Benarkah Mandi Air Hangat Merusak Kulit?

Mandi Air Hangat. Kebanyakan orang merasa lebih enak dan nyaman ketika cuaca hujan, atau setelah terkena hujan kemudian mandi dengan air hangat. Seseorang yang sedang sakitpun terkadang mereka mandi dengan air hangat, dengan alasan jika mandi dengan air dingin maka sakitnya bisa tambah parah. Sebenarnya alasan kebanyakan orang untuk mandi dengan air hangat tersebut tidak semua salah. Mandi air hangat dapat meredakan ketegangan dan menenangkan otot-otot yang kaku. Namun, kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan kulit.

Air Hangat Merusak Kulit

Kesehatan Kulit. Mandi dengan air hangat yang terlalu sering atau seseorang yang memiliki kebiasaan mandi dengan air hangat dapat menimbulkan masalah kesehatan pada kulit. Sebab, ketika air hangat terkena kulit, maka minyak kulit melunak. Penggunaan sabun akan membuat kondisi memburuk, yaitu tak ada minyak yang membuat kulit kering, menimbulkan gatal, dan bersisik. Mandi air hangat masih bisa Anda lakukan. Kuncinya adalah kontrol dan kelola suhu air, serta perhatikan durasi mandi.

Baca Juga:

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mandi air panas, seperti dilansir Boldsky.

Atur suhu air
Jika ingin mandi dengan air hangat, Hindari air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan kering. Hilangnya pelembab alami akan membuat kulit lebih rentan terkena infeksi dan meningkatkan potensi kemunculan jerawat karena kulit memproduksi minyak berlebih untuk melembabkan kulit.

Kurangi waktu mandi
Mandi air hangat terlalu lama dapat membuat kondisi kulit semakin buruk dan meningkatkan masalah kulit, terutama bila berkaitan dengan kulit kering. Apalagi, bila Anda berendam air hangat. Jadi bila Anda ingin mandi dengan air hangat cukup saat membilas air sabun, dan itupun kalau bisa jangan setiap kali Anda Mandi selalu menggunakan air hangat, karena akan menjadikan kebiasaan, sehingga malas jika akan mandi dengan air dingin.


Hindari sabun keras
Sabun keras dapat merusak kulit dengan menghilangkan kelembaban alami dari kulit. Bila dikombinasikan dengan air hangat, maka efeknya akan berlipat ganda. Pakailah sabun ringan yang bebas dari wewangian. Bila masih ragu, gunakan gel pelembab atau sabun pelembab.

Oleskan lotion
Kulit yang lembab adalah kunci kulit cantik. Pelembab dapat mencegah keriput dan mengilangkan kerak kulit. Oleh karena itu, sebaiknya pakai krim pelembab setelah mandi air hangat. Untuk hasil terbaik, oleskan lotion saat kulit baru saja dikeringkan dengan handuk.
loading...
Benarkah Mandi Air Hangat Merusak Kulit? Benarkah Mandi Air Hangat Merusak Kulit? Reviewed by Niko Arisandi on 00:54:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.