Model Tes Terbaru Untuk Calon Guru

Model Tes TerBaru untuk Calon Guru - Menjadi seorang guru dibutuhkan kesabaran dan keinginan untuk berbagi. Di negara Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak, ternyata kebutuhan guru terutama di daerah terpencil, tertinggal dan terdalam masih tergolong kurang. Maka dari itu banyak sekali jurusan keguruan di suatu Universitas sangatlah diminati oleh para calon mahasiswa. Selain untuk memilih suatu profesi, kuliah di jurusan keguruan adalah cita-cita mulia seorang calon mahasiswa, selain mendapatkan gaji berupa uang, guru juga akan mendapatkan kemuliaan pahala, yaitu berjasa mendidik anak-anak untuk menjadi seseorang yang berguna bagi bangsa dan negara.

Tes Calon Guru

Tidak semua orang bisa menjadi guru. Apalagi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bakal menerapkan tes bakat minat untuk penerimaan mahasiswa baru calon guru di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK).

"Selama ini, rekrutmen mahasiswa untuk calon guru atau bukan kan sama saja," kata Direktur Pembelajaran, Ditjen Pembelajaran dan Mahasiswa, Kemenristek Dikti Dr. Paristyanti Nurwardani di sela "Lokakarya Instruktur Pendidikan Profesi Guru di LPTK" untuk tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) di Semarang.


Mulai tahun depan, kata Paristiyanti, rekrutmen calon mahasiswa untuk program pendidikan guru di LPTK akan ditambahi dengan tes minat dan bakat. Dengan begitu, akan terjaring calon guru yang benar-benar menjiwai perannya.

"Bagi calon mahasiswa program pendidikan guru yang tidak lolos tes minat dan bakat akan diberikan kesempatan kembali untuk mendaftar. Kalau sampai dua kali ternyata tidak lulus, ya, sudah," imbuhnya.

Menurut Paristiyanti, penerapan tes minat dan bakat untuk calon mahasiswa khusus program pendidikan guru di LPTK merupakan salah satu hasil kesepakatan atas pertemuan Kemenristek Dikti dengan 17 pimpinan LPTK di Indonesia. Dia mengatakan, saat ini Kemristekdikti tengah fokus untuk melakukan revitalisasi LPTK-LPTK di Indonesia yang berjalan secara bertahap, yakni pada 2015 sudah dilakukan revitalisasi terhadap 17 LPTK.

"Pada tahun depan, 17 LPTK ini berhasil mengajak LPTK-LPTK yang lain untuk direvitalisasi. Jumlah total LPTK saat ini sebanyak 421 LPTK, terdiri atas 380 LPTK swasta dan 41 LPTK Negeri," tuturnya.

Paristiyanti menyebutkan, tes minat dan bakat untuk calon guru itu resmi diterapkan pada tahun ajaran baru mendatang, yakni September 2016 dan baru diterapkan di 47 LPTK, baik negeri maupun swasta.

"Ya, belum semua LPTK, memang. Namun, sudah ada beberapa LPTK swasta yang akan menerapkan. Jadi, tidak hanya yang negeri karena sebenarnya baik negeri maupun swasta kan untuk rakyat Indonesia," katanya. (sumber: okezone)

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Model Tes Terbaru Untuk Calon Guru. Tentunya jika Anda ingin menjadi guru dan mendedikasikan pengetahuan dan keahlian Anda untuk ikut mencerdaskan putra-putri bangsa, silahkan saja pelajari  hal-hal yang diujikan pada model terbaru untuk tes menjadi guru.

Selamat mencoba. . .

loading...
Model Tes Terbaru Untuk Calon Guru Model Tes Terbaru Untuk Calon Guru Reviewed by Niko Arisandi on 23:52:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.