Kampus Unggulan di Indonesia

Kualitas Kampus di Indonesia
Universitas Unggulan di Idonesia - Negara Indonesia adalah negara yang sedang berkembang. Terlalu lama dijajah oleh negara asing membuat rakyat indonesia terkenal mempunyai pemikiran tertinggal dari bangsa lain. Terbukti, sampai sekarang banyak orang-orang yang merupakan rakyat Indonesia lebih percaya menyekolahkan anaknya ke luar negeri, berarti mereka sudah menganggap bahwa pendidikan di Indonesia tidak lebih baik dari negara di luar sana. Padahal, Indonesia sendiri memiliki banyak tempat belajar salah satunya kampus-kampus unggulan yang tidak kalah baik kualitasnya dalam mendidik mahasiswanya dan akhirnya bisa menjadi orang penting di negara Indonesia, contohnya saja Bapak Presiden Kita Joko Widodo adalah salah satu didikan salah satu universitas di negeri ini. Dan inilah beberapa contoh kampus unggulan yang terbukti banyak mencetak lulusan sukses di berbagai bidang. 

Kampus ITB

1. Institut Teknologi Bandung (ITB) - Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB. Tahun ini ITB menjadi Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kementrian Riset, Teknologi, dan Kemristekdikti dilihat dari beberapa indikator yaitu kualitas SDM, manajemen, penelitian dan publikasi, hingga kegiatan Mahasiswa.

UGM

2. Universitas Gadjah Mada (UGM) - Berada di Kota Pelajar Yogyakarta, UGM menjadi salah satu universitas yang didambakan banyak calon mahasiswa. Berdasarkan statistik, jumlah pendaftar di kampus ini setiap tahunnya selalu meningkat. Bahkan pada 2015 ada 231.929 lulusan SMA/sederajat mendaftar ke UGM padahal daya tampungnya hanya 6.942 mahasiswa. Menurut pemeringkatan perguruan tinggi di Kemristekdikti UGM menduduki urutan kedua.

IPB

3. Institut Pertanian Bogor (IPB) - IPB didirikan pada tanggal 1 September 1963 sebagai wujud pemikiran yang visioner dari pemimpin bangsa dan mereka yang peduli dengan pendidikan tinggi pertanian agar bangsa besar ini mempunyai perguruan tinggi kelas dunia yang memiliki kompetensi dalam bidang pertanian, biosains, dan berbagai bidang yang terkait. Institut ini menyediakan berbagai fakultas dan jurusan yang berhubungan dengan pertanian secara luas. Dengan motto "Mencari dan Memberi yang Terbaik", IPB memiliki segudang mahasiswa berprestasi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kampus nomor tiga di Indonesia menurut Kemristekdikti tersebut juga menghasilkan lulusan yang mumpuni, baik di bidang pertanian maupun di luar pertanian.

UI

4. Universitas Indonesia (UI) - Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya. Baru-baru ini UI masuk dalam daftar 200 perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education BRICS & Emerging Economies Rankings 2016, yakni di peringkat 171. UI juga dikenal mampu mencetak lulusan yang bekerja di berbagai perusahaan ternama. Tak heran, peminat kampus yang berlokasi di Depok dan Salemba untuk Fakultas Kedokteran ini selalu berlimpah, baik di jenjang sarjana, master, maupun doktor. Baca Juga: Pendaftaran UI tahun ajaran 2016/2017

ITS

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) - Berada di peringkat kelima universitas terbaik versi Kemristekdikti 2015. ITS memiliki visi menjadi perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kampus ini setidaknya memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), serta Fakultas Teknologi Informasi (FTIF). Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektar dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2 dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.

UB

6. Universitas Brawijaya (UB) - Berlokasi di Malang, berdasarkan data per Januari 2015 UB memiliki total 59.469 mahasiswa. Kampus ini memiliki banyak mahasiswa berprestasi. Tahun ini, UB bahkan menjadi juara umum di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimnas) 2015 yang diselenggarakan di Universitas Halu Oleo (UHO) di Sulawesi Tenggara.

Unpad

7. Universitas Padjajaran (Unpad) - Unpad merupakan salah satu universitas favorit yang menjadi incaran banyak pelajar di Indonesia. Universitas ini berada di urutan ketujuh terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti 2015. Bahkan, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad dinobatkan sebagai sekolah komunikasi terbaik di Indonesia selama enam tahun berturut-turut. Kampus yang berlokasi di Bandung dan Jatinangor ini memiliki 15 fakultas.

Unair

8. Universitas Airlangga (Unair) - Unair merupakan salah satu universitas yang diperhitungkan di kawasan Jawa Timur, bahkan juga di tingkat nasional. Saat ini Unair memiliki 14 fakultas dan satu sekolah pascasarjana. Total, ada 167 program studi (prodi) di Unair pada berbagai jenjang, meliputi program akademik, vokasi, dan spesialis. Berdasarkan indikator kualitas kegiatan mahasiswa, kampus ini berada pada peringkat ketujuh terbaik versi Kemristekdikti.

UNS

9. Universitas Sebelas Maret (UNS) - Kampus ini terletak di Solo, Jawa Tengah. UNS meraih peringkat 155 dunia atau nomor delapan Indonesia sebagai 'Green Campus' versi UI GreenMetric. Selain itu, beberapa prestasi lainnya, yakni memeroleh akreditasi unggul (A) dengan 'nilai terbaik ketiga' untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Undip

10. Universitas Diponegoro (Undip) - Undip berusaha mewujudkan Visi 2020 dimana pada tahun 2020, Undip merupakan Universitas Riset yang Unggul. Oleh karena itu UNDIP senantiasa berusaha menjadi universitas nasional yang dikenali dan terakreditasi secara internasional sebagai universitas riset. Program ini sesuai dengan tantangan era globalisasi saat ini. Era globalisasi memerlukan institusi pendidikan tinggi yang berkualitas tinggi untuk dapat menunjang pencapaian dalam kompetisi global yang sangat cepat perkembangannya. Kampus ini memliki 12 fakultas. Undip memiliki banyak mahasiswa berprestasi yang sudah berlaga, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu visi dari universitas ini adalah menjadi Universitas Riset yang Unggul pada 2020.
Kampus Unggulan di Indonesia Kampus Unggulan di Indonesia Reviewed by Niko Arisandi on 01:14:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH SUKSES PNS...!

    AIDU TAUHID SE.SMi
    Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS bkn pusat jkt.
    hp: 0852 2636 4700

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS."Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer di sekolah dasar sidomulyo kec.sidorejo kab magetan.Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no telf bpk Aidu Tauhid se.msi yang bekerja di BKN pusat jkt Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala Direktur Pengadaan PNS yang di kenalnya di bkn pusat jakarta,dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk Verifikasi lansung di BKN pusat jkt., alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk AIDU TAUHID SE Msi no telp beliau yang selalu aktif 085226364700 siapa tau beliau masih mau membantu anda. wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.