Inilah Alasan Kenapa Anak Muda Perlu Bekerja sejak Bangku Sekolah

Alasan kenapa siswa perlu bekerja

Anak Sekolah  Belajar Bekerja. Di era Globalisasi ini persaingan kerja semakin ketat, dibutuhkan etos kerja yang tinggi dan juga semangat kerja yang tinggi. Jika melihat potret kehidupan remaja di negara ini yang terlalu banyak bermain-main dan bersenang-senang saja, itu adalah hal yang kurang baik. Anak-anak muda seharusnya sudah mulai mendapatkan pengalaman kerja dan dimulai dari bangku sekolah, sehingga etos kerja kedepannya bisa bagus. 

Kita bisa melihat negara-negara maju seperti China, Jepang Amerika, anak muda di sana sangatlah gemar bekerja, berwirausaha sendiri. Bahkan pada saat hari libur dan waktu senggang mereka hobi menyibukkan diri mencari tempat kerja. Berbeda dengan di negara Indonesia. Anak muda di negara Indonesia agaknya perlu meniru kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti itu, dimana sejak kecil sudah ditekankan bekerja disamping belajar dengan giat di sekolah. 

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa anak muda perlu bekerja sejak bangku sekolah. Informasi mengenai alasan kenapa anak muda perlu bekerja sejak bangku sekolah ini dikutip dari boombastis.com:

Menghargai Uang dengan Lebih Baik
Kebanyakan anak muda tidak bisa menghargai uang yang diberikan orang tua kepada anaknya untuk uang saku disekolah maupun saat bermain atau belajar kelompok dengan temannya. Kebanyakan mereka menggunakan uang itu hanya untuk hal-hal yang cenderung tidak berguna alias mubazir.

Jika anak muda sudah bisa bekerja sendiri sambil dia belajar di sekolah dengan giat, maka dia dengan sendirinya akantahu bagaimana susahnya mencari uang. Bila seorang anak sudah tahu pahit getirnya mencari uang, maka dia akan belajar menghargai uang dengan baik dengan cara mengatur pengeluaran untuk kebutuhan yang seperlunya. 

Baca Juga: 

Bisa Mendapat Tambahan Uang Saku
Dengan bekerja sembari dia juga masih belajar di sekolah, maka otomatis dia mendapatkan tambahan uang saku dari hasil jerih payahnya bekerja sehari-hari tersebut, akan tetapi yang jelas jenis pekerjaanya bukan tergolong pekerjaan yang berat. Bila seorang anak sudah terbiasa bekerja di usia sekolah, maka dia akan merasa berbangga diri. Sebab, dia tidak perlu merepotkan orang tuanya dengan meminta-minta uang jajan. Bahkan di bisa membiayai sebagian uang sekolah dan bisa membeli barang yang diinginkannya sebagai buah dari jerih payahnya sendiri. 

Mampu Mengatur Waktu dengan Baik
Pekerjaan yang cocok bagi anak yang masih usia sekolah adalah pekerjaan part time, tidak full time. Pekerjaan yang tergolong paruh waktu sebagai contoh adalah seorang penulis, ilustrator, freelance, atau sebagai tim marketing dari sebuah produk yang bisa dipasarkan ke teman di sekolahnya. 

Dengan bekerja saat usia dini, anak akan terbiasa mampu mengatur waktu dengan baik. Sebab, selain mengenyam pendidikan di sekolah dan mengerjakan tugas dari gurunya, dia juga harus menyelesaian tugas dari pekerjaanya. Jika ia mampu mengatur wkatu dengan lebih efisien, maka semuanya bisa berjalan dengan baik.

Mendapat Pengalaman Baru yang Sangat Berharga
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Begitulah kata-kata mutiara yang sering tertera pada buku tulis dan di tembok-tembok kelas. Pengalaman adalah hal yang sangat berharga dan tidak bisa dibeli, hanya bisa didapat dengan menjalaninya dengan sepenuh hati sehingga mendapatkan manfaatnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa saat masih bersekolah seseorang sebaiknya mencoba berbagai pekerjaan yang dapat membuka wawasan terhadap hal-hal yang baru. 

Meningkatakan Kemampuan Belajar di Sekolah
Anak-anak yang sudah mulai belajar bekeja pada masa usia sekolah ternyata terbukti kemampuan akademiknya akan meningkat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga di Amerika Serikat, anak-anak yang bersekolah sambil bekerja kemampuanya akan meningkat. Hal itu bisa terjadi karena dia bisa mengatur waktu dengan baik. Selain itu dia juga bisa berkonsentrasi dan menggunakan waktu secara lebih efektif dan efisien untuk belajar dan bekerja.

Memiliki Pandangan tentang Karier dan Masa Depan
Jika seorang anak sudah mulai bekera pada masa usia sekolah. Maka dia sedikit demi sedikit akan tahu di mana letak kemampuannya. Sehingga di mana saja ia akan mampu bekerja optimal dan tentunya dengan hasil yang maksimal.

Mengenal Banyak Orang Profesional
Dengan bekerja, seorang anak akan bertemu dengan banyak kalangan atau orang-orang yang profesional dalam dunia pekerjaan. Mereka akan mengajari banyak hal sehingga anak tersebut tadi mampu berkembang dengan baik. Bahkan, bisa jadi Mereka akan mencari anak tadi kelak saat lulus dari kuliah. 

Mengetahui dan mengenal banyak orang-orang yang profesional dalam bidang dunia kerja bukanlah hal muda, jadi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semakin banyak jaringan, maka dia akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan.
Inilah Alasan Kenapa Anak Muda Perlu Bekerja sejak Bangku Sekolah Inilah Alasan Kenapa Anak Muda Perlu Bekerja sejak Bangku Sekolah Reviewed by Niko Arisandi on 18:36:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.