Presiden: Karya Guru akan melukiskan wajah masa depan RI

Karya Guru melukiskan wajah masa depan RI
Guru adalah sesosok orang yang paling dipanuti di dunia pendidikan. Guru menjadi sumber ilmu bagi peserta didik ketika mereka menimba ilmu di sekolahan. Pencapaian kesuksesan yang kita alami sampai sekarang ini tidak terlepas dari peran guru kita saat disekolah, mereka mendidik kita tidak hanya untuk menjadi manusia yang pintar menghafal, tetapi mendidik agar menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara.

Presiden Joko Widodo menghormat saat upacara pengibaran Bendera Merah Putih.(Yudhi Mahatma/antara foto)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa seorang guru adalah penentu kualitas manusia mada depan Indonesia. Para saat berpidato di acara peringatan Guru Nasional 2015 di Istora Senayan Jakarta, tepatnya hari Selasa, beliau mengatakan; " Ini yang harus digaris bawahi, saya yakin bahwa guru akan melukiskan wajah masa depan RI".

Menurut  Presiden Joko widodo para pengajar juga memiliki peran penting dalam membentuk etos kerja dan karya anak-anak Indonesia. guru menjadi seorang agen perubahan karakter bangsa, sekolah bukan hanya tempat menuntut ilmu, tapi juga sebagai arena pembelajaran anak untuk membentuk karakternya. etos kerja, integritas, kejujuran, optimisme, disiplin, dan gotong-royong bisa ditumbuhkan mulai dari ruang kelas. "Anak-anak kita akan terbangun karakternya ketika dapat insprasi, teladan, praktik nyata dari pembelajaran di kelas-kelas," kata Presiden.

"Saya hargai tema peringatan hari ini Guru Mulia karena Karyanya'. Saya sendiri adalah karya dari guru-guru saya," kata Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo tidak menyangka, saat menyapa para gurunya pada peringatan Hari Guru Nasional 2015 di Istora Senayan Jakarta, Selasa, malah bertemu dengan guru-guru yang pernah mengajarinya sewaktu masih di sekolah.

Jokowi mengaku kaget setelah diberi tahu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Bawesdan bahwa gurunya diundang dalam acara ini.

"Tadi saya masuk kaget saat dibisiki Mendikbud Pak, dihadirkan di sini guru bapak saat di SMP dan SMA. Tadi yang saya salami baru dua," ungkap Presiden.
Presiden juga menyapa Parni Satoto, Sudadi dan Ning Minarni yang adalah juga guru-gurunya.

"Bu Ning itu guru kimia. Dulu kimia saya paling bagus. Enggak percaya tanya Bu Ning. Banyak yang enggak percaya sih kalau saya pandai," gurau Presiden yang disambut gemuruh para guru. Presiden juga menegaskan bahwa keberhasilannya saat ini karena karya guru-gurunya itu.  (sumber: antaranews)

Yang mempengaruhi karakter anak atau peserta didik bukan hanya Pendidikan Orang tua dirumah dan Guru di sekolah, namun Lingkungan sekitar dan perkembangan teknologi juga memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, dia akan menjadi sopan santun dan berbudi pekerti yang baik apabila tumbuh di lingkungan yang baik, tapi sebaliknya apabila lingkungannya kurang begitu bagus, maka karakter dari lingkungan tersebutlah yang akan membentuk pribadi dari anak tersebut.

Maka dari itu peran guru dalam menumbuhkan kekuatan pada anak melalui pendidikan sangatlah penting dalam proses perkembangan anak, sehingga mereka bisa menangkal pengaruh negatif dari dampak yang ditimbulkan oleh lingkungan dan pengaruh negatif dari perkembangan teknologi.

baca juga: Pemerintah Optimis, Penyerapan Tenaga Kerja Tahun 2016 akan Meningkat

loading...
Presiden: Karya Guru akan melukiskan wajah masa depan RI Presiden: Karya Guru akan melukiskan wajah masa depan RI Reviewed by Niko Arisandi on 23:46:00 Rating: 5
loading...
Powered by Blogger.