KemenPAN-RB: Lulusan SMA Boleh lamar CPNS 2016 tapi peluang kecil

Lulus SMA boleh Lamar CPNS 2016Informasi mengenai perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2016 sudah sangat dinanti-nanti oleh masyarakat di indonesia. berdasarkan data dari BPS per februari 2015 ada kurang lebih  400 ribu seorang sarjana masih menganggur dan sampai sekarang mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, bahka ada sebagian orang yang hanya menunggu proses penerimaan pegawai negeri sipil saja.
Tes CPNS sistem CAT (foto dok JPNN)

Sayangnya Rekrutmen CPNS tahun 2016 hanya menyiapkan formasi untuk jabatan tertentu saja. yaitu dibidang Pendidikan, Kesehatan, dan Penegak Hukum. Kalaupun ada dari tenaga teknis lainnya, akan dikhususkan untuk jabatan fungsional tertentu saja.
"Kalau jabatan fungsional umum seperti tenaga administrasi tidak akan direkrut, karena sudah terlalu banyak jumlahnya. Sedangkan untuk Lulusan SMA peluangnya tetap ada meski kecil, hanya untuk mengisi formasi tenaga sipir di Lapas, Yang lulusan SMA ini harus plus, jadi keahliannya ada. Tenaga sipir ini kan berat tugasnya," kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB Bambang Dayanto Sumarsono. (jpnn, selasa 10/11).

Tetapi, untuk lulusan SMA sebaiknya tidak terlalu mengharapkan untuk diterima menjadi PNS, karena jangka waktu dan progresnya masih panjang, masih bisa menempuh atau melanjutkan ke Perguruan Tinggi, ataupun masuk ke Lembaga Pendidikan yang siap Kerja, contohnya PIKMI (Pusat Ilmu Komputer Manajemen Indonesia), info lengkap PIKMI bisa kunjungi www.pikmicleds.com
Untuk memilih Jurusan di Perguruan Tinggi pun haruslah jeli dan sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing, karena jika memilihnya asal-asalan, sekedar ikut-ikutan teman atau hanya ingin kuliah di Universitas tertentu tidak peduli masuk ke Fakultas apa saja, nantinya ilmu yang didapat tidak maksimal dan setelah lulus sulit untuk mencari pekerjaan sehingga nantinya akan menambah stok pengangguran di negara Indonesia.

Persaingan kerja di negera indonesia saat ini sangatlah ketat, barang siapa yang hanya mempunyai keahlian atau skill yang biasa-biasa saja akan tersingkir dari persaingan dunia kerja, apalagi yang hanya lulusan SMA dan tidak punya keahlian, kesempatannya sangat kecil, kalaupun ada posisi pekerjaannya kurang begitu menarik.

Solusi Setelah lulus SMA untuk jadi PNS
Meskipun begitu, ada solusi lain yang bisa ditempuh oleh lulusan SMA apabila mereka menginginkan menjadi Pegawai Negeri Sipil, yaitu bisa lewat sekolah kedinasan yang diadakan oleh pemerintah.

dan juga bisa mengikuti program beasiswa yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

bagi kalian yang mempunyai cita-cita mengajar, Anda bisa membidik program Menjadi PNS melalui Guru Garis Depan.

KemenPAN-RB: Lulusan SMA Boleh lamar CPNS 2016 tapi peluang kecil KemenPAN-RB: Lulusan SMA Boleh lamar CPNS 2016 tapi peluang kecil Reviewed by Niko Arisandi on 00:10:00 Rating: 5

2 comments:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete
  2. Puji Syukur, berkat informasin Ibukarma saya bisa jadi PNS seperti ini. bertahun tahun Cuma HONORER Akhirnya jadi PNS
    Drs Warli, M.Si
    No Telpon 0812-415-7880

    Silahkan lihat Link http://ratinahkarma.blogspot.co.id/2016/05/kisah-nyata-pns-bpk-drs-warli-m_98.html#gpluscomments
    semoga bermanfaat bagi kita semua

    ReplyDelete

Powered by Blogger.