahan, namun secara keseluruhan sangat menentukan bagi kelulusan ke proses selanjutnya, karena pihak perusahaan bisa mengetahui seberapa besar keinginan dari Anda untuk bekerja di Perusahaan ini? Seberapa besar pengorbanan yang akan Anda berikan untuk perusahaan/seberapa besar semangat kerja Anda, hingga beberapa banyak kemampuan dan pengalmaan yang telah Anda miliki?. Jadi, kesimpulannya perusahaan ingin mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kultur perusahaan serta visi dan misi mereka. Untuk Menjawab Pertanyaan ini, Anda harus paham betul mengenai profil dari Perusahaan yang Anda lamar, Posisi Apa yang Anda Lamar, Setelah itu jawablah pertanyaan di atas dengan jawaban yang dapat menarik minat perusahaan. 

Siapa Inspirasi Anda dan Mengapa?

Pertanyaan ini dikeluarkan oleh perusahaan tujuannya adalah untuk mengetahui idola Anda dalam bekerja, karena dengan mengetahuinya Perusahaan akan tahu seperti apa minat dan pengetahuan dari calon tanga kerja tersebut. Pertanyaan ini menjadi penting dari pihak manajemen untuk menentukan posisi yang tepat serta menggali lebih banyak tentang potensi dari calon tenaga kerja. 

Baca Juga:

Apa Kelebihan Anda?

Jika ada pertanyaan seperti ini, Anda tidak perlu bingung. Jawablah kelebihan Anda yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar, jangan keluar dari tema. Pertanyaan ini menjadi salah satu penentu keputusan manajemen perusahaan pada saat mencari calon tenaga kerja yang tepat dan juga merupakan kesempatan yang baik bagi calon tenaga kerja untuk memberikan informasi yang sesuai, benar dan jujur mengenai kelebihannya. Jika calon tenaga kerja dapat memberikan informasi seputar kelebihan pada dirinya atau prestasi-prestasi penting serta kemampuan dalam berbagai bidang, tentunya bisa menjadi hal penentu bagi manajemen perusahaan untuk memutuskan pilihan apakah kandidat tersebut tepat atau tidak. 

Apa Motivasi Anda?

Motivasi adalah harapan, keinginan atau tujuan yang ingin anda capai jika bekerja di Perusahaan tersebut. Kesimpulan yang bisa ditarik dari pertanyaan mengenai motivasi adalah seberapa besar rasa ingin tahun Anda terhadap apa yang sedang terjadi, serta rencana jangka panjang apa yang Anda punya untuk perusahaan ini. Calon tenaga yang mempunyai rasa ingin tahu cukup besar bisa memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan dan tentunya siap menerima tantangan yang ada. Salah satu faktor penentu manajemen dalam hal memutuskan kandidat yang tepat. 

Apakah Anda bisa bekerjasama dengan tim?

Terkadang ada calon tenaga yang sebenarnya mereka tidak bisa bekerjasama dengan tim, artinya mereka mempunyai sifat indifidualisme yang sangat tinggi, biasanya calon tenaga kerja yang seperti ini adalah seorang praktisi, karena dengan keahliannya mereka kurang percaya terhadap yang lain. Namun sebelum menjawab pertanyaan seperti ini, Anda harus melihat dahulu jenis pekerjaan apa yang Anda lamar. Jawabaan bisa bekerjasama dengan tim, biasanya adalah jawaban yang paling diinginkan oleh perusahaan. Karena kolaborasi tim yang baik menentukan kesuksesan dari perusahaan, untuk itu pertanyaan yang satu ini penting untuk dilontarkan sebagai penentu apakah calon kandidat bisa bekerjasama dengan baik dengan anggota tim lainnya. 
Pertanyaan Penting Saat Wawancara Kerja Pertanyaan Penting Saat Wawancara Kerja Reviewed by Niko Arisandi on 16:06:00 Rating: 5

1 comment:

  1. nah ini nih yang sering dicari sama para pelamar kerja terutama para Fresh Graduate atau yang baru lulus kuliah. info ini bermanfaat buat anak didik saya ini Om. Salam dari www.mardiyas.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.