Belajar dengan Buku Versus Komputer

Membaca Buku Versus Komputer - Dizaman yang serba modern secanggih ini, peran serta alat-alat elektronik yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lagi dihindarkan, hampir setiap saat kita disibukkan atau selalu memperhatikan alat elektronik yang kita pegang atau bisa disebut smartphone dan juga Laptop dengan koneksi ke internet yang dapat menyediakan semua informasi yang kita butuhkan. Namun kecanggihan teknologi tersebut bisa sangat berguna apabila kita dapat menggunakannya sesuai dengan proporsinya.

Membaca buku atau komputer


Dalam hal belajar ataupun berkonsentrasi untuk mencari sebuah informasi, belajar menggunakan buku atau kegiatan membaca buku pelajaran atau yang lainnya terbuktii lebih efektif bisa diserap isi atau informasi yang kita baca dibandingkan dengan menggunakan komputer. Psikolog Rosdiana Setyaningrum dalam diskusi "Membangun Ikatan Keluarga Kuat", di Djakarta Theatre, Selasa (15/12/2015), menilai, belajar dengan menggunakan buku lebih efektif. "Buku lebih baik, karena tangkapan memorinya jangka panjang. Itu akan bertahan lebih lama," ujarnya. Komputer, kata Rosdiana, memang menjadi andalan bagi para mahasiswa ataupun pelajar untuk memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas ketimbang memakai buku teks. Salah satu alasannya, pencahayaan komputer membuat perhatian seseorang lebih besar.
"Namun di saat yang sama, fokus mereka juga bisa lebih mudah hilang saat memakai komputer. Sehingga apa yang sudah disimpan di memori bisa cepat hilang," imbuhnya. Rosdiana menyebut, solusinya adalah memaksimalkan pencahayaan saat belajar dengan buku. "Cari tempat yang mendukung agar mendapat pencahayaan baik selama membaca buku. Atau bisa menggunakan senter yang dijepit di buku, kan sekarang sudah ada," ujarnya.

Terbatasnya informasi yang disediakan di buku membuat kebanyakan mahasiswa ataupun seseorang lebih sedikit malas untuk membaca sebuah buku, mereka lebih memilih membaca menggunakan laptop atau komputer yang terhubung dengan internet, karena dapat langsung mencari istilah-istilah atau sumber dari sebuah informasi dengan cepat. Tetapi itu semua tergantung pada diri kita masing-masing, jika kita bisa mengontrol diri kita, maka cara belajar yang modern pun bisa menjadi efektif apabila niatan kita benar-benar tertata.
Baca juga: Cara Mengatasi Malas Kuliah

Belajar dengan Buku Versus Komputer Belajar dengan Buku Versus Komputer Reviewed by Niko Arisandi on 06:04:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH SUKSES PNS...!

    AIDU TAUHID SE.SMi
    Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS bkn pusat jkt.
    hp: 0852 2636 4700

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS."Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer di sekolah dasar sidomulyo kec.sidorejo kab magetan.Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no telf bpk Aidu Tauhid se.msi yang bekerja di BKN pusat jkt Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala Direktur Pengadaan PNS yang di kenalnya di bkn pusat jakarta,dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk Verifikasi lansung di BKN pusat jkt., alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk AIDU TAUHID SE Msi no telp beliau yang selalu aktif 085226364700 siapa tau beliau masih mau membantu anda. wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.