Tips Mendapatkan Pekerjaan

Tips Mendapatkan Pekerjaan - Tips Mendapatkan Pekerjaan yang sesuai. Informasi dunia kerja kali ini adalah seputar tips ampuh mendapatkan pekerjaan. Tidak dipungkiri lagi, persaingan untuk mencari kerja di negara indoneia sangatlah ketat, maka dari itu pelamar kerja membutuhkan tips ampuh untuk mendapatkan pekerjaan supaya mereka dapat dengan mudah menghadapi persaingan dan mendapatkan sedikit pengalaman sebelum melamar kerja.

ilustrasi: interview kerja (sheberwright.com)

Tips Ampuh Mendapatkan Kerja- Negara Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang banyak sekali, dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang besar tiap tahunnya, persaingan untuk mencari kerja semakin banyak dan peluang untuk mendapatkan kerja bertambah sempit. Bayangkan saja, setiap tahunnya ratusan Universitas di seluruh negara indonesia meluluskan seorang Sarjana dan mereka semua inginnya mendapatkan pekerjaan dengan cara bekerja di perusahaan atau instansi, ada sebagian yang memulai dengan berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan, namun jumlahnya sedikit sekali. Belum lagi ditambah dengan lulusan dari SMK, SMA ataupun tingkat dibawahnya yang ingin mencari kerja.

Ketatnya persaingan mendapatkan pekerjaan menyulitkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian. Meskipun latar belakang pendidikan kamu sudah tinggi, CV dan surat lamaran sudah sempurna, hingga kini kamu masih kesulitan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Akan tetapi ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai , cepat dan tepat. Berikut ini ada beberapa tips yang terbukti ampuh untuk mendapatkan pekerjaan.

1. Baca Lowongan Kerja dengan Benar

Mendapatkan lowongan kerja dengan benar adalah langkah awal yang mesti dan harus kalian lakukan dalam mencari kerja, karena akhir-akhir ini banyak sekali penipuan yang berkedok lowongan kerja. Jadi carilah informasi mengenai lowongan di tempat-tempat yang terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. misalnya untuk mencari online lowongan kerja yang berskala nasional Kamu bisa cari di website www.bangsaku.web.id.
Sebelum mengirimkan CV ke perusahaan yang Kamu incar, perhatikan dengan benar kualifikasi yang dicari oleh perusahaan terkait, apakah sudah sesuai dengan latar belakang pendikan hingga pengalamanmu. Jika belum, jangan paksakan untuk melamar pekerjaan terkait. Carilah lagi dengan benar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki.

2. Perjelas kemampuanmu di CV

Saat membuat CV pastikan kemampuan yang kamu kuasai ditulis dengan jelas, dan tonjolkan kemampuan tersebut. Hal ini penting agar perusahaan dapat benar-benar mencari kandidat yang tepat dengan posisi yang ditawarkan. Yang perlu diingat adalah, pihak HR perusahaan biasanya tidak akan berlama-lama melihat CV, namun jika latar belakang kamu telah sesuai dengan posisi yang dicari, pastinya CV milikmu akan langsung dilirik. Dan yang perlu dihindari lagi yaitu, jangan sekali-kali kamu menambahkan kemampuan yang tidak kamu miliki (berbohong), karena itu akan mempersulit untuk proses selanjutnya dan kamu tidak akan bisa diterima di perusahaan tersebut.
3. Perhatikan Surat Lamaran

Sebagai pembuka atau awal dari lamaran, surat lamaran tentunya menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untuk itu sebelum  mengirimkan surat lamaran ke perusahaan, coba cek dan teliti terlebih dahulu nama dari pihak HR yang dituju hingga nama dan alamat perusahaan. Hindari kesalahan dalam penulisan nama, penulisan kata-kata dalam surat lamaran dan kesalahan lainnya, yang nantinya hanya akan mengurangi profesionalisme sebagai kandidat.


4. Perluas Jaringan 

Selama ini pencarian lowongan pekerjaan masih difokuskan kepada pencarian secara online saja, apakah itu dari job listing, job search, situs perusahaan hingga media sosial. Yang perlu diperhatikan adalah Kamu juga bisa memanfaatkan cara lain untuk menemukan pekerjaan yang sesuai, di antaranya adalah melalui acara di luar atau pertemuan umum lainnya. Perluas jaringan untuk dapat berkenalan dengan orang yang tepat sesuai dengan minat yang kamu suka. Dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan sosial atau aktif di organisasi-organisasi masyarakat, kalian bisa memperoleh informasi mengenai lowongan kerja dari teman-teman, ataupun masyarakat sekita.
Itulah tadi beberapa tips yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan pekerjaan, yang perlu diingat disini adalah mencari pekerjaan jaman sekarang tidaklah mudah, jika kamu belum mempunyai keahlian, alangkah baiknya kamu cari keahlian yang biasanya dibutuhkan di suatu perusahaan, bisa dengan cara kursus singkat ataupun mengikuti pelatihan-pelatihan profesi yang dapat menyalurkan kalian ke dunia kerja.
Selamat mencoba, semoga berhasil dan jangan lupa untuk terus berdo'a dan selalu berusaha dengan maksimal.
salam sukses. (bangsaku/arisandos)
loading...
Tips Mendapatkan Pekerjaan Tips Mendapatkan Pekerjaan Reviewed by Niko Arisandi on 20:57:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.