Beberapa Jenis Keterampilan Berpikir


Jenis Keterampilan Berpikir - Keterampilan berpikir membantu kita untuk mengenali masalah, bagaimana mengidentifikasi masalah sebenarnya, situasi apa yang kita hadapi dan harus diselesaikan. Pengenalan masalah ini membantu kita untuk bisa fokus pada tujuan yang ingin dicapai pada pemecahan masalah tersebut. Kemudian kita akan lebih mudah untuk menemukan hambatan-hambatan apa yang perlu kita lewati dan cara mengatasinya dalam mencapai tujuan tersebut.

Keterampilan berpikir terbagi dalam beberapa jenis kategori, berikut diantaranya;

1. Keterampilan pemecahan masalah (problem solving), yaitu keterampilan dalam menggunakan proses berpikir untuk memecahkan masalah melalui pengumpulan fakta, analisis informasi, menyusun berbagi alternatif pemecahan, dan memilih penyelsaian masalah yang efektif.

2. Kemampuan mengambil keputusan (decision making), yaitu keterampilan individu dalam menggunakan proses berpikir untuk memilih suatu keputusan yang terbaik dari beberapa pilihan yang ada melalui pengumpulan informasi, perbandingan kebaikan dan kekurangan setiap alternatif, analisis informasi, perbandingan sebab akibat dan pengambilan keputusan yang terbaik berdasarkan alasan-alasan yang rasional.

Baca Juga:

3. Kemampuan berpikir kritis (critical thinking), berpikir kritis adalah kemampuan dalam menghimpun berbagai informasi lalu membuat sebuah kesimpulan dari suatu kegiatan. Kegiatan tersebut mencakup aktivitas proses menganalisis, menjelaskan, mengembangkan atau menyeleksi ide, mengkategorikan, membandingkan dan menentukan prioritas dan membuat pilihan yang positif. Dengan berpikir kritis maka seseorang terhindar dari berbagai upaya penipuan, manipulasi, pembodohan, dan penyesatan. Terhindar dari berbagai kesalahan, seperti membuang waktu, uang dan melibatkan emosi dalam kepercayaan atau ajaran atau dogma atau ideologi yang salah dan menyesatkan.

4. Keterampilan berpikir kreatif (creative thingking). Kemampuan berpikir kreatif merupakan kecakapan mengolah pikiran untuk menghasilkan ide-ide baru dan konstruktif, berdasarkan informasi, konsep-konsep, dan prinsip-prinsip yang rasional maupun persepsi dan intuisi individu.

Keterampilan berpikir tersebut tidak terpisah melainkan terintegrasi satu dengan yang lain. Jadi pada saat bersamaan kita menggunakan keterampilan berpikir kita untuk memecahkan masalah, namun juga menggunakan keterampilan untuk mengambil keputusan, berpikir kritis dan berpikir kreatif yang positif.

Itulah tadi informasi mengenai beberapa jenis keterampilan berpikir, dimana informasi tersebut bisa digunakan sebagai acuan untuk mendalami peserta didik maupun anak kita dalam proses belajar, sehingga mereka dapat memaksimalkan kemampuan berpikir sehingga bisa menunjang prestasi belajar di sekolah.
loading...
Beberapa Jenis Keterampilan Berpikir Beberapa Jenis Keterampilan Berpikir Reviewed by Niko Arisandi on 17:41:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.