4 Cara Agar Tubuh Tidak Gampang Sakit di Musim Hujan

Tips sehat di musim hujan - Musim hujan telah tiba, pada saat musim hujan datang pergantian suhu yang semula panas tiba-tiba mendadak dingin dan terkena banyak air hujan yang turun dari langit, dan banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa air hujan tidak baik bagi tubuh. Pada saat musim hujan tiba, banyak sekali teman-teman atau orang terdekat kita yang mudah sekali mengalami sakit, tetapi sakitnya bukan tergolong sakit yang berat, biasanya sakit musimman yang biasanya datang saat musim hujan tiba, seperti badan panas, flu, demam, batuk-batuk, muntaber dan lain-lain. Ada beberapa kebiasaan sederhana saat musim hujan tiba yang dilakukan agar tubuh tidak gampang sakit dan ada juga beberapa tameng yang harus disiapkan dalam menghadapi musim hujan supaya tubuh tidak mudah sakit.

Kebiasaan Sederhana untuk Mencegah Sakit - Tubuh memiliki sistem imun sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Namun dengan lonjakan jumlah mikroorganisme, sistem imun yang biasa dapat melawannya menjadi kewalahan. Akibat sistem imun tidak berhasil melawan mikroorganisme, tubuh pun jatuh sakit. Oleh karena itulah, perlu beberapa upaya untuk menguatkan sistem imun agar tetap kuat dan mampu menghadapi mikroorganisme penyebab penyakit meskipun jumlahnya melonjak. Berikut beberapa kiatnya :

Tidur Sehat

Cukup Tidur - Sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat tidur bagi kesehatan. Sistem imun pun dapat menjadi lebih kuat hanya karena Anda memenuhi kebutuhan tidur dengan baik. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan membiarkan sistem imun bekerja dengan lebih efektif. Karena jika tubuh kita kurang istirahat maka akan menyebabkan tubuh lelah dan mudah terserang penyakit, apalagi ketika musim hujan banyak sekali penyakit-penyakit disekitar kita yang siap menyerang tubuh kita.

Makan Teratur

Makan Teratur - Makanan adalah salah satu faktor penting yang menentukan kekuatan sistem imun. Makanlah tiga kali sehari dengan porsi cukup agar sistem imun tetap kuat. Anda pun harus memperhatikan gizi makanan yang Anda makan. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin, karena vitamin dapat memperkuat sistem imun Anda. Jika perlu Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

Cuci Tangan

Rajin Cuci Tangan - Mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun, sehingga Anda perlu mencuci tangan Anda lebih sering untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh Anda. Cuci tangan pun secara benar, yaitu dengan menggosok seluruh permukaan tangan, jari, dan kuku Anda menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik.

Olahraga Teratur

Olahraga yang Teratur - Aktivitas olah fisik atau olahraga terbukti memperkuat sistem imun. Jadi, olahragalah secara teratur. Tidak perlu terlalu lama, lebih penting untuk melakukannya secara teratur. Lakukan jalan cepat, bersepeda atau jogging sekitar 30 menit, usahakan lima kali dalam seminggu. Intinya adalah di masa perpindahan musim ini, menjaga daya tahan tubuh sebaik mungkin adalah kunci utama terhadap "tameng" bagi diri Anda. Lakukanlah setiap kegiatan yang dapat menunjang daya tahan tubuh Anda di musim hujan seperti ini.
loading...
4 Cara Agar Tubuh Tidak Gampang Sakit di Musim Hujan  4 Cara Agar Tubuh Tidak Gampang Sakit di Musim Hujan Reviewed by Niko Arisandi on 00:25:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.