Plus Minus Kuliah di Dalam Kota

Plus Minum Kuliah di Dalam KotaPada kesempatan kali ini, Admin akan memberikan sebuah informasi mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan atau biasa orang sebut enak gak enaknya kalau kuliah di dalam Kota. Karena sebagian orang lebih memilih kuliah di dalam kota dengan berbagai alasan tertentu, namun ada juga yang lebih memilih kuliah ke luar kota mungkin karena sudah bosen tinggal di kota ini-ini saja. Mereka ingin mencari pengalaman hidup dengan cara kuliah di luar kota. 

tampak depan: universitas negeri jember


Lulus SMA/SMK

Lulus SMA/SMK setelah itu Kuliah S1, mendapatkan kerja yang enak dengan gaji yang tinggi, sehingga bisa membeli kendaraan sendiri, membeli rumah sendiri, menikah dan punya anak. Itu semua adalah cita-cita atau suatu hal yang diidam-idamkan oleh anak SMA yang sekarang sudah kelas XII.

Tetapi kebanyakan dari siswa kelas XII yang akan lulus masih bingung menentukan tempat kuliahnya dimana, ingin kuliah jauh dari orang tua, apa kuliah di dalam kota saja, karena tidak ingin kehilangan kerabat dekatnya, tidak ingin jauh dari orang tuanya dan masih banyak lagi alasannya. Tetapi kali ini kita akan membahasa bagaimana sich enak dan gak enaknya kalo kuliah di dalam kota sendiri.


Berikut adalah beberapa Keuntungan jika kalian kuliah di dalam kota.

Tidak Repot Mengurusi Pindahan

Kuliah di luar kota, berarti kalian harus pindah dari rumah dan terpisah dari orang tua. Tahapan awal jika kalian kuliah di luar kota adalah mengurusi pindah tempat tinggal kalian.  ini adalah tahapan paling merepotkan, banyangkan saja, kalian harus merapikan pakaian, alat-alat belajar dan lain sebagainya untuk kemudian dimasukkan ke dalam koper besar, kemudian menata lagi di tampat tingggal yang baru, belum lagi kalau ada yang ketinggalan, waduh.. apalagi kalau jarak kotanya jauh dan memerlukan waktu berjam-jam untuk kembali, itu sangat melelahkan sekali.
Jika kalian kuliah di dalam kota, hal tersebut tidak perlu dilakukan, dan kalian tinggal menambah attribut kamar yang sesuai dengan anak kuliahan.

Makanan

Jika kalian kuliah di luar kota, hal yang sering difikirkan adalah mencari makanan yang enak dan sesuai, entah itu sesuai dengan kantong ataupun sesuai dengan selera. jika kalian terlalu sering boros, maka anggaran uang saku kalian bisa kurang. Tapi jika kalian kuliah di dalam kota, tidak perlu repot memikirkan makanan, percayalah, makanan rumahan selalu terasa paling lezat dibandingkan restoran mahal, apalagi kalau makannya ditemani keluarga.

Cucian

Hidup jauh dari rumah, jauh dari Orang tua haruslah pandai-pandai mengatur waktu untuk belajar dan mengurus diri sendiri. Salah satunya yaitu mencuci pakaian sendiri. Jika kalian memilih laundry pakaian sendiri, berarti pengeluaran dana semakin bertambah. Sementara itu, tinggal di rumah sendiri kalian tidak perlu pusing memikirkan biaya laundry, terkadang juga di cucikan oleh orang tua maupun dicucikan pembantu, kalo ada.


Suasana Kekeluargaan

Menjalani hari pertama kuliah bisa menjadi sumber kegugupan tersendiri bagi Mahasiswa baru. apalagi jika kalian tidak punya teman sama sekali di kampus. Jika kuliah di dalam Kota, kesempatan untuk bertemu teman lama di SMA maupu di SMP terbuka lebar, bahkan selain mempunyai teman lama, kalian juga akan bertemu dengan teman-teman baru dari daerah lain.

Kunjungan Teman

Mahasiswa yang kuliah sambil merantau, atau mereka sebagai anak kos tentunya mempunyai perasaan kangen sekali dengan rumah, biasanya jika ada waktu libur panjang akan digunakan untuk pulang ke rumahnya atau Pulang kampung bertemu dengan keluarga dan teman-teman dekatnya.
Keuntungan bagi Mahasiswa yang kuliah di dalam kota adalah mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk menempuh perjalanan jauh demi bertemu dengan keluarga dan teman-teman akrabnya.

Tidak sendirian saat sakit

Kondisi yang tergolong menyedihkan bagi mahasiswa yang merantau, atau anak kos-kosan yaitu jika tertimpa sakit, karena mereka jauh dari orang tua, tidak ada yang merawat dan menemani, meskipun ada teman rasanya berbeda dibandingan jika ada kedua orang tua disisi kita saat kondisi sakit.
Jika kuliah di dalam kota, keluarga selalu ada untuk kalian dalam kondisi bagaimanapun.

itulah tadi beberapa keuntungan kuliah di dalam  kota.
Namun selain ada beberapa keuntungan kuliah di dalam kota, namun juga ada kekurangannya.


Kualitas Kampus (tempat kuliah)

Tidak semua kota di Indonesia memiliki tempat kuliah atau universitas yang kulitasnya bagus dan rata-rata alumninya bisa sukses. hal itulah yang menjadikan kendala kebanyakan anak-anak memilih untuk kuliah di luar kota untuk bisa kuliah di tempat yang mempunyai fasilitas dan kualitas bagus.

Pengalaman Hidup

kuliah di dalam kota dengan kuliah di luar kota tentu mempunyai cerita dan pengalaman yang berbeda. belajar hidup mandiri dan harus beradabtasi dengan dunia baru di luar kota tentunya akan melahirkan pengalaman dan tantangan baru bagi sebagian mahasiswa, mereka bisa lebih bebas menentukan hidup, tidak ada yang memarahi, namun jika tidak bisa mengontrol diri akan sangat mudah sekali terpengaruh dan jatuh ke dalam lubang hitam kehidupan.

Plus Minus Kuliah di Dalam Kota Plus Minus Kuliah di Dalam Kota Reviewed by Niko Arisandi on 23:11:00 Rating: 5

1 comment:

  1. wah.... begitu ya...
    thans infonya...
    tapi masih bingung nich... antara kuliah dalam dan luar kota

    ReplyDelete

Powered by Blogger.