Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri -Tidak terasa, Semester Ganjil sudah hampir selesai, dan selanjutnya kelas XII akan di fokuskan untuk menghadapi Ujian Nasional untuk menentukan kelulusan mereka. Disamping itu ada juga hal yang harus dipersiapkan oleh siswa-siswa kelas XII selain menyiapkan mental dan kemampuan akademik untuk menyongsong Ujian Nasional, yaitu mereka harus menentukan Universitas mana yang selanjutnya akan mereka pilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Strata 1 maupun Diploma.

suasana ujian SBMPTN 2015


Untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang top, saingan siswa-siswi kelas XII bukan lagi anak-anak yang pintar dari satu kelasnya maupun dari satu sekolahannya, melainkan dari seluruh daerah di Indoesia, apalagi sekelas universitas negeri top seperti Universitas Indonesia. Bagi yang ingin tahu bagaimanakah caranya untuk masuk ke Universitas Indonesia kalian bisa baca artikel berikut: Cara Masuk/Jalur Masuk Universitas Indonesia

Yang Jelas, jika siswa kelas XII yang sudah lulus dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, mereka harus melalui tahapan atau jalur seleksi bersama yang diadakan serentak di Indonesia, adapun jalur itu ialah:

1. Jalur Bidikmisi
    adalah jalur beasiswa khusus bagi siswa yang tergolong kurang mampu. apabila nanti diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur bidikmisi, maka biaya kuliahnya gratis, bahkan akan mendapatkan uang saku untuk kebutuhan sehari-hari. untuk lebih jelasnya mengenai persyaratan dan tatacara untuk mendaftar di Jalur Bidikmisi silahkan baca artikel berikut: Persyaratan dan Tatacara mendaftar Jalur Bidikmisi 2016

2. Jalur SNMPTN
   Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat SNMPTN adalah jalur ke perguruan tinggi negeri yang menggunakan undang dari salah satu universitas, tetapi untuk proses seleksinya nanti akan menggunakan nilai raport mulai dari kelas X sampai kelas XII. jalur SNMPTN ini tidak begitu diketahui jelasnya proses seleksinya seperti apa, kebanyakan orang bilang bahwa jalur ini adalah jalur keburuntungan jika diterima di salah satu perguruan tinggi negeri dengan jurusan atau fakultas tertentu. jika kalian ingin mendaftar coba pelajarai caranya disini: Pendaftaran SNMPTN 216

3.  Jalur SBMPTN
   Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat SBMPTN adalah jalur ujian tulis/tes tulis bersama yang diadakan serempak di seluruh daerah di indonesia. Materi test yang diujikan sesuai dengan jurusan/fakultas yang dipilih di suatu universitas tersebut. misalnya jika siswa tersebut mengambil fakultas yang berhubungan dengan kesehatan, maka materi yang diujikan adalah mata pelajaran IPA dan juga matapelajaran umum lain, apabila fakultasnya yang berhubungan dengan sosial, seperti hukum maka mata pelajaran yang diujikan adalah IPS dan matapelajaran umum lainnya. untuk pendaftaran secara online bisa langsung buka website: www.sbmptn.or.id

itulah tadi jalur-jalur yang dapat ditempuh untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, lalu hal apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi test-test tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan.

1. Siapkan Mental dan Asah Kemampuan Akademik

Untuk masuk ke Perguruan tinggi negeri, saingannya tidaklah sedikit. Dibutuhkan mental yang kuat untuk mengikuti proses-proses seleksi. proses yang pertama yang dibuka adalah jalur SNMPTN, kemudian jika tidak diterima, kalian bisa mendaftar lewat jalur SBMPTN atau jalur tes tulis.
Untuk bersaing dalam test tulis yang jelas keampuan akademik kalian haruslah bagus. Maka dari itu mulai dari sekarang bagi siswa yang masil kelas XII, supaya dipersiapkan lagi kemampuan akademiknya, yang biasa membolos, dan tidak mengerjakan PR mulai dari sekarang supaya dihilangkan. Belajar dengan menekankan pada mata pelajaran yang diujikan pada test tulis/ SBMPTN.

2. Ikuti Bimbingan belajar 

Belajar sendiri tidaklah cukup untuk menembus test SBMPTN di fakultas yang kalian pilih. Pilihan jurusan di salah satu universitas juga menentukan kalian bisa diterima atau tidak. Maka dari itu, ikutilah bimbingan belajar di luar, bergabunglah dengan lembaga BIMBEL yang ada dan sudah terkenal dan mempunyai nama. Biasanya lembaga yang menyediakan bimbel untuk kelas XII yang mau lulus dan akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri mempunyai beberapa kita atau cara untuk memprediksi soal-soal yang akan diujikan dalam test tulis bersama atau SBMPTN. Selain itu, lembaga BIMBEL biasanya punya formula khusus untuk menentukan jurusan/fakultas yang cocok untuk ditempuh siswanya. mereka mengadakan semacam ujian Psikotest  untuk mengetahui bakatnya dan prospek kemampuannya cocok di jurusan tertentu.

3. Perbanyak latihan Soal, dan ikutilah Tryout.

  Memperbanyak mengerjakan soal, akan membuat kalian semua lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal yang akan diujikan, karena pengamalan dari tiap soal itu sudah dia dapatkan. memperbanyak latihan soal juga akan menambah pengetahuan kalian tentang suatu mata pelajaran. Jadi latihan mengerjakan soal ini wajib harus sering-sering kalian lakukan.

4. Jangan Lupa Berdo'a kepada Tuhan dan memohon do'a kepada orang Tua supaya bisa sukses

Segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini adalah semuanya kehendak yang diatas, jadi jangan lupa kalian untuk banyak-banyak berdo'a dan meminta restu kepada orang tua. karena do'a orang tua adalah salah satu do'a yang paling mustajab/manjur.

5. Tetaplah bersemangat dan pantang menyerah.

Tetap bersemangat dan pantang menyerah adalah hal utama yang harus dimiliki oleh semua orang, orang-orang sukses terdahulu juga mempunyai semangat yang sama, mereka pantang menyerah sehingga meraih kesuksesan. maka dari itu, kalian tidak boleh pantang menyerah dan hilang semangat dalam belajar. musuh utama dalam hal belajar adalah kemalasan, jangan sampai kalian semua kalah dengan kemalasan, karena kemalasan sama dengan kegagalan.
Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri Reviewed by Niko Arisandi on 21:15:00 Rating: 5

1 comment:

  1. INGIN LULUS Ujian Tulis UGM 2017 BUKAN ???ATAU MENCARI SOAL PREDIKSI Utul UGM 2017 ??? Segera buka http:// http://soalutulugm.com/ Telah Terungkap Rahasia Di Balik Prediksi Kesuksesan Soal Utul UGM SANGAT PENTING diketahui bahwa Utul UGM lebih sulit daripada SBMPTN. Jika persiapan kamu baik yang sedang bimbingan belajar/bimbel hanya untuk UN dan SBMPTN, maka itu akan sangat kurang.Di sini kamu akan menemukan prinsip dasar bagaimana cara menjebol Utul UGM, yang merupakan salah satu jenis ujian tersulit untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.