Jadi Guru PNS melalui GGD (Guru Garis Depan) Gaji 8 Jutaan

Guru Garis Depan 2017

Cara Mendaftar Guru Garis Depan - Guru Garis Depan adalah suatu Program dari Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta pemerintah daerah dalam memeratakan pelayanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, yang utama dalam hal mendistribusikan guru-guru. dan biasanya akan didistribusikan ke daerah-daerah terpencil yang tujuannya adalah pemerataan pelayanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.
Guru Garis Depan bersama Presiden Republik Indonesia dan Menteri Pendidikan Anies Baswedan


Lowongan PNS Guru Garis Depan - Pada Tahun 2016 lalu, pemerintah mempunyai rencana untuk mengirimkan sekitar 3.500 Guru Garis Depan. (dikutip dari republika.co.id). Tahun angkatan pertama GGD berjumlah 798 orang guru berstatus CPNS baru yang disebar di PRovinsi Aceh, NTT, Papua, dan Papua Barat. Gaji GGD bisa mencapai Rp. 8 Juta perbulan, dan pemerintah sendiri juga menjamin kelayakan gaji mereka, karena mereka mengajar di daerah yang sulit terjangkau atau pedalaman Indonesia.

Bagaimana Kawan... apakah kalian merasa tertantang untuk berpartisipasi dan mendaftar ataukah tidak tertarik karena harus berada di daerah terpencil?...

Tata Cara Mendaftar GGD (Guru Garis Depan)-  Untuk mendaftar Guru Garis Depan harus melalui rangkaian Program SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) sebagai bagian dari Program KemristekDikti dalam menyiapkan guru profesional lewat LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan program Profesi Guru.

Syarat mengikuti Program Guru Garis Depan;
  1. Harus Lulusan dari LPTK (lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
  2. Mengikuti Program sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T)
  3. Pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T atau pedalaman Indonesia
  4. Mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM3T yang berasrama selama 1 tahun
  5. Lulus Tes Ujian Tulis LPTK(UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN) untuk mendapatkan Serfifikat Pendidik.
  6. Mengikuti tes CPNS formasi Khusus SM3T, Jika lulus maka langsung dinobatkan Sebagai Guru Garis Depan.

keterangan:
Guru Garis Depan Otomatis menjadi CPNS di tempat tugasnya.

berikut adalah gambar alur pendaftaran menjadi GGD;

Jadwal Pendaftaran Program SM-3T terbaru: Pendaftaran SM-3T Tingkat Nasional

Baca  juga:  Pendaftaran Guru Muda Program Indonesia Mengajar

Gambaran Penempatan Guru Garis Depan di Wilayah Indonesia. Mungkin para guru dan calon guru yang ingin mendaftar program Guru Garis Depan ini masih penasaran, kira-kira jika diterima akan ditempatkan dimana saja, apakah di wilayah terpencil sekali di atas pegunungan yang jarang penduduknya, atau bahkan tempatnya masih bisa dijangkau dengan perjalanan udara. Untuk mengetahui jawabannya marilah simak informasi berikut ini;

Daftar lokasi penempatan Guru Garis depan Tahun 2015. Sebagai gambaran saja, bahwa guru garis depan tahun 2016 nantinya kurang lebih akan ditempatkan di daerah-daerah yang kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya, namun untuk tahun berikutnya yang pasti akan ada tambahan wilayah untuk kekurangan guru ini.
Baca Juga: Guru Garis Depan Mendapatkan Pelatihan TIK dari Kemendikbud
Berikut ini adalah Formasi GGD yang  disahkan dengan penerbitan Kebijakan Permenpan-RB No. 26 Tahun 2014 tentang Formasi Khusus ASN Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2014 dan Keputusan Menteri PAN-RB No. 762 Tahun 2014 tentang Formasi PNS untuk SM-3T.

Wilayah penempatan Guru Garis Depan meliputi 28 Kabupaten, yaitu :
  1. Kab. Aceh Besar,
  2. Aceh Timur,
  3. Aceh Singkil,
  4. Aceh Selatan,
  5. Gayo Lues,
  6. Simeulue,
  7. Alor,
  8. Deiyai,
  9. Flores Timur,
  10. Jayawijaya,
  11. Kepulauan Yapen,
  12. Kab.Kupang,
  13. Lanny Jaya,
  14. Kab.Manggarai,
  15. Kab.Manggarai Timur.
  16. Kab.Manokwari,
  17. Kab.Manokwari Selatan,
  18. Pegunungan Bintang,
  19. Raja Ampat,
  20. Rote Ndao,
  21. Kab.Sorong,
  22. Kab.Sorong Selatan,
  23. Sumba Timur,
  24. Supiori,
  25. Tambrauw,
  26. Teluk Bintuni,
  27. Waropen, dan
  28. Yalimo.
Demikianlah tadi merupakan wilayah-wilayah penempatan dari Guru Garis Depan tahun 2016. Gambaran tersebut bisa dijadikan patokan bahwa kedepannya jika Anda mendaftar dan diterima dalalm program GGD, kemungkinan akan ditempatkan di wilayah yang kurang lebih sama dengan yang disebutkan di atas tadi. Tetap semangat, Semoga Sukses..

