Ingin Kuliah dijepang? Buruan daftar, dapatkan beasiswa

Kuliah di Jepang sambil Berkarir

Kuliah di jepang!.. mungkin yang ada di dalam benak pikiran kalian adalah "apakah mungkin bisa kuliah disana..". jika ada niat dan tekat tinggi pasti ada jalan untuk kuliah di sana. Orang jepang terkenal dengan kepandaiannya dalam ilmu sains, apalagi dalam hal membuat robot, mereka sudah dikenal jago di seluruh dunia, bahkan pabrikan motor dan mobil yang paling banyak dan terkenal adalah dari negara Jepang, sebut saja, Honda, Yamaha, Suzuki, kawasaki. bahkan pabrikan tersebut telah merajai pada turnamen balap motor seperti motoGP. Bisa hidup di negara Jepang dan membiasakan diri dengan budaya baru adalah suatu tantangan dan pengalaman yang sangat keren.
Upacara penerimaan Mahasiswa baru di Tokyo Internasional University. (dok. FujiStaff TIU)

Seorang siswa dari Tokyo International University yaitu Caleb Merson Hasibuan mengungkapkan bahwa sebenarnya kehidupan di Tokyo tidak jauh berbeda dengan di Jakarta. Yang paling beda itu transportasi, cuaca dan harga. Perbedaan tersebut justru melatih hidup kita mandiri. Misalnya harus menyesuaikan jadwal bus yang tepat waktu dan belajar dengan cermat mengeluarkan uang, karena yang jelas biaya hidup di sana lebih tinggi. dia juga menurutkan "kami mengandalkan gaji kerja part time untuk biaya hidup tambahan. Mendapat pekerjaan di Jepang juga gampang. kita bisa jadi kasir swalayan, koki, pelayan, dan lainnya, bisa bahasa jepang basic saja sudah cukup". Pemerintah di Jepang memberikan waktu kerja 28 jam seminggu untuk Mahasiswa Internasional. Rata-rata  gaji per bulan biasanya dapat digunakan untuk membayar sewa tempat tinggal dan biaya hidup sehari-hari. Rabu 11/11/15 (kompas.com)

Joshua Emor, seorang Mahasiswa S-1 program English Track, Tokyo International University, bertutur, Kesulitan menyesuaikan diri dengan kebiasaan penduduk lokal pasti ada. Namun, tantangan itu dapat diatasi dengan beradabtasi. Dia juga mempunyai tips, yaitu dengan menyarankan para calon mahasiswa internasional setidaknya mempelajari bahasa dan informasi dasar tentang negara tujuan contohnya soal budaya, peraturan spesifik dan kebutuhan dasar lain. Rata-rata kesulitan yang dialamai oleh pelajar internasional di Jepang adalah masalah perbedaan bahasa. meski begitu hal tersebut tidak menjadi alasan untuk patah semangat berangkat kuliah ke Jepang. Terlebih lagi, Pemerintah Jepang membuka sekolah bahasa yang bisa ditempuh selama 6 bulan sampai 2 tahun setiap tahunnya.

Potongan Biaya dan Beasiswa
Alternatif lain yang dapat dilakukan oleh pelajar internasional untuk mengatasi masalah bahasa yaitu pelajar dapat memilih program kuliah dengan pengantar bahasa Inggris. Misalnya, belajar melalui program English Track (E-Track) di Tokyo Internasional university (TIU). E-Trak program di TIU membuka jurusan Hubungan Internasional dan Ekonomi Bisnis. Setelah Mendaftar, calon pelajar berpeluang mendapatkan beasiswa berupa potongan biaya kuliah sebesar 30 persen sampai 100 persen. Untuk beassiswa, Calon mahasiswa hanya perlu mengajukan permohonan beasiswa saat tes masuk.nantinya beasiswa ini berlaku 4 (empat) tahun selama mahasiswa dapat mempertahankan prestasinya.

Pada Tahun 2015 ini, Toyo International University (TIU) kembali membuka pendaftaran ujian masuk dan beasiswa English Track Program atau E-Track. mulai Jum'at 6 November sampai Jum'at 20 November 2015. Program kuliah berbasis bahasa inggris ini dirancang untuk menyiapkan sumber daya manusia global di jenjang pendidikan perguruan tinggi. Program ini membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi calon pelajar dari berbagai negara untuk menuntut ilmu ke Negeri Sakura tanpa kendala bahasa.
Selain kuliah disana, kalian juga bisa berkarir di Jepang, masuk tahun ketiga, TIU memiliki program magang bernama Student Leadership Intership Program. Program ini diberikan agar mahasiswa bisa merasakan pengalaman langsung di dunia kerja sambil membangun relasi dengan Perusahaan di Jepang.

Bagaimana, tidak ribet kan..
Syarat Pendaftaran program kuliah dan beasiswa E-Track hanya dilakukan melalui seleksi dokumen. Dokumen mencakup satu essai berbahasa inggris, dan sertifikat kemampuan bahas inggris, misalnya IELTS (minimal skor 5,5)  TOEFL IBT (minimal skor 6,1) atau TOEIC (minimal skor 7,00).

Jika kalian berminal langsung aja daftar online di:
https://tiu.applyjapan.com/
dan Formulir Pendaftarannya dapat diunduh melalui  http://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/Application_Guideline_2016.pdf

Untuk konsultasi langsung, calon pelajar bisa menghubungi PIC TIU di Jakarta (Fuji Staff) dengan bahasa Indonesia melalui telp. 021 - 252 3716 atau kirim email ke: tiu@fujistaff.co.id

loading...
Ingin Kuliah dijepang? Buruan daftar, dapatkan beasiswa Ingin Kuliah dijepang? Buruan daftar, dapatkan beasiswa Reviewed by Niko Arisandi on 01:03:00 Rating: 5
loading...
Powered by Blogger.