Cara meningkatkan Keterampilan berpikir

Meningkatkan konsentrasi

Meningkatkan Keterampilan Berpikir - Berpikir bisa ditingkatkan seperti keterampilan lainnya. Manfaat mengembangkan keterampilan berpikir diantaranya bisa meningkatkan prestasi; lebih mudah dalam berinteraksi di kehidupan sosial; meningkatkan kecerdasan emosi misalnya menurunkan kecenderungan agresif, pemarah dan kecenderungan negatif lainnya, kreatif dan konstruktif, dan sebagainya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang berpikir secara positif dan efektif maka sakit, marah dan kecenderungan agresif akan berkurang secara signifikan. 

Baca Juga:
Apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir:

1. Mengenali Kondisi Bagaimana Kita Berpikir
Mengenali bagaimana cara kita berpikir adalah langkah awal sebelum kita bisa mengubah atau meningkatkan cara kita berpikir. kenali cara atau kondisi berpikir kita saat ini. kita tentu akan merasa kesulitan untuk memperbaiki diri jika kita tidak tahu apa kekurangan yang harus kita perbaiki, atau kekuatan yang bisa kita tingkatkan. Lalu kita akan menemukan cara untuk mengubahnya.


2. Ambil Waktu, Berhenti Sejenak
Saat kita mengalami masalah, ambil waktu untuk diam sejenak, lalu tariklah nafas beberapa saat untuk mendapatkan oksigen. Diam sejenak adalah upaya untuk terlelbih dahulu mencuri waktu agar meosi negatif tidak lebih dulu menguasai kita. Saat oksigen masuk ke dalam tubuh kita, amak adapat melancarkan aliran darah ke otak dan memudahkan kita untuk berpikir lebih jernih.

3. Eksplorasi Informasi
Setelah kita lebih tenang, cari berbagai informasi mengenai masalah yang kita hadapi, mungkin ada baiknya kita melakukan pengolahan dan eksplorasi lebih banyak mengenai informasi yang kita miliki itu. Semakin banyak informasi yang kita kumpulkan, maka lebih banyak alternatif solusi yang akan kita dapatkan. Di sini dapat menggali informasi dari diskusi, wawancara, buku teks, internet atau sumber lain.

4. Menyeleksi Informasi
Kemudian semua informasi yang telah kita kumpulkan haruslah diseleksi, sesuai dengan kebutuhan kita. Informasi yang dipilih hendaknya diarahkan kepada fokus persoalan atau tantangan yang sedang kita hadapi.

5. Mengasah Keterampilan Bertanya
Mengajukan pertanyaan mungkin merupakan hal yang terlihat sederhana, namun keterampilan bertanya ini membutuhkan latihan agar dapat merangsang kemampuan berpikir, membantu dalam mencapai tujuan dan memusatkan kekuatan ingatan dalam suatu masalah. Dari Infomasi yang kita miliki buatlah berbagai pertanyaan. Pertanyaan tersebut akan memudahkan dan melatih kita untuk berpikir lebih mendalam, menentukan benar salah, mencari sebab akibat, memilih baik buruk, sehingga mempermudah kita mengolah informasi, mengelola emosi dan mencari solusi 

6. Melatih Fokus pada Sesuatu Hal 
Lalu, cari apa yang menjadi fokus pada masalah yang kita hadapi. Misalnya beberapa hari anak enggan untuk sekolah tanpa alasan yang jelas, kerapkali kita menjadi emosional dan mengakibatkan munculnya emosi negatif. Sebelum emosi negatif muncul, usahakan untuk fokus pada masalahnya dan menggunakan informasi yang kita miliki, cari akar masalahnya, dengan demikian kita akan leibh mudah untuk mencari jalan keluar tanpa harus terpancing emosi marah.

7. Refleksi
Refleksi melatih kita untuk menarik kesimpulan, mendapat insight atau 'AHA' atau hikmah dari sebuah pengalaman yang telah kita lalui. Melihat kembali di bagian-bagian mana kita mengalami kesulian, pada bagian mana yang paling mudah kita lakukan, bagaimana kita menyelesaikan persoalan tersebut dan menyusun langkah perbaikan untuk ke depannya.
Cara meningkatkan Keterampilan berpikir Cara meningkatkan Keterampilan berpikir Reviewed by Niko Arisandi on 17:31:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.