Guru Garis Depan jadi CPNS
Bu Guru yang bertugas di daerah pedalaman tetap mengajar meski siswanya hanya satu. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

Pada awal tahun 2017 ini alhamdulillah Guru Garis Depan yang akan ditempatkan di pelosok-pelosok yang jumlahnya sekitar kurang lebih 6.113 statusnya bisa menjadi CPNS. Ini terjadi setelah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) menetapkan alokasi formasi GGD pada tingkat provinsi pada tahun 2016 lalu. Jumlah Guru Garis Depan yang menjadi CPNS tersebut merupakan hasil seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) GGD yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 lalu.

Menurut Menteri Asman, sejumlah 6.113 formasi calon GGD khusus pendidikan dasar yang akan didistribusikan ke beberapa kabupaten. Kurang lebih ada sekitar 183 formasi GGD pendidikan menengah yang akan ditempatkan di wilayah 3T.

"Sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 mengenai Pemerintah Daerah, kewenangan pengangkatan dan pembinaan guru untuk pendidikan menengah dikelola oleh provinsi," kata Asman, seperti dilansir media jpnn.com Selasa (21/2).
Jadi Guru PNS melalui GGD (Guru Garis Depan) Gaji 8 Jutaan Jadi Guru PNS melalui GGD (Guru Garis Depan) Gaji 8 Jutaan Reviewed by Niko Arisandi on 22:06:00 Rating: 5

43 comments:

  1. KISAH SUKSES PNS...!

    AIDU TAUHID SE.SMi
    Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS bkn pusat jkt.
    hp: 0852 2636 4700

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS."Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang guru Honorer di sekolah dasar sidomulyo kec.sidorejo kab magetan.Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa,namun teman saya memberikan no telf bpk Aidu Tauhid se.msi yang bekerja di BKN pusat jkt Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala Direktur Pengadaan PNS yang di kenalnya di bkn pusat jakarta,dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk Verifikasi lansung di BKN pusat jkt., alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk AIDU TAUHID SE Msi no telp beliau yang selalu aktif 085226364700 siapa tau beliau masih mau membantu anda. wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa gk pake cara yang jujur aja, toh kalo memang rejekinya gak bakal kemana,siapa tahu diujian yang ke-4 anda lolos tanpa harus lewat si a atau si b. "Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu"

      Delete
    2. Gak mungkin liat mukanya masih muda. pasti penipuan

      Delete
  2. penipuan gak ini< takutnya modus lagi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti itu tipsani(tipu sana-tipu sini)

      Delete
  3. Kalau pns yang mau ikut guru garis depan bagaimana

    ReplyDelete
  4. pengalaman saya kemarin kita harus
    lulusan s1 kependidikan, kemudian menggikuti tes online untuk mengikuti program SM3T mengajar di daerah sasaran selama 1 tahu, setalah itu dengan jeda 4 bulan kita melangsungkan kuliah PPG sesuai dengan bidang kita. kemudian setelah mendaptakn sertifikat pendidik, kita bisa mendaftar GGD. Nanti melali tes online lagi di LPTK2 yg sudah di tentukan.. tapi untuk tahun ini pola nya ada kemungkinan berubah, harus kuliah dulu, baru ditempatkan di daerah2 sasaran selama 1 tahun. bisa jadi klo tempatnya sesuai, bisa jadi pns disana. tapi ttp melalui proses pastinya. ga Instan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen nanya kak, waktu kita ditempatkan di daerah 3T selama satu tahun, itu uangnya selama satu tahun tu kita yang nanggung, misalnya makan, minum, dan lain-lainnya kk ??

      Delete
    2. Tdak. Pemerintah yg tanggung semua lewat honor yg dberikan setiap bulan...

      Delete
    3. Tdak. Pemerintah yg tanggung semua lewat honor yg dberikan setiap bulan...

      Delete
    4. maaf mau nanya. kl lulus s1 nya pendidikan agama terangkat GGD Nnya bisa guru seni atau pjok gk?

      Delete
  5. Kalo S1 bukan kependidikan bisa ga yah? Trims

    ReplyDelete
  6. Tukang tivu..orang venting g sembarangan ksh no tlv
    .udah sy hbngin minta nominal d muka..yg ada kabur..

    ReplyDelete
  7. dari Admin: Komentar yang berbau penipuan di atas memang sengaja tidak dihapus, karena bisa dijadikan bukti jika suatu saat ada mempermasalahkan.
    Berkomentarlah sesuai dengan topik dan dengan informasi yang baik.
    Sekian Terimakasih

    ReplyDelete
  8. SM3T hanya bisa di ikuti 3 tahun dr masa kita tamat s1...trus syaratnya ndak bisa dftar klo sdh ikut thn sbelumnya...thn 2016 ini sy dftar SM3T&tdk lulus...jd thn 2018 baru bisa dftar lg yah?

