Pendaftaran MABA STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) 2017/2018

Sekolah Ikatan Dinas

Pendaftaran Mahasiswa Baru STIS. Informasi mengenai Penerimaan / Pendaftaran Mahasiswa Baru STIS 2017/2018 kali ini datang dari Sekolah Ikatan Dinas bagian Ilmu Statistik yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Mahasiswa yang baru lulus dari STIS akan langsung ditempatkan di Badan Pusat Statistik di seluruh daerah Indonesia dan langsung berstatus sebagai CPNS. Informasi ini langsung diperoleh admin bangsaku dari teman dekat yang baru lulus tahun 2015 kemarin dan sekarang sudah menjadi PNS di daerah Kalimantan Utara. Untuk mengetahui lebih jelas simak informasi berikut ini. 

Profil STIS. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan institusi pendidikan kedinasan dibawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) dan telah mengalami peningkatan status dari Akademi Ilmu Statistik (AIS). AIS berdiri berdasarkan Surat Keputusan Perdana Menteri Indonesia (pada waktu itu, Ir. H. Djuanda) Nomor 377/PM/1958, Tanggal 11 Agustus 1958.

Baca Juga:

Pada Tahun ajaran 2017/2018, persisnya tahun ini STIS menerima Mahasiswa baru melalui 2 Jalur, yaitu Jalur Ikatan Dinas dan Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS. 

Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a, untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai tingkat kabupaten/kota. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan. Mahasiswa mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pendaftaran MABA STIS
Mahasiswa memiliki ikatan dinas selama dan setelah lulus dari pendidikan di STIS, yaitu wajib bekerja di lingkungan BPS sesuai dengan penempatanya di seluruh Indonesia selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.

Persyaratan Mendaftar STIS
  • Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  • Lulus Ujian Nasional SMA/MA Jurusan IPA.
  • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7.00 (bukan hasil pembulatan/rata-rata) pada kelas XII semester I, atau pada semester sebelumnya saat terakhir menyelesaikan mata pelajaran tersebut jika diterapkan sistem SKS.
  • Bersedia mematuhi peraturan STIS.
  • Umur tidak lebih dari 22 tahun pada 1 Oktober.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instasi lain.
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).
  • Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota.
Pendaftaran secara online dibuka pada tanggal 9 Maret 2017 s/d 31 Maret 2013

Seleksi akan dilaksanakan dalam 4 tahap:
  • Tahap 1 yaitu tes tertulis (TPA) . Materi yang akan diujikan dalam tes tertulis yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. Dilaksanakan tanggal  6 Mei 2017
  • Tahap 2 Tes Kemampuan Dasar
  • Tahap 3 yaitu psikotes.
  • Tahap 4 yaitu wawancara dan tes kesehatan. 
Setiap tahapan seleksi dilaksanakan di seluruh Ibukota Propinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak dan berlaku system gugur. Tes tahap I (potensi akademik) dilakukan sendiri oleh STIS. Tes Tahap II (Tes Kemampuan Dasar) dilakukan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tes tahap III (Psikotes) dilaksanakan oleh STIS bekerjasama dengan lembaga psikologi  yang kompeten. Tes tahap IV (Kesehatan) dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI/Polri di masing-masing propinsi.

Berikut Jadwal Pendaftaran STIS 2017

Tiap-tiap tahapan tes diselenggarakan di masing-masing ibu kota propinsi di seluruh Indonesia. Silahkan lihat website BPS tiap Provinsi. 

Panduan Mendaftar. berikut ini adalah panduan proses pendaftaran untuk menjadi Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. 

Cara Pendaftaran:
Proses pendaftaran terdiri dari tahap berikut:
  • Mendaftar melalui website resmi KemenPAN di www.panselnas.id atau  Mendaftarkan alamat email pada Aplikasi SPMB STIS. Buka Aplikasi SPMB STIS untuk mendaftarkan alamat email anda (bisa dibuka mulai Maret 2017). Anda akan menerima pesan melalui email yang berisi petunjuk pengisian formulir pendaftaran.
  • Mengisi formulir pendaftaran. Ikuti petunjuk yang tertulis pada pesan email untuk mengisi formulir pendaftaran.
  • Anda menerima Nomor Pendaftaran. Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS, anda harus mengikuti proses pemeriksaan berkas sebelum bisa melakukan pembayaran.
  • Membayar biaya seleksi. Anda harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. Lihat cara pembayaran di bawah.
  • Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).  Setelah anda membayar biaya seleksi, anda dapat mencetak KTPUM dengan login pada Aplikasi SPMB STIS. KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi.
(Jika anda membayar melalui BRI, anda dapat langsung mencetak KTPUM. Jika anda membayar melalui Mandiri, silahkan melakukan aktivasi tmenggunakan Token yang tercetak pada bukti pembayaran anda di menu Aktivasi. Setelah melakukan aktivasi, anda dapat mencetak KTPUM.)

Selain hal yang tertulis di panduan tadi, Anda harus memperhatikan seluruh informasi yang tertulis pada ketentuan masing-masing jalur seleksi, dan ketentuan yang tertulis pada pengumuman hasil Seleksi.  info lebih lanjut buka www.stis.ac.id 

Berikut ini merupakan Informasi Tambahan dari Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas Terbaru dari KemenPAN-RB.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:
a. Program Studi Diploma III Statistika (150 orang)
b. Program Studi Diploma IV Statistika ( 350 orang)
c. Program Studi Dipolama IV Komputasi Statistik ( 100 orang)

Lulusan Program Diploma III akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) dan diangkat sebagai calon aparatur sipil Negara Golongan 2C dan ditugaskan sebagai Kordinator Statistik Kecamatan (KSK) pada wilayah-wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara lulusan Program Diploma IV akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.) dan diangkat sebagai calon aparatur sipil Negara Golongan 3A dan akan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS Pusat/Propinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.
Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

Link Download: 
loading...
Pendaftaran MABA STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) 2017/2018 Pendaftaran MABA STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) 2017/2018 Reviewed by Niko Arisandi on 13:46:00 Rating: 5

2 comments:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.