7 Kesalahan Bahasa Tubuh saat Interview Kerja

Beberapa Kesalahan Bahasa Tubuh saat Interview Kerja - Setelah mengirimkan Surat Lamaran Kerja, hal yang paling ditunggu adalah panggilan untuk mengikuti interview kerja. Jawaban saat interview kerja sangatlah menentukan, selain itu bahasa tubuh saat interview juga menentukan sekali. Jika kita kelihatan kurang meyakinkan, maka HRD juga merasa kurang tertarik. Maka dari itu bahasa tubuh saat interview haruslah diperhatikan. Mengutip Tonya Reiman, Penulis The Power Of Body Language, seperti dilansir Business Insider, Senin (21/12/2015), beberapa kesalahan bahasa tubuh ini kerap dilakukan oleh para kandidat pegawai saat menjalani interview kerja.


1. Postur Tubuh - Usahakan perhatikan setiap postur tubuh Anda. Selalu waspadai postur tubuh, baik saat duduk maupun berdiri. Jangan duduk bermalas-malasan meski masih menunggu giliran wawancara. Pastikan tubuh selalu tegap saat berdiri maupun duduk. Posisi ini mengubah susunan kimiawi di otak dan membuat kita merasa lebih kuat dan percaya diri. Hasilnya, kredibilitas dan vitalitas kita sebagai kandidat pegawai unggulan pun akan terlihat.

2. Jabatan Tangan - Berjabat tanganlah layaknya orang yang antusias. Banyak orang cenderung menunjukkan pribadi dominan dengan menggenggam tangan pewawancara dan menekannya ke bawah. Cara ini menunjukkan bahwa Anda butuh merasa memiliki kekuatan. Sebaiknya, berikan jabatan tangan yang alami dengan ibu jari mengarah ke atas serta dua atau tiga kali guncangan. Selain itu, sebagai pelamar kerja sebaiknya tunggu pewawancara mengulurkan tangan mereka terlebih dulu.


3. Telapak Tangan yang Bekeringat - Terkadang ada beberapa orang yang tangannya berkeringat, dan kejadian itu tidak disadari, terkadang keluar sendiri. Jika telapak tangan Anda berkeringat, cucilah tangan Anda, kemudian keringkan. Cara ini bisa membuat tangan kering selama sekira 10 menit sehingga jabatan tangan pertama Anda bebas dari basah keringat. Atau lebih amannya, sediakanlah tisu kering di saku celana atau jas untuk mengeringkan telapak tangan Anda.


4. Kurang Kontak Mata - Pada saat melakukan komunikasi dengan Petugas pewawancara dalam hal ini biasanya diwakili oleh Manager Personalia atau HRD pandanglah pewawancara, pandanglah matanya ketika Anda memberikan pernyataan, itu akan menunjukkan bahwa Anda sangat antusias dan profesional. Kurangnya kontak mata bisa membuat pewawancara berpikir bahwa Anda tidak merasa aman dan percaya diri, tidak memiliki jawaban yang tepat atau mencoba berbohong. Sebaiknya, berikan kontak mata secukupnya selama sesi interview.

5. Gelisah - Perasaa Gelisah dan was-was akan membuat orang yang mewawancarai menjadi kurang nyaman, dan sikap tersebut menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri, dan ada kelemahan dalam diri Anda. Jika seseorang memainkan dengan rambut, terus memegang wajah atau berbagai perilaku kecil serupa lainnya bisa mengganggu pewawancara. Perilaku tersebut juga menunjukkan kegelisahan dan kurangnya kekuatan. Jadi, Percaya diri dan berfikir positif bahwa Anda bisa menghadapi ini semua, itu akan membantu mengurangi kegelisahan yang menghampiri diri Anda. So, janganlah takut dan terus berdo'a.


6. Terlihat Terganggu dan Tidak Berminat - Jangan terus menerus mengganti posisi duduk atau menunjukkan perilaku tidak tenang lainnya. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda bosan dan tidak berminat dengan apa yang dibicarakan pewawancara. Sebaliknya, tunjukkan minat dengan duduk tegak dan mengangguk dalam berbagai kesempatan seperti memberikan persetujuan.

7. Lupa Tersenyum - Senyuman menunjukkan kepercayaan diri, keterbukaan, kehangatan dan energi. Senyuman juga menjadi cermin sehingga pewawancara pun melakukan hal positif pada Anda. Tanpa senyuman, seseorang bisa dikira sebagai pemurung atau penyendiri.


Itulah tadi beberapa trik yang dapat digunakan dan diperhatikan ketika Anda menghadapi wawancara kerja. Proses wawancara kerja juga sangat menentukan apakah Anda layak diterima di perusahaan tersebut, atau sebenarnya Anda kurang cocok dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Jadi, pergunakanlah setiap kesempatan yang datang dengan sebaik-baiknya, pastilah semua itu akan ada hikmahnya. Terimakasih telah membaca artikel 7 Kesalahan Bahasa Tubuh saat Interview Kerja. Semoga Berhasil..

loading...
7 Kesalahan Bahasa Tubuh saat Interview Kerja 7 Kesalahan Bahasa Tubuh saat Interview Kerja Reviewed by Niko Arisandi on 19:00:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH SUKSES PNS...!

    AIDU TAUHID SE.SMi
    Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS bkn pusat jkt.
    hp: 0852 2636 4700

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS."Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer di sekolah dasar sidomulyo kec.sidorejo kab magetan.Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no telf bpk Aidu Tauhid se.msi yang bekerja di BKN pusat jkt Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala Direktur Pengadaan PNS yang di kenalnya di bkn pusat jakarta,dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk Verifikasi lansung di BKN pusat jkt., alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk AIDU TAUHID SE Msi no telp beliau yang selalu aktif 085226364700 siapa tau beliau masih mau membantu anda. wassalam

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.