    ReplyDelete
  9. SM3T hanya bisa di ikuti 3 tahun dr masa kita tamat s1...trus syaratnya ndak bisa dftar klo sdh ikut thn sbelumnya...thn 2016 ini sy dftar SM3T&tdk lulus...jd thn 2018 baru bisa dftar lg yah?

    ReplyDelete
  10. Tahun ini saya tdk lulus sm3t n tahun berikutnya dikarenakan saya lulusan tahun 2013 jadi saya otomatis gagal. Maunya permintaan saya tahun dan jangan lah persyaratannya lulusan 3 tahun terakhir. Jadi kami yg lulus duluan tdk mempunyai kesempatan. Padahal saya sangat tertarik. Tolonglah pemerintah mengubah tahun lulusan tsb padahal usia saya masih 23 tahun. Dilihat dari usia saja kalau menurut saya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sependapat dengan Shelvia Kirina,,saya ug lulusan 2012,,

      Delete
  11. jadi kalau fresh graduate (baru lulus S1) dan belum mengikuti program SM3T gak bisa ikut daftar, ya?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan coba daftar guru garis depan tahun 2016, pendaftarannya sampai akhir agustus mas...
      informasinya ada di link atas...

      Delete
    2. Tp dstu diminta no sertificate pendidik..dan pilihan..binggung..sy lulusan S1 pa...S.Pd.K...ingin seksli mngajar...gimna caranya

      Delete
  12. Saya lulusan PLPG 2013 ...bisa ikut program guru GGD ga ya? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja, bulan Agustus 2016 ada pendaftaran ASN GGD sampai tanggal 31-8-2016

      Delete
  13. apakah ada batasan lulusan dari universitas mana untuk bisa mengikuti sm3t,apakah lulusan dari uin tidak bisa bergabung?

    ReplyDelete
  14. Awas penipuan jgn mau di bohongin masa di tunggu 1 Minggu langsung di panggil. Ketahuan banget modus.

    Saya aja yang nganterin orang tua ngurus surat-suratnya aja ampir setengah tahun.

    ReplyDelete
  15. Awas penipuan jgn mau di bohongin masa di tunggu 1 Minggu langsung di panggil. Ketahuan banget modus.

    Saya aja yang nganterin orang tua ngurus surat-suratnya aja ampir setengah tahun.

    ReplyDelete
  16. kalau yg sudah pns pengen mengabdikan diri ditempat terpencil gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftar saja menjadi GGD pak...
      wah, sayang terakhir pendaftarannya udah tanggal 31 Agustus kemaren..
      coba tunggu info terbaru saja..

      Delete
  17. bagus itu ikut SM3T dulu moga rejekinya terjawab.

    ReplyDelete
  18. mau tanya apa yg bisa ikut SM3T harus lulusan universitas negeri ? mohon jawabanya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca artikel ini dulu: http://www.bangsaku.web.id/2016/06/pendaftaran-program-sm-3t-2016-tingkat.html

      Dari persyaratan yang diberikan, tidak ada penyebutan dari PTN.

      Delete
    2. Yang bisa ikut SM3T nda harus lulusan PTN asalkan dbawah naungan Kemristekdikti

      Delete
  19. KOMENTAR YANG MENCATUT NAMA BPK AIDU TAUHID ITU SEORANG OKNUM PENIPU

    KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS
    Alhamdulillah berkat bantuan bpk Drs Heru Purwaka beliau selaku kepala biro umum di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs Heru 0852'1400'0451

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs heru purwaka yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala biro umum yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS HERU PURWAKA, siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

    ReplyDelete
  20. Persyaratan yang membatasi sekali saat sudah menikah tidak boleh ikut.. padahal banyak kawan sarjana yang sudah menikah tetapi diperbolehkan keluarganya

    ReplyDelete
  21. Pengalaman dr temen yg ngga lolos angkatan V bisa kok daftar lagi angkatan VI, dan alhamdulillah lolos.
    Hmm maksudnya ndak bisa dftar itu kalo sudah selesai mengabdi sbgai gru sm3t gitu.

    ReplyDelete
  22. Sekedar info Kalau ada janji2 bisa membantu /bisa meloloskan jadi pns jgn percaya semua itu 100% penipu...slalu waspada berbagai cara agar anda semua terjerat tipu daya oleh Sang PENIPU trims

    ReplyDelete
  23. Sekedar info Kalau ada janji2 bisa membantu /bisa meloloskan jadi pns jgn percaya semua itu 100% penipu...slalu waspada berbagai cara agar anda semua terjerat tipu daya oleh Sang PENIPU trims

    ReplyDelete
  24. saya sarankan agar anda bisa menghubungi Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS di BKN ( Badan Kepegawaian Negara ) pusat yaitu bapak Drs. Aidu Tauhid, SE., SMi dinomor Telepon 0852-5552-2745. Beliaulah yang membantu kelulusan saya jadi PNS pada bulan juli 2016 kemarin

    ReplyDelete
  25. Apakah ada wadah bagi kami yang mau mengabdi dan mengajar tanpa harus menjadi PNS ??? Tolong infonya! Terima kasih.